Sebuah Mimpi: Bengkel Kreatif

Updated: Dec 29, 2017

Atelier

a workshop or studio, especially one used by an artist or designer.

Lima belas tahun silam saya pernah bermimpi tentangnya. Dengan mengandalkan imajinasi dan visual saya tuangkan dalam buku gambar, "Suatu saat harus punya tempat kaya gini!"

Dan disinilah saya saat ini, bersama partner terbaik yang memiliki visi dan misi yang sama dilatih untuk berani melakukan perubahan. To be a changemaker.


Bermula dari Nice Homework yang diberikan pada kelas Matrikulasi sebelumnya, dimana kami para mahasiswa Institut Ibu Profesional diminta untuk Menjadi Agen Perubahan, tentang bagaimana memberi andil dalam perubahan di masyarakat menuju yang lebih baik. Dengan beberapa tantangan yang tampak, saya berencana membuat studio belajar dan taman bacaan berbasis online. But what comes next is different, saya mencoba menjalankannya online dan offline. Kenapa? Karena saya hidup di dunia nyata, dengan orang-orang yang saya ingin libatkan di dalamnya, saya berusaha ingin menarik mereka dalam mimpi besar saya: menjadi manusia yang lebih bermanfaat dan berdaya kreatif di muka bumi.


And here I come with my big passion..

Lho kenapa bukan Atelier? Kenapa jadi Bengkel Kreatif?

Karena saya merasa kata 'Atelier' yang diadaptasi dari bahasa Inggris-Perancis akan sulit diucapkan. So, I decide to change the brand.


Bengkel Kreatif lahir pada tanggal 21 November 2017, hasil dari obrolan saya dan suami yang kemudian saya mengajak dua rekan lainnya untuk masuk ke dalam tim. Penamaan Bengkel Kreatif itu sendiri tidak lepas dari saduran kata Atelier yang bermakna 'workshop' atau dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata dengan 'Bengkel'. Adalah tidak tepat membangun sebuah komunitas tanpa visi dan misi sebab akan menjadikannya pincang dan tidak terarah. Jadilah kami sepakat untuk menjadikan Bengkel Kreatif sebagai komunitas yang unggul dalam bidang kreativitas.


Bengkel Kreatif kelak akan memiliki beberapa divisi, diantara lain:

  1. Divisi Kreatif : Mengakomodir kegiatan dalam bidang seni dan keterampilan tangan

  2. Divisi Visual Design serta Informasi dan Teknologi: Membuat kegiatan seputar visual design untuk remaja serta membuat aplikasi yang berkaitan dengan kegiatan Bengkel Kreatif

  3. Divisi Lingkungan : Mengolah sampah secara kreatif menjadi barang yang tepat guna

  4. Divisi Fundraising : Menggalang dana dengan cara menjual barang, mengolah dana untuk kepentingan kegiatan Bengkel Kreatif

Bengkel Kreatif memiliki misi untuk mengadakan workshop setiap bulannya, dan Alhamdulillah pada tanggal 17 Desember lalu, Bengkel Kreatif sudah menjalani workshop pertamanya dengan mengusung tema Basic Decoupage.

Yang menarik adalah ketika e-flyer workshop batch 1 ini diluncurkan dimana saya hanya membuka kelas untuk 10 seats saja. Ternyata, meski baru seumur jagung, yang bersedia untuk daftar hampir tiga kali lipatnya, masyaa Allah. Terpaksa saya masukkan sisa nya ke dalam bangku waiting list. Dan In syaa Allah mereka akan menyusul untuk ikut kelas workshop batch 2 di bulan Januari ini.

Pada wokshop batch 2 ini (dan seterusnya in syaa Allah..), Saya dan suami memutuskan untuk menyisihkan beberapa rupiah dari dana yang masuk untuk diberikan pada forum Ummahaat Peduli. Apa itu forum Ummahaat Peduli? Yaitu sebuah forum yang bertujuan menggalang dana untuk teman-teman di luar sana yang membutuhkan pertolongan. Biasanya mereka menggalang dana melalui bazar yang diadakan setiap pekannya. Kami pikir, tidak ada salahnya untuk mengajak para peserta workshop untuk berkontribusi di dalamnya, meski tidak banyak, semoga menjadi amal kebaikan.


Semoga workshop Bengkel Kreatif Batch 2 berjalan dengan lancar.. bismillah...


#changemakerfamily

#ibuprofesional6th

0 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved