top of page

No Gadget, Anak Tetap Ceria



Anak-anak jaman now sebagian besar sudah kecanduan gadget. Banyak ibu-ibu yang mengeluhkan betapa sulitnya memisahkan anak dengan HP nya. Bahkan ada juga ibu-ibu yang dengan sadar menyodorkan HP pada anaknya dengan dalih biar anteng. Tapi berikutnya akan mengeluhdan kebingungan saat anak sudah mulai kecanduan gadget.


Saya pribadi tidak melarang anak-anak untuk bermain game di HP maupun komputer. Hanya saja saya membuat jadwal kapan mereka boleh bermain game bahkan jadwal menonton televisi. Alhamdulillah sejauh ini jadwal yang kami sepakati bersama sudah berjalan lancar. Mereka menonton televisi disiang hari sepulang sekolah sampai sebelum jam tidur siang dan bermain game hanya boleh dihari Sabtu dan Minggu saja. Itupun saya ikut nimbrung bareng mereka.


Saya sengaja tidak melarang sepenuhnya kehadiran gadget ditengah mereka karena anak-anak pun butuh untuk mengikuti perkembangan jaman. Akan tetapi membatasi adalah sebuah pilihan. Saya merasa anak-anak menjadi lebih sulit diajak mendengar dan berinteraksi ketika mereka sedang akrab dengan gadgetnya. Mereka seperti memasuki dunianya sendiri ketika sudah bertemu dengan game dan televisi.


Untuk itu dalam program Changemaker Family ini saya ingin mengkesplor kegiatan tanpa gadget bersama anak-anak. Tujuan utamanya adalah bermain seru bersama anak-anak saya tanpa gadget. Sedangkan tujuan berikutnya adalah memberikan inspirasi pada keluarga lain baik yang ada di sekitar tempat tinggal saya maupun yang lainnya untuk bisa membersamai anak dengan seru dan ceria tanpa gadget.


Langkah-langkah yang akan saya tempuh antara lain:

1. Rutin mencari dan mengeksplor kegiatan seru No Gadget yang bisa dilakukan bersama anak baik berupa permainan tradisional, permainan baru, kegiatan bersahabat dengan buku, kegiatan bersahabat dengan alam, maupun kegiatan kreatif lainnya.


2. Rutin membersamai anak-anak bermain baik di rumah maupun saat dengan teman-temannya. Disini saya akan membuat agenda untuk mengenalkan kegiatan-kegiatan baru yang sudah saya eskplor sebelumnya.


3. Rutin mengabadikan dan membagikan cerita bermain seru No Gadget kita di sosial media agar bisa memberi inspirasi pada keluarga-keluarga hebat semua.


Semoga apa yang sudah direncanakan bisa berjalan lancar dan bisa bermanfaat untuk keluarga saya dan juga keluarga hebat semua.


No gadget, anak tetap ceria








251 views0 comments
bottom of page