Berita Baik Ibu Profesional Ambon "Yuk Masak Bareng : Papeda, Ikan Kuah Kuning dan Pisang Asar"

Selama tahun 2019, Rumah Belajar Cooking & Baking IP Ambon sudah melakukan dua kali kegiatan memasak dengan menu khas Maluku yaitu papeda, ikan kuah kuning dan pisang asar. Yuk simak reportase Kami langsung dari Ibu Professional Ambon!

Yuk Masak Bareng Papeda

Papeda merupakan makanan khas Maluku dan Papua berupa bubur sagu yang disajikan dengan ikan Tongkol atau Mubara dengan bumbu kunyit.

Pembuatan Papeda dipandu oleh anggota IP Ambon asli Maluku, Nona Rohana. Menurut Nona Ambon yang satu ini, membuat Papeda itu susah-susah gampang karena harus memperhatikan kekentalan sagu agar enak dimakan (tidak terlalu cair/kental). Pada umumnya Papeda dibuat dari sagu tetapi juga bisa dari tepung singkong/kasbi (dalam bahasa Ambon). Salah satu seni dalam mengambil Papeda yaitu dengan cara menggulung sagu tersebut, lalu memotongnya menjadi lebih kecil menggunakan tangan sebelum dimakan. Hap! Nyam! Lebih mantap jika ditambah suapan ikan dan kuah kuningnya..

Maknyus..

Nah, berikut adalah gambaran cara membuat sagunya:

Selamat mencoba resep Pepeda, dijamin nagih. Selanjutnya Kita Akan belajar cara mengolah ikan kuah kuningnya.

Ikan Kuah Kuning

Memotong ikan untuk kuah kuning menurut orang Ambon ada aturannya juga loh. Posisikan perut ikan di bagian kanan, punggung ikan di bagian kiri, lalu dipotong melintang dibagi dua. Jika dipotong dari arah ikan yang sebaliknya, masyarakat asli Ambon tidak mau memakannya karena seperti memotong ular. Adapun ikan lain yang bisa dipakai untuk kuah kuning yaitu ikan Lema, Cakalang dan Sikuda.

Dokumentasi Tim Rumah Belajar Cooking & Baking yang Berkesempatan Hadir

Yuk Memasak Pisang Asar

Disebut Pisang Asar karena proses memasaknya dengan cara dipanggang/asar dalam oven. Bahan dasarnya adalah pisang. Namun tidak semua jenis pisang dapat digunakan untuk membuat pisang asar. Jenis pisang yang cocok untuk membuat Pisang Asar adalah pisang Raja.

Berikut cara membuat Pisang Asar:

Nah, sekian tulisan dan berita baik dari tim IP Ambon kali ini. Unik sekali ya kearifan lokal dalam hal makanan di daerah Ambon ini. Pasti daerah dari teman-teman IP lain juga memiliki kearifan lokal tersendiri yang patut dibanggakan dan lestarikan ya..

Duh, jadi makin cinta dengan Indonesia :D Semoga kebahagian kami memasak dari sini, bisa menyebar ke teman-teman yang membaca..

Salam.. Tabea!

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved