ChangeMaker Family

Bismillahirrahmaanirrahiim….


Sebuah tantangan tentang menjadi ChangeMaker Family ada di depan mata , apakah kami akan menerima tantangan tersebut . Kami pun segera menggelar rapat luar biasa.. hehehe. Seluruh anggota OmahProject sudah berkumpul & siap untuk diskusi penting.

Kami mulai dengan melihat apakah sesuai dengan track kita, apakah keluar dari Qur'an dan Hadits ?...oh tidak, lanjuut...


Kemudian apakah membuat seluruh anggota keluarga bahagia ? … insyaAllah , nanti kita buat yang membuat semua bahagia …. ok, lanjutt.

Kemudian apakah ini masuk dan sesuai dengan quote kita tahun ini ? ...kebetulan quote kita tahun ini adalah Cerdas & Meningkat .

Cerdas , kami ambil dari hadits yang menerangkan bahwa orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengoreksi pada dirinya sendiri &selalu beramal untuk kehidupan setelah mati. Jadi di tahun ini kami niatkan untuk selalu beramal dan melakukan sesuatu yang bernilai pahala atau bermanfaat bagi diri kita, keluarga dan sesama . Dengan changemaker family kita akan menyebarkan banyak manfaat untuk lingkungan sekitar , ok sesuai...lanjuut.


Meningkat, adalah kami harus menjadi lebih baik dari sebelumnya. ChangeMaker Family ini bisa menjadi tantangan kami benar-benar meningkat, berarti sesuai juga. 


Akhirnya sepakatlah kami untuk mengambil tantangan project ChangeMaker Family. Kami jadikan ini sebagai project kami. Ini adalah project besar terpanjang yang akan kami lakukan untuk pertama kali. Project-project besar biasanya kami lakukan 2x dalam setahun dengan periode waktu terpanjang kurang lebih 21 hari, dan project ChangeMaker Family ini insyaAllah akan berlangsung selama 1 tahun. Bismillahirrahmaanirrahiim...la haula wala quwwata illa billah.


Kami mulai melihat apa yang akan kami lakukan dalam project ini. 


Tantangan pertama , kami melihat susahnya mencari buku-buku bacaan di Prabumulih ini dan kami melihat anak-anak teman sebaya Caca, Asya, Ubay & Anaf yang jarang sekali bahkan hampir tidak pernah membaca buku selain buku pelajaran . Kemudian kami punya ide untuk membuat semacam perpustakaan keliling. Kami sepakat untuk membuatnya menjadi lebih dari perpustakaan keliling , kami akan membawa buku-buku juga mainan yang ada di rumah untuk dipinjam dan dibaca di lokasi. Setelah diskusi yang muter-muter, kami sepakat namanya MainCaTer , yaitu Main Baca Puter-puter hehehe,  maksudnya kami akan membawa mainan & buku yang boleh dibaca, dipinjam & dimainkan bersama-sama, berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Kami sepakat MainCaTer dilaksanakan satu minggu sekali.


Semoga MainCaTer bisa membuat perubahan dari yang sebelumnya jarang membaca,  menjadi lebih sering membaca, dari yang sebelumnya tidak suka membaca, menjadi suka membaca , dari yang sebelumnya tidak pernah meminjam buku bacaan untuk dibawa pulang ke rumah,  menjadi sering pinjam, dst … meluaskan manfaat & keberkahan, aamiin..


Tantangan kedua, berawal dari kisah seringnya teman-teman Caca,  Asya , Ubay & Anaf yang selalu ingin menginap di rumah kami ketika weekend, ingin sering main ke rumah kami , kemudian dari curhat beberapa orang tua yang bingung mengajak anak-anaknya untuk kompak, dst .... akhirnya kami sepakat untuk membuat project WTJK ( Witing Tresno Jalaran soko Kulino; Tumbuhnya Cinta karena Terbiasa )reborn hehehe...maksudnya cetak ulang buku WTJK , buku pertama kami yang berisi project-project keluarga yang membuat cinta dalam keluarga tumbuh subur, keluarga semakin kompak dan menjadi team yang tangguh. Serta kami berniat mencetak 1 buku lagi kelanjutan dari WTJK, semoga diberi kelancaran prosesnya , aamiin…


Setengah dari buku tersebut akan kami bagikan kepada ibu-ibu dari keluarga -  keluarga yang membutuhkan. 


Semoga dengan buku tersebut, lebih banyak keluarga yang  merasakan manfaat yang sama dengan yang kami rasakan dari hasil belajar bersama bu Septi & pak Dodik , semakin semangat berubah untuk keluarga, semakin semangat membangun home team dari rumah masing-masing dengan membuat project-project seru, sehingga cinta dari tiap-tiap keluarga akan tumbuh subur , keluarga semakin kompak, tangguh & bahagia, aamiin.

 

Dengan WTJK reborn ini juga, semoga ibu-ibu yang tadinya tidak suka membaca , menjadi suka membaca , karena buku dari kami tulisannya tidak banyak , full colour & banyak gambarnya hehehehe. Pengalaman pribadi saya, ibu-ibu yang sebelumnya tidak suka membaca , langsung pusing kalau langsung membaca buku tebal yang tulisannya banyak wkwkwk. Supaya suka dulu , di awali dengan buku ringan yang warna warni , cepat selesai . Sehingga semakin semangat membaca buku-buku selanjutnya , aamiin…


Tantangan ketiga , berawal dari seringnya menerima curhat dari ibu-ibu yang bingung menemukan solusi dari tantangan sehari-hari membersamai anak-anak , juga curhatnya para guru ngaji tentang kendala-kendala mengajar murid-muridnya, kamipun bersepakat untuk membuat project kelas berbagi, yaitu Ibu Belajar & Guru Belajar.  Dengan merasakan manfaat belajar di IIP , saya merasa sangat dibantu sebagai istri, ibu & perempuan , sehingga kami berbagi ilmu-ilmu yang ada di IIP untuk para ibu-ibu di sekitar kami , semoga dengan kelas Ibu Belajar , ibu-ibu di sekitar kami juga akan merasakan manfaat yang sama , aamiin.


Untuk Kelas Guru Belajar , kami akan berbagi dengan memberikan wadah untuk belajar, diskusi menemukan solusi & memberikan fasilitas & bantuan2 yg diperlukan untuk kelancaran mereka mengajar. Project Ibu Belajar & Guru Belajar kami laksanakan satu minggu sekali. 


Semua project diatas kami laksanakan bersama dengan pembagian tugas sesuai kesepakatan bersama. Semoga niatan & langkah kami diberi kemudahan, kelancaran & keistiqomahan , sehingga bisa berkontribusi membawa perubahan di lingkungan sekitar, aamiin...aamiin…



#IbuProfesional6th

#ChangeMakerFamily

#OmahProject


Sumber Inspirasi :

Aliran rasa dari para ibu, para guru mengaji , para orang tua & teman-teman dari anak-anak di Prabumulih, 2017

Materi pembelajaran Institut Ibu Profesional 2014-2017

Webinar Family Strategic Planning, pak Dodik Maryanto, 2014

Proses pembelajaran OmahProject 2014-2017

447 views

Recent Posts

See All

Hari Dokter Nasional

Susan susan susan Besok gede mau jadi apa Aku kepingin pinter Biar jadi dokter Kalau kalau benar Jadi dokter kamu mau apa Mau suntik orang lewat Jus jus jus Ria : Lho kalau nggak sakit kenapa disuntik

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved