Menghijaukan Rumah

Home Sweet Home



Untuk ku merawat tanaman merupakan hal yang sangat tidak biasa. Walaupun di rumah orang tua ku di Bekasi banyak sekali tanaman hias dan buah-buahan disana. Mama senang merawat tanaman dan bunga-bungaan, tetapi aku tidak tertarik dan tidak pernah terlibat serta dilibatkan dalam kepengurusan tanaman-tanaman tersebut. Lalu saat ini, di rumah ku sendiri, ingin rasanya punya banyak tanaman. Aku mencoba membeli beberapa tanaman gantung yang entah apa namanya. Namun beberapa bulan kemudian tanaman tersebut mati kering begitu saja. Begitu juga bunga-bungaan yang ku beli, perlahan tapi pasti mati kering juga. Kenapa mati ya? Apa yang salah ya? Apa aku salah dalam merawatnya? Berkali-kali berulang hal tersebut sampai Pak Suami pun mengeluhkan hal yang sama. Akhirnya aku pelan-pelan mencari tahu cara merawat tanaman. Pak Suami pun mendukung dengan membelikan benih-benih supaya aku bisa belajar menanaman tanaman, baik pohon dan bunga-bungaan.


Perlahan tapi pasti aku mempelajari tanaman, kemudian aku tertarik dengan hidroponik. Baca-baca tentang hidroponik dan sedang mengumpulkan keberanian untuk mencoba menanam tanaman dengan sistem hidroponik. Aku berkeinginan membuat kebun hidroponik di rumah. Menceritakan tentang keinginanku pada Pak Suami ternyata setuju, malah beliau menambahkan untuk membuat sistem Aquaponik juga. Prinsip Hidroponik dan Aquaponik adalah sama yaitu menanam tanaman dengan media air. Hanya saja, air yang digunakan dalam aquaponik adalah air dari pemeliharaan ikan. Kotoran ikan yang terlarut dalam air menjadi pupuk untuk tanaman. Sebagai seorang dosen Perikanan, Pak Suami juga ingin melakukan penelitian dengan sistem Aquaponik ini. Beberapa bulan kemarin, Pak Suami telah mengikuti pelatihan Aquaponik di Bogor dan berharap bisa membuat sistem Aquaponik di rumah.


Dengan semangat itulah kami tahun ini membuat Family Project Menghijaukan Rumah. Kegiatan yang akan kami lakukan dalam projek ini adalah

1. Mempelajari cara merawat tanaman

2. Belajar memeliharan tanaman hias

3. Belajar tentang hidroponik dan memeliharan tanaman dengan sistem Hidroponik

4. Menyemai benih-benih yang sudah Pak Suami belikan baik dengan sistem Hidroponik maupun dengan konvensional

5. Membangun sistem Aquaponik dan menjalankannya

6. Membuat Aquascape


Lho kenapa tiba-tiba ada Aquascape disana? hehehe.. Aquascape juga termasuk menghijaukan rumah karena Aquascape adalah membangun taman di dalam akuarium. Aku dan Pak Suami sejak kuliah sudah terbiasa membuat aquascape. Namun ketika ingin membuat untuk rumah sendiri kok ya maju mundur aja. Maka aku ikutkan dalam projek tahun ini. Bulan November lalu, kami sudah melihat pameran Aquascape di ICE BSD sebagai referensi kami dalam membuat bentuk taman, mencari informasi harga tanaman air, bahan lain dan alat-alatnya.


Bismillahirrohmanirrohim..

Semoga rencana kami ini bisa berjalan dengan baik.

Untuk rencana selanjutnya, kami akan membagikan ilmu yang telah kami dapatkan dalam setahun ini kepada teman-teman. Dan jika Aquaponik telah berjalan dengan baik, akan dijadikan kebun percobaan untuk mahasiswa Pak Suami.

57 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved