4 Cara Mengenalkan Kebutuhan Khusus Ibu kepada Anak


Menjadi seorang ibu saja sudah penuh tantangan, menjadi ibu dengan kebutuhan khusus tantangannya lebih banyak. Memang, setiap ibu punya tantangan sendiri, tetapi kebutuhan khusus yang ada pada ibu, diakui atau tidak, membutuhkan perhatian ekstra. Salah satu tantangan yang harus ditaklukkan adalah bagaimana mengenalkan keistimewaan Ibu kepada anak.




Kenalkan Anak dengan Kebutuhan Khusus Ibu Sejak Anak di Dalam Rahim

Sejak anak di dalam rahim sudah bisa diajak berbincang. Salah satu perbincangan yang tidak boleh ibu dengan kebutuhan khusus lupakan adalah berbincang tentang kebutuhan khusus Ibu.


“Nak, Ibu Hard of Hearing, nih. Ibu enggak dengar suara, ibu harap kamu jadi ‘telinga’ Ibu, ya. Kamu ngomong yang sabar sama Ibu sampai Ibu paham. Semoga kamu nanti jadi anak yang tinggi empatinya, ya Nak.”


Bacakan Buku yang Terkait dengan Disabilitas, Terutama Topik tentang Kebutuhan Khusus Ibu


Anak adalah pembelajar cepat, hatinya pun lahir dengan kondisi bening dan empati yang luar biasa. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengasah pengetahuan dan empati anak tentang dunia Disabilitas.


Buku dengan topik Disabilitas akan membantu Ibu untuk menjelaskan kepada anak kenapa Ibu berbeda dengan ibu teman-temannya yang lain. Buku dengan topik Disabilitas juga akan memupuk pengetahuan baru tentang Dunia Disabilitas dan anak lebih terasah empatinya, terutama kepada Ibu.


Bangun Support System yang Menjelaskan Kondisi Disabilitas Ibu dengan Positif kepada Anak


Enggak cuma Ibu yang harus menjelaskan kepada anak, support system yang ada di sekitar juga harus membangun image positif tentang kondisi Disabilitas Ibu kepada anak. Support System yang paling berpengaruh adalah Ayah, pastikan Ibu dan Ayah sudah mempunyai kesepakatan bagaimana menjelaskan kondisi Ibu dengan positif kepada anak.


“Nak, Ibu enggak dengar. Tetapi kita masih bisa ngobrol, kan. Ibu hebat, meski enggak dengar Ibu tetap menjadi ‘pendengar’ yang baik.”]


Kenalkan Anak kepada Komunitas Disabilitas Dimana Ibu Bergabung


Mengenalkan anak kepada komunitas Disabilitas akan membuat rasa percaya diri anak meningkat karena Ibu bukan orang aneh. Bukan hanya ibunya yang diberi keistimewaan dengan kondisi disability. Penguatan ini akan sangat berguna ketika anak menghadapi bullying terkait kondisi ibunya.


Bagi Bunda yang bergabung dengan Ibu Profesional, Bunda bisa bergabung juga dengan Ibu Inklusif yang menggaungkan inklusifitas. Tidak hanya ibu dengan kebutuhan khusus, Ibu Inklusif juga terbuka untuk ibu dengan anak berkebutuhan khusus bahkan Bunda yang concern dengan isu inklusifitas bisa bermain di Ibu Inklusif. Disini, Bunda bisa mendapatkan penguatan, edukasi, sharing, dan jaringan dengan ibu-ibu yang concern dengan isu inklusif.


Penulis: Widi Utami

Blogger widiutami.com, ibu dengan kebutuhan khusus Hard of Hearing


12 views0 comments

Recent Posts

See All

Ini adalah sebuah kisah berulang yang memiliki usia bahkan seumur dunia. Di mana seorang perempuan menikah, kemudian hamil, dan tiba-tiba saja dia sudah terbiasa dengan kehidupan seputar rumah bersama