Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

Pemetaan Pikiran (Mind Map)


Melanjutkan dari apa yang saya tuliskan sebelumnya, hari ini saya mulai memetakan apa saja yang menjadi pemikiran saya dengan metode Mind Mapping.


Mind Mapping adalah sebuah cara untuk menuliskan ide atau gagasan. Saya terbiasa menggunakan metode ini untuk perencanaan beberapa kegiatan baik untuk diri sendiri, kegiatan untuk anak-anak, keluarga atau yang lainnya. Dan sudah pasti, sering saya gunakan saat akan menulis, atau merangkum buku yang saya baca.


Saya senang menggunakan metode ini, karena sistem kerjanya sejalan dengan kerja otak kita. Otak kanan dan kiri bekerja secara simultan atau bersamaan. Sehingga proses berfikir terasa lebih efektif dan efisien. Ide bisa bekembang cepat saat mengerjakannya. Untuk lengkapnya tentang Mind Mapping, beberapa bulan ini saya sedang tulis agar bisa menjadi sebuah buku.


Sebenarnya resolusi saya di tahun 2018 adalah menerbitkan buku solo. Alhamdulillah dari bulan September tahun 2017, sudah terbit empat buku antologi. Beberapa diantaranya masih dalam tahap proses cetak. Bagai gayung bersambut, resolusi ini akan semakin semangat saya wujudkan dengan adanya program "Changemaker Family".


Buku-buku yang akan saya tulis, semua berkaitan tentang tema yang saya pilih di program ini. Tentang "Perempuan dan karya yang bangga menjadi ibu rumah tangga".


Dari hasil perenungan panjang (kontemplasi), apa yang sering saya pikirkan tentang mengangkat citra ibu rumah tangga dalam masyarakat, memang bukan hal mudah. Namun harus saya coba. Di mulai dari diri saya sendiri, lalu akan saya bagikan pengalaman saya kepada yang lainnya.


Learning by sharing. Bahwa sejatinya, belajar adalah kewajiban saya dan kita semua hingga akhir kehidupan. Berproses sambil berbagi, yang tidak hanya dengan materi. Ilmu dan motivasi yang kita miliki juga bisa membawa pengaruh positif, jika kita bersungguh-sungguh dan ikhlas mau berbagi.


Pada mind map sederhana yang saya buat di atas, adalah gambaran tentang perencanaan aksi saya. Jadi baru poin-poin pentingnya saja. Tidak hanya saya fokuskan pada menulis buku. Saya coba terapkan di beberapa kegiatan lainnya, baik secara online maupun offline. Agar apa yang saya tuliskan nanti bukan sekedar teori. Tetapi lebih kepada hal yang aplikatif. Bisa menginspirasi serta memotivasi pembaca dan sahabat perempuan lainnya.


Poin utamanya adalah tentang "Perempuan dan Karya". Dua hal ini adalah sesuatu yang sulit dipisahkan. Ibu rumah tangga yang bahagia, adalah yang bisa menemukan peran spesifik hidupnya.


Saya menggunakan 5W + 1H ( What, Where, Who, When, Why + How), agar lebih optimal dan bisa memungkinkan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan saya.


Berikutnya, saya akan memulai mengembangkan ide atau gagasan yang ada di mind map. Lalu mencatat dan menyusunnya dengan rapi. Membuat agenda urutan kerja yang akan saya lakukan.


Semoga dimudahkan dan di beri kelancaran oleh Allah.

Aamiin...


#ChangemakerFamily

#IbuProfesional6th

585 views