Berita Baik Ibu Profesional Jakarta : Wisata Rumah Belajar

Katanya menjadi ibu harus serba sempurna.

Nyatanya di Institut Ibu Profesional kita diarahkan untuk memperdalam aktivitas yang kita Suka dan Bisa saja. Simple ya 😊


Nah, salah satu wadah untuk menyalurkan kesukaan dan kebisaan para Ibu member IP Jakarta adalah dengan main bareng, ngobrol bareng serta beraktivitas bareng di RumBel (Rumah Belajar). Selain jadi MeTime-nya para Ibu, RumBel juga semacam jadi self therapy untuk menghadapi lelahnya keseharian seorang perempuan dalam menjalankan perannya sebagai diri pribadi, istri, ibu dari anak-anak, menantu, pekerja, serta bagian dari masyarakat.


Disebut therapy karena aktivitas Online RumBel nyatanya sering membuat para ibu cengar-cengir sendiri merasa terhibur dengan chat konyol sesama member di WhatApp Grup dan kegiatan bulanan offline pun tak jarang meninggalkan kesan nagih untuk ‘’ayo ketemuan lagi”.


Di IP Jakarta sendiri, total RumBel Kami ada 4, yaitu RumBel Sew and Craft untuk yang memiliki passion menjahit dan berkresi dengan segala macam bahan, RumBel Green and Organic untuk yang suka berkebun serta mencintai bumi dengan porsi lebih, Rumbel BOGA untuk yang senang dengan dunia masak-memasak, serta yang terakhir RumBel untuk perempuan yang mencintai dunia sastra dan kepenulisan, yaitu RumBel Menulis atau RBM


***

Di awal tahun 2020 ini, 4 RumBel IP Jakarta telah mengadakan beberapa pertemuan offline yang biasa kami sebut sebagai LatBar (Latihan Bareng).


Di Rumah Belajar Sew and Craft, 25 Januari 2020 lalu, IP Jakarta mengadakan workshop Doodling on Fabric : Floral Tote Bag untuk internal RumBel SnC yang di mentor Mba Tia (@tianandaw)


Doodle sendiri sebenarnya dapat menjadi therapy menghilangkan stress. Dengan tangan yang selalu bergerak, pusat fikiran menjadi fokus pada coretan yang akan dihasilkan. Selain itu sering berlatih membuat doodle secara konsisten di sela kesibukan juga akan mendatangkan inspirasi dan melatih kreativitas para ibu.


Aktivitas membuat Doodle di tote bag yang berjalan selama 3 jam ini berakhir dengan kesan sangat memuaskan bagi peserta yang hadir. Karena selain passion membuat craft tersalurkan, tote bag yang dihasilkan juga dapat dipakai untuk membawa barang-barang pribadi.


Tentu menjadi sebuah kebanggan para ibu dapat membuat wadah dari hasil karya sendiri.

Di lain waktu, Rumah Belajar Green and organic, pada tanggal 1 Februari 2020 juga telah menyelenggarakan kegiatan belajar Basic Gardening dan pengenalan LRB (Lubang Resapan Biopori) bersama mentor Efi Femiliyah (@efi_femi) seorang pegiat lingkungan.


Aktivitas yang dilakukan bersama pada LatBar kali ini adalah menyiapkan media tanah, menyemai benih, menentukan benih yang diinginkan (kangkung atau bayam), meyemai benih di pot masing-masing, serta melihat secara dekat bentuk dan cara kerja LRB yang sudah terpasang di sepanjang teras kebun rumah mba Efi.


Hal yang ditekankan oleh mba Efi adalah “jangan sampai kendala lahan sempit, tidak punya media tanah yang lengkap, mitos tangan panas-dingin yang tidak terbukti kebenarannya menjadi alasan untuk menunda dan tidak mau memulai berkebun dirumah. Teruslah mencoba bertanam walau gagal, Insya Allah aka nada waktunya kita berhasil”.


Tidak kalah seru, Rumah Belajar BOGA, 16 Februari 2020 lalu juga mengadakan LatBar membuat Lauk Kering, yaitu kering tempe dan Kentang Mustopa, yang ternyata butuh bahan-bahan berkualitas serta berbagai trik khusus agar dihasilkan lauk kering yang lezat serta awet untuk disimpan.


Satu per satu langkah pembuatannya diajarkan secara detail oleh Mentor Mba Galuh (@the_semut)


Di sesi akhir, peserta LatBar diperbolehkan membawa pulang kering tempe dan kentang mustopa yang telah bersama-sama dibuat.

Semua peserta pun pulang dengan perasaan puas karena telah berhasil mempelajari Teknik membuat lauk kering dan yang paling penting peserta dapat mencapai visi dari RumBel ini yaitu ‘’Menjadi Koki Handal Kebanggan Keluarga”


Dan terakhir di tanggal 22 Februari 2020 ini, Rumah Belajar Menulis atau RBM akan mengadakan Advance Blogging Workshop dengan tema Productive Blogging – Trik Meningkatkan Traffic dan Menghasilkan Uang melalui Blog bersama Narasumber Helena Safitri (@helenamantra) seorang productive Blogger.


Selain 4 aktivitas RumBel tersebut, masih banyak lagi LatBar yang telah dan akan diselenggarakan oleh masing-masing Rumbel IP Jakarta.


Mau tahu apa saja?

Silahkan berkunjung ke media sosial kami :


Instagram : @ibuprofesionaljakarta

Facebook : @InstitutIbuProfesionalJakarta

Youtube : @IbuProfesionalJakarta


58 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved