top of page

Berita Baik IP Bontara"Eduvacation Kids" Liburan Seru Sambil Belajar

Oleh : Tim Media Komunikasi IP Bontara

EDUVACATION merupakan kegiatan mengisi liburan akhir tahun yang diselenggarakan oleh IP Bontara. Eduvacation kali ini merupakan tahun ke 3 diselenggarakan dan serentak di 3 kota di regional Bontara.

A. Eduvacation Bontang

1. Astronot dan luar angkasa

Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi anak anak dalam mengisi waktu liburan sekolah dan menambah wawasan tentang luar angkasa. Kali ini kegiatannya kegiatannya memiliki tema mengenal luar angkasa dengan membuat lapbook. Keren keren lo hasil ipers junior.

2. Mengenal Pengusaha Kuliner Ayam goreng

Anak anak senang sekali nih klu sudah di ajak makan ayam goreng apalagi lagi diajak membuatnya. Di Eduvacation ini anak-anak berkunjung ke DFC (Dunia Fried Chicken). Di sini mereka belajar cara membuat ayam goreng, bermain tepung, bermain games juga membuat craft sederhana berbentuk ayam.

3. Hospital Tour RS LNG Badak

Dimulai dari resepsionis tempat mendaftar bila ingin berobat. Anak2 belajar berbaris rapih.

Memasuki Ruang Apotek anak2 terlihat senang dengan susunan kotak obat berwarna-warni yang sangat rapih bertuliskan nama2 obat sehingga mudah dicari.


Lalu, anak2 juga memasuki poli THT (Telinga hidung tenggorokan) dan salah satu anak diperiksa dan dibersihkan telinganya. Teman2 yg lain antusias melihat. Anak2 juga memasuki poli gigi, dan melihat salah satu anak diperiksa giginya.

Setelah dari poli gigi, anak2 jg memasuki BKIA dan poli kandungan. Beberapa anak ditimbang dan melihat bagaimana USG adek bayi dalam perut ibu.


Yang paling seru adalah melihat isi ambulan bahkan ada anak yg merasakan tidur di atas tempat tidur di ambulan.


Lalu anak-anak mewarnai gambar RS dan mendapat hadiah bagi yg berani menceritakan pengalaman seru mereka berkeliling RS.

4. Pengenalan Profesi Carpenter

Dalam acara ini, Anak -anak selain mengenal tentang dunia kayu yang dipaparkan langsung oleh ketua HKBS, Bpk Dodi, juga belajar tentang proses mentrasfer foto ke media kayu jati belanda. Yang kemudian hasilnya di bawa pulang. Anak-anak sangat senang dan sangat excited mengerjakan sesuai instruksi. Pun ketika mendapat souvenir dan hadiah.


Terimakasih kami ucapkan kepada komunitas HKBS, dan Pak Irwan Pojok Kayu, kafe Kimochi, atas kesediaannya menerima kami dan anak2 mengenal profesi Carpenter.

B. Eduvacation Sangatta

1. Mengenal Ternak dan Perawatannya

Eduvacation pertama dilaksanakan di area Sanggata pda hari sabtu tanggal 21 desember 2019 dengan kegiatan berkunjung ke peternakan kambing. Anak anak belajar tentang cara beternak kambing. Mulai dari memandikan, memberi makan hingga menyusui anak kambing. Anak anak juga diajak berkeliling naik kuda loh. Wow seruu yaa!

2. Hospital Tour SOHC Sangatta

Kali ini anak anak mengadakan Tour hospital SOHC Sangatta. Anak anak berkeliling ruangan dan melakukan pemeriksaan gigi loh. Wah sangat seru ya kegiatan mereka. Teryata rumah sakit dan dokter bukan sesuatu yang menyeramkan dan perlu ditakuti ya teman teman . Semoga ada yang terinspirasi untuk menjadi dokter, karena dokter adalah pekerjaan yang sangat mulia.

3. Mengenal Produsen Amplang

Kali ini anak-anak belajar proses pembuatan amplang hingga pengemasannya.

Senang sekali anak-anak jadi paham proses pembuatan amplang, dari awal adonan, mereka membantu membuat adonan bulat panjang, potong-potong tapi ga ikutan goreng, kemudian belajar mengemas, nimbang dan nyobain amplang yg masih fresh banget keluar dari wajan.


Makasi bangettt Ibu Jumarni yg sdh bersedia dikunjungi, juga bunda2 keceh dan anak2 keren yg sudah berpartisipasi.

C. Eduvacation Berau

Detektif Air

Acara dimulai pukul 08.30 diawali dengan perkenalan, disambung olahraga pagi, lalu treasure hunt mencari sample air untuk percobaan.


Setelah semua kelompok menemukan sample air yg disembunyikan, masing masing anak dalam kelompok mengujinya dengan kertas ajaib alias kertas lakmus. Anak anak mengetahui adanya perbedaan warna pada kertas setelah dicelupkan pada air.

Setelah beristirahat sejenak, kegiatan dilanjutkan dengan prakarya membuat tetrabook. Ibu dan anak saling bekerja sama menyelesaikan tetrabooknya.

Tujuan diadakannya EDUVACATION yakni untuk mengisi agenda liburan ananda dengan pengenalan beragam profesi. Mengujungi dan berbincang langsung dengan para pelaku profesi akan menambah kesan mendalam bagi ananda. Eduvacation tahun ini total telah memperkenalkan 10 jenis profesi yang dikemas dalam 6 kegiatan.


Sampai berjumpa di EDUVACATION BONTARA selanjutnya!

64 views0 comments
bottom of page