Belajar Menjadi CHANGE MAKER FAMILY 2018 (bagian 1)

Updated: May 2, 2018

Membuat resolusi individu dan keluarga setiap awal tahun sebenarnya mulai rutin kami lakukan sejak tahun 2015. Kemudiaan saat gerakan #changemakerfamily digulirkan maka otomatis memori ini sejenak terbang pada tema perubahan apa saja yang telah saya dan keluarga capai. Juga berkaca dan menghitung-hitung apa yang sudah baik dan apa yang masih perlu dibenahi, plus ditingkatkan lagi.


#changemakerfamily merupakan gagasan sentral dari Ibu Profesional, secara resmi dimulai pada tanggal 22 Desember 2017 dengan timeline 1 tahun hingga 22 Desember 2018 mendatang. Melalui event #changemakerfamily ini diharapkan bahwa setiap ibu bersama keluarga mampu melakukan perubahan menuju kebaikan, yang pada gilirannya nanti akan menginspirasi kaum ibu lainnya untuk turut melakukan gerakan yang serupa. Hingga bertaburlah ibu-ibu agen perubahan di langit Indonesia.


Prinsip dari #changemakerfamily ini adalah "mengubah masalah menjadi berkah, menemukan tantangan dan mengubahnya menjadi peluang". 


Benar-benar kebayang bakal bertabur ide-ide keren bertema #changemakerfamily di dunia ibu, ide yang lahir dari keluarga-keluarga Indonesia yang memimpikan sebuah perubahan menuju kebermanfaatan dan keberkahan.


Baiklah... sekarang bagaimana dengan Keluarga MERDEKA?


Dengan bekal BISMILLAH, Keluarga MERDEKA mencoba ikut "meramaikan" challenge to be #changemakerfamily ini. Walaupun masil pada level pemula, tetapi Keluarga MERDEKA tetap berusaha memupuk PD (percaya diri). Masih serupa pada tahun 2017, maka "berbenah" menjadi spirit gerakan #changemaker kami.



Di tahun 2018 ini, Keluarga MERDEKA mengambil tema "Semakin Cendekia dan Bahagia" dengan fokus perubahan pada zona internal (individu/keluarga inti) dan zona eksternal (masyarakat sekitar/komunitas).


Sederhana sekali memang, tampak begitu simpel dari mindmap #changemakerfamily ala kami, belum muncul sebuah gagasan yang "mletik" atau cemerlang. Namun, kami berharap rencana tersebut diatas akan kami jalani dengan konsisten dan bahagia.


Semakin Cendekia dan Bahagia


Artinya diharapkan Keluarga MERDEKA pada 2018 bertambah cendekia (memiliki ketajaman pikiran, semakin cerdas dan mencapai derajat HOTS), seiring dengan meningkatnya kebahagiaan yang dirasakan dari hari ke hari dalam menjalani proses kehidupan.


Nantikan cerita berikutnya bagaimana kami menjalani proses demi prosesnya, baik yang sukses maupun yang gagal akan coba kami ceritakan nanti insyaAllah.


#changemakerfamily #IbuProfesional6th #agenperubahan #changemakeraward


Desember 2017 @Yogyakarta

Lina IbuneAzzam

162 views0 comments

Recent Posts

See All

Tetap Sehat di Hari Lebaran

Tak terasa, sepenggal ramadhan sudah berlalu tanpa dapat kita hadang ya Mom’s. Syawal sudah melambai dengan senyum yang mengembang. Hari lebaran yang dinantikan umat sebentar lagi kembali bertandang d

Bersama Menjawab Tantangan

Era digital ditandai dengan konversi dari sistem kerja serba manual menjadi berteknologi digital. Dalam hal ini tidak hanya elektronisasi, tetapi juga dukungan jaringan komunikasi antar komputer yang