Cek 5 Tanaman Hias yang Hits di Masa Pandemi, Mengoleksi Tanaman Masih Menjadi Idola di Tahun 2021

Updated: Mar 9




Selamat tinggal 2020. Halo 2021 yang penuh harapan! Eh, tapi sayangnya di tahun ini pun kita masih menghadapi suasana yang sama, pandemi. Jangan lengah ya, Bunda. Terus jaga diri dan keluarga. Ruang gerak masih terbatas, tanaman hias yang hits masih menjadi pilihan hiburan untuk mengisi waktu di tengah pandemi.


Berdo'a setiap saat agar senantiasa diberi perlindungan. Perbanyak konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga supaya imun tetap terjaga, memakai masker, hindari kerumunan dan selalu jaga kebersihan dengan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.


Berita tentang pandemi semakin hari semakin mengkhawatirkan. Apalagi heboh terdengar virus Covid-19 terus bermutasi dengan tingkat infeksi 70% lebih tinggi. Membuat kita harus terus waspada dan mau tidak mau harus diam di rumah.


Jenuh ya rasanya, ruang aktivitas terbatas lebih lama dan tidak jelas kapan berakhir. Mengatasi kejenuhan di masa pagebluk, munculah hobi-hobi baru yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari jualan online, memasak, ikut kursus online, berkebun dan mengoleksi tanaman hias.


Nah, diantara semua hobi tersebut. Mengoleksi tanaman hias lah yang paling jadi idola. Mendadak para wanita terutama ibu menambah jumlah tanaman hiasnya. Bahkan yang sebelumnya tidak pernah memegang tanaman atau tahu jenis tanaman pun ikut keranjingan mengoleksinya. Enggak mengherankan, karena ternyata selain mempercantik ruangan.


Menurut penelitian Badan Antariksa Global, mengoleksi dan merawat tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai alat psikoterapi untuk mencegah gangguan psikis, menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati dan meningkatkan produktivitas kerja, (Referensi: Kumparan.com). Lantas, apa saja sih tanaman yang hits di masa pandemi? Simak ulasan berikut ini.


Monstera Adansonii alias Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mencapai Jutaan

Tanaman hias yang memiliki ciri khas pada daunnya yang berlubang ini ramai diperbincangkan lantaran namanya yang nyentrik "Janda Bolong". Karena keunikannya, tanaman asal Amerika Selatan dan Tengah ini biasa juga kita temui sebagai properti foto produk di sosial media seperti Instagram.


Aglonema alias Sri Rezeki, Tanaman Hias Bercorak yang Tak Suka Panas

Ciri khas dari tanaman hias ini adalah corak daunnya berbentuk polkadot yang menarik. Terdapat beberapa warna dalam satu helai daunnya. Mulai dari kombinasi warnah hijau, merah, putih dan kuning. Karena tanaman ini tumbuh di daerah hutan hujan tropis maka tepat sekali jika dipelihara di dalam ruangan yang kurang cahaya dan lembab.


Spanish Moss alias Jenggot Musa si Tanaman Hias Gantung

Sesuai dengan namanya, tanaman ini masuk ke dalam keluarga lumut. Spanish Moss mampu hidup tanpa adanya media tanam. Ia juga merupakan tanaman epifit yang menumpang pada pohon-pohon besar dengan iklim tropis subtropis.


Meskipun mengusung nama Spanyol, nyatanya tanaman ini tidak berasal dari benua Eropa. Ia hidup di sebagian besar dataran Amerika Tengah, Amerika Serikat Bagian Selatan, Amerika Selatan, Meksiko, Bahama.


Caladium alias Keladi Tanaman Hias yang Dulu Terabaikan

Satu lagi tanaman yang viral di masa pandemi. Keberadaannya kerap menjadi perbincangan di jagad maya. Bentuk yang menyerupai daun kuping gajah tetapi warna putih yang dimilikinya memiliki daya tarik tersendiri, beda dari daun pada umumnya yang berwarna hijau. Keladi memiliki beberapa jenis seperti Colocasia atau Alocasia Polly.


Calathea Orbifolia, Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruangan Indoor

Terakhir adalah Calathea. Kebanyakan orang salah menyebutkan tanaman ini dengan nama Cathalea. Tanaman yang berasal dari Bolivia ini juga termasuk tanaman indoor yang membutuhkan kelembaban, tingkat keteduhan yang tinggi dan cukup pengairan agar bisa tumbuh dengan optimal. Calathea Orbifolia juga masuk dalam jajaran tanaman hias primadona di masa pandemi loh, Bunda.


Jadi, apakah Bunda salah satu yang tiba-tiba menambah koleksi tanaman hias atau justru baru memulainya? Kalau begitu, ulasan di atas cocok dijadikan sebagai referensi. Jangan lupa untuk memadu madankan tanaman hias Bunda dengan pot-pot yang lucu. Selamat berkebun!


Penulis: Shima Perwira


50 views0 comments

Recent Posts

See All
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved