Oleh-oleh Diskusi Terpumpun Bali Mei 2022

Sungguh pengalaman luar biasa dapat bertatap muka dengan tim Pusat Pengembangan Karakter Kemdikbudristek, para kepala sekolah, guru, orangtua siswa jenjang PAUD yang merupakan perwakilan dari seluruh provinsi pada acara DKT Penguatan Karakter - Hilton Resort, Bali.




Tidak kurang lebih dari 130 peserta yang hadir, memberikan kontribusi aktif berupa ide, kreativitas dan juga usulan tentang isi buku panduan orang tua terkait Profil Pelajar Pancasila dan juga konten 3 dosa besar pendidikan di Indonesia (anti perundungan, anti kekerasan seksual dan intoleransi)


Acara dimulai Selasa, 17 Mei 2022 pkl 13.30 WITA dibuka dengan prakata dari Bpk. Hendarman selaku kepala Puspeka. Setelah jeda ishoma, acara dilanjutkan malam harinya dengan pemaparan dari tim SEAMEO CECCEP (Southeast Asian Ministers of Education Organization - Centre for Early Childhood Care Education & Parenting) tentang isu-isu penting tentang karakter Profil Pelajar Pancasila dari sudut pandang para pendidik di Indonesia.




Hari kedua dan ketiga berisi diskusi tentang pembuatan buku panduan orang tua terkait profil pelajar Pancasila dan juga usulan konten 3 dosa besar pendidikan. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok besar, dimana 2 kelompok ini dibagi lagi menjadi 6 kelompok kecil dengan sub tema bahasan masing-masing.


Saya termasuk dalam kelompok 6 dengan topik usulan konten 3 dosa besar pendidikan (anti perundungan, anti kekerasan seksual dan intoleransi).


Pada grup besar usulan konten, tiap peserta wajib membuat 3 konten yang berisi anti perundungan, anti kekerasan Seksual dan anti intoleransi. Konten dapat dipilih berupa video singkat, film pendek, video grafis, Infografis dan sejenisnya.






Detil setiap konten harus dibangun dengan beberapa template yang disusun panitia. Dimulai dengan alasan pembuatan konten, apa yang ingin dicapai, judul, alur cerita, jumlah talent yang dibutuhkan hingga karakter yang ingin ditonjolkan di masing-masing talent.


Alhamdulillah usulan konten yang saya ajukan dirasa sangat menarik oleh panitia dan terpilih menjadi 3 orang yang dibacakan saat acara berlangsung. Sehingga dengan mudah, saya mendapat respon serta masukan secara langsung dari para tim Kemdikbudristek dan juga para peserta.


Resume kegiatan bisa didownload dalam ebook berikut ini:


Resume DKT terpumpun
.pdf
Download PDF • 2.48MB


Harapan saya, semoga usulan konten ini cepat terwujud dalam bentuk film pendek dan dapat dinikmati oleh para guru, orangtua dan juga siswa PAUD dimanapun berada. Dan ini saya persembahkan untuk Ibu Profesional ❤️


Penulis; Utami Sadikin, Sekjend Ibu Profesional

12 views0 comments