ZBS Project

Halo semua, perkenalkan, kami dari Pancar Matahari Family, sebuah keluarga yang bermimpi bisa memberikan manfaat untuk sesama layaknya matahari yang tak pernah berhenti menyinari bumi.

Seperti yang tertulis pada kertas dalam foto di atas, anggota keluarga kami terdiri dari tiga orang. Ada Papi Dadang, Mami Nisa, dan Zee. Papi mempunyai bakat dan hobi di bidang desain grafis, sementara Mami paling suka menulis. Kehadiran Zee yang begitu mencintai buku sejak usia sembilan bulan, menambah tekad Papi dan Mami untuk menghasilkan sebuah karya berupa buku cerita anak.

Family project yang bernama ZBS ini mulai kami susun sejak pertengahan tahun 2017, tepatnya saat Mami mengikuti kelas Matrikulasi IIP Batch#4. ZBS sendiri merupakan singkatan dari Zee Book Series, kumpulan buku cerita anak yang dilengkapi dengan ilustrasi berupa gambar. Dalam penulisannya, ZBS tidak dikerjakan sekaligus, namun dengan sistem satu buku per tahun.

Buku pertama yang sudah berhasil kami selesaikan tahun 2017 ini berjudul Gunung.

Gunung merupakan buku edukasi dengan tema ilmu kebumian, yang dikemas dalam bentuk cerita sederhana, ditulis menggunakan bahasa percakapan sehari-hari, serta dilengkapi dengan ilustrasi, ensiklopedia mini, dan lembar retelling story.

Alasan kami memilih bidang ilmu kebumian sebagai tema pertama yang kami angkat karena Mami merupakan peraih medali perunggu dalam event 1st International Earth Science Olympiad tahun 2007 di Korea Selatan. Berbekal pengetahuan dan wawasan serta sumber referensi yang Mami miliki, menuliskan cerita edukasi dalam bidang ini tentu menjadi suatu hal yang lebih mudah dilakukan sebagai langkah pertama.

Buku Gunung ini akan menjawab pertanyaan anak-anak yang seringkali melontarkan kalimat seputar bentuk gunung yang terlihat mirip seperti kerucut, juga memberikan pengetahuan bagi orang tua dan anak terkait proses terbentuknya gunung, erupsi, serta udara di daerah pegunungan yang cenderung dingin.

Buku pertama ZBS ini diterbitkan oleh penerbit indie. Dan kehadirannya kami harapkan bisa memberikan manfaat bagi dunia pendidikan Indonesia.

Setelah buku pertama selesai dan terbit di akhir tahun 2017, kami berencana menyusun seri kedua ZBS dengan tema hujan di tahun 2018. Dikarenakan momennya tepat dengan program Changemaker Family yang diadakan oleh IIP, maka kami menjadikan family project ZBS ke dalam program tersebut.

Jika buku Gunung terbit dan didistribusikan dalam bentuk cetak, lain halnya dengan calon buku kedua ZBS. Kami berencana mendistribusikannya dalam bentuk ebook, dengan tujuan memudahkan orang tua yang ingin mendapatkannya namun terkendala budget. Buku hujan ini nantinya akan hadir dalam dua vers, yaitu fullcolor dan black and white, yang bisa dicetak sendiri oleh orang tua untuk anak-anaknya. Khusus untuk versi black and white, si anak bisa menggunakannya sebagai media berkreasi dengan cara mewarnainya sesuai imajinasi.

Seperti itulah paparan kami tentang ZBS Project yang sedang kami kerjakan saat ini. Semoga bisa mencapai target dan selesai sebelum tahun 2018 berakhir.

Harapan kami, setelah membagikan cerita tentang proses pengerjaan family project ZBS ini, para orang tua terinspirasi untuk membantu anak-anak mereka menumbuhkan fitrah belajarnya dengan cara membuatkan media pembelajaran yang sederhana dan sesuai dengan keinginan si anak serta mampu dikerjakan oleh orang tua.

Sekian cerita dari kami, dan nantikan keseruan selanjutnya selama pengerjaan buku kedua ZBS sepanjang tahun 2018.

Karena dunia tidak akan berubah jika tidak diawali dengan perubahan positif setiap keluarga, maka berubahlah, untuk diri sendiri, keluarga, serta peradaban masa depan.

Bumi Lancang Kuning, 30 Desember 2017 Salam Changemaker,Pancar Matahari Family

#changemakerfamily

#ibuprofesional6th

0 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved