Tujuh Pulau Eksotis di Indonesia, Rekomendasi Wisata Keluarga

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Setidaknya ada 16 ribu lebih pulau yang berada di wilayah perairan negara kita. Ditambah dengan letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki banyak pulau-pulau eksotis dengan pemandangan alam yang indah dan keanekaraman hayati bawah lautnya yang memukau. Berikut ini tujuh pulau eksotis di Indonesia yang menjadi rekomendasi wisata keluarga untuk dikunjungi.



1. Derawan

Pulau Derawan terletak di Berau, Kalimantan Timur. Pulau eksotis yang memiliki taman bawah laut menawan dengan terumbu karangnya yang indah ini masuk dalam CNN World's Best Beaches urutan ke-63. Selain itu terdapat satwa langka seperti penyu sisik, penyu hijau, dan dugong di perairannya. Di kawasan ini terdapat juga padang lamun dan hutan mangrove yang sayang untuk dilewatkan. Pulau Derawan sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga karena pilihan rute menuju pulau yang beragam dan penginapan dengan harga terjangkau sesuai bujet. Untuk datang ke Derawan wisatawan bisa naik pesawat terbang ke Balikpapan atau Tarakan kemudian lanjut lewat jalur darat atau laut menuju Derawan.


2. Raja Ampat

Raja Ampat terletak di Papua Barat. Daerah ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara dan lokal akan keindahan bawah lautnya. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini ada di bulan Oktober-Mei karena air laut lebih tenang dan cuaca bagus. Banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di Raja Ampat diantaranya puncak piaynemo dan telaga bintang yang menawarkan panorama ke arah laut, wayag sebagai tempat tinggal ikan pari manta dan penyu, juga Desa Wisata Arborek yang terkenal dengan kerajinan tangannya dan biota laut yang beraneka ragam.

Untuk datang ke Raja Ampat, wisatawan harus menempuh perjalanan udara menuju Kota Sorong lalu naik speed boat menuju Kota Waisai di Raja Ampat.


3. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari tiga pulau kecil atau gili yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di tempat ini pengunjung bisa melihat terumbu karang dan ikan aneka warna dengan snorkeling dan diving. Pulau ini memiliki larangan penggunaan kendaraan bermotor, sehingga wisatawan bisa berkeliling pulau dengan bersepeda atau menggunakan cidomo, kendaraan tradisional yang hanya dapat ditemukan di sana.

Pantainya yang menghadap barat dan timur berdekatan, sehingga pengunjung bisa melihat sunrise dan sunset dari satu lokasi.



4. Karimun Jawa

Karimun Jawa atau disebut The Paradise of Java terletak di pesisir utara Pulau Jawa tepatnya di Jepara, Jawa Timur. Kawasan ini adalah taman nasional dengan hamparan air laut yang jernih dan terumbu karang yang indah. Wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan seperti snorkeling, diving, menyusuri pantai dan melihat hutan mangrove. Wisatawan bisa datang ke Karimun Jawa menggunakan kapal dari Semarang atau Jepara.


5. Wakatobi

Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara dan merupakan gugusan pulau dengan bawah laut yang mempesona. Banyak penyelam dari seluruh penjuru dunia datang ke Taman Nasional Wakatobi yang terkenal karena terletak di wilayah Segitiga Karang Dunia untuk melihat keindahan bawah lautnya. Selain bawah laut, Wakatobi juga memiliki wisata alam seperti Goa kontamale, puncak kahyangan, Danau Sambono yang berada di tengah hutan mangrove, dan Desa Liya Logo yang merupakan desa adat dengan kearifan budaya lokal. Rute perjalanan yang harus ditempuh jika ingin berwisata ke Wakatobi salah satunya adalah dengan menggunakan pesawat dari Makassar ke Wangi-Wangi, ibukota Wakatobi.


6. Tidung

Untuk wisatawan yang berasal dari Jabodetabek dan ingin berlibur bersama keluarga namun tidak memiliki waktu banyak, Pulau Tidung adalah pilihannya. Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kawasan ini terkenal memiliki pantai berpasir putih dengan air jernih berwarna biru toska dan ombak yang tenang. Sangat cocok untuk wisata keluarga bersama anak-anak. Selain bermain pasir di pantai, snorkeling juga menjadi alternatif yang bisa dipilih saat ke Pulau Tidung. Di pulau ini terdapat jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta dengan panjang 800 meter. Jika ingin ke pulau ini cukup naik kapal dari Muara Angke atau Marina Ancol, Jakarta dengan jarak tempuh yang cukup singkat, satu jam saja.



7. Belitung

Pulau Belitung terletak di Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini bisa dijangkau dari Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang selama satu jam perjalanan. Jarak tempuhnya yang tidak terlalu lama dari Ibukota membuat Belitung menjadi salah satu alternatif wisata bahari keluarga yang banyak direkomendasikan. Selain pantainya yang cantik, Belitung juga memiliki wisata alam yang menarik diantaranya Gunung Kubing yang memiliki air jernih dan dingin, Danau Kaolin atau dikenal sebagai Danau Biru yang terbentuk karena air yang tertampung di sisa galian penambangan kaolin, dan ada Museum Kata Andrea Hirata yang didirikan tahun 2010 dan merupakan museum literatur pertama di Indonesia. Jangan lewatkan untuk naik ke mercusuar kuno yang ada di Pulau Lengkuas!



Bagaimana, sangat menarik bukan tujuh pulau eksotis rekomendasi wisata keluarga di atas? Selain tujuh pulau tadi tentunya Indonesia masih memiliki banyak pulau eksotis lainnya yang bisa kita kunjungi bersama keluarga.


Kalau sudah seru begini di dalam negeri sendiri, sayang rasanya jika kita berfokus untuk melihat luar negeri tanpa pernah meluangkan waktu untuk menjelajahi indahnya alam di negeri sendiri. Selamat berlibur bersama keluarga ya!


Diterbitkan oleh Media Komunikasi Seknas Ibu Profesional

Penulis : India Erni

Editor : Widi Utami Desain : Alienda Sophia

54 views0 comments

Recent Posts

See All
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved