Syaamil Project


Bismillaahirrahmaanirrahiim

masuki tahun 2018 ini insya Allah kami akan mengikuti program Changemaker Family. Changemaker family adalah salah satu program komunitas institut ibu profesional yang saya ikuti.


Pengertian dari changemaker family adalah keluarga yang senantiasa berpikir dan bertindak untuk membuat perubahan-perubahan ke arah lebih baik secara berkesinambungan (sumber: tim komunitas ibu profesional).


ingung mau membuat perubahan apa? Tentu. Gak pede? Ya. Tapi bukankah Allah SWT berfirman dalam Qur'an surat Ar-ra'd ayat 11 yang artinya

"...Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..."

Jadi...Bismillaah, pede saja lah 😉

Dream it!

Bismillaah.. ada beberapa poin perubahan yang ingin saya lakukan, yakni:

1. Mengingatkan suami untuk sholat berjama'ah di masjid setiap hari, terutama sholat subuh, maghrib, dan isya. Dan turut serta membawa Syakir ke masjid.

2. Mengajak suami dan anak-anak untuk merutinkan tilawah setiap hari, membaca ratib haddad (dzikir petang) setiap ba'da maghrib, membaca maulid simthudduror seminggu sekali plus penjelasan sirah nabawiyah.

3. Menuntaskan checklist indikator perkembangan anak-anak. Tentunya hal ini dapat dikembangkan menjadi melakukan berbagai aktivitas bersama anak-anak setiap hari.

4. No Gadget! Saya ingin membatasi anak-anak dalam hal pemakaian gadget. Targetnya hanya boleh menonton tv atau bermain hp di hari minggu saja.

5. Papan emosi dan reward Saya ingin membuat papan dimana anak-anak bisa mengungkapkan apa emosinya hari ini, dan juga papan reward untuk apa yang mereka lakukan di hari tersebut.

6. Sedekah nasi setiap jum'at Insya Allah ini jadi program kami berbagi untuk sesama. Target saya dimulai dari 5 bungkus per 2 minggu sekali, lalu 5 bungkus setiap minggu. Jika berhasil, akan saya tingkatkan menjadi 10 bungkus setiap minggu. Target jangka panjang saya adalah 50 bungkus tiap minggu. Semoga Allah memudahkan langkah kami, aamiin.

Insya Allah program ini dapat memberikan banyak hal positif bagi kami. Untuk saya dan suami, dapat memacu kami untuk terus bersedekah. Untuk saya pribadi, dapat menjadi me time plus ajang belajar masak memasak. Untuk anak-anak, dapat menjadi wadah untuk belajar berbagai hal, juga meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap sesama. 😍😍😍😍😍

Bismillaah.. Insya Allah we will do our best 😍

25 views0 comments

Recent Posts

See All

Tetap Sehat di Hari Lebaran

Tak terasa, sepenggal ramadhan sudah berlalu tanpa dapat kita hadang ya Mom’s. Syawal sudah melambai dengan senyum yang mengembang. Hari lebaran yang dinantikan umat sebentar lagi kembali bertandang d

Bersama Menjawab Tantangan

Era digital ditandai dengan konversi dari sistem kerja serba manual menjadi berteknologi digital. Dalam hal ini tidak hanya elektronisasi, tetapi juga dukungan jaringan komunikasi antar komputer yang