Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

Belajar menjadi CHANGE MAKER FAMILY 2018 (bagian 2)

Mengusung tema "Semakin Cendekia dan Bahagia" akhirnya benar-benar membuat Keluarga MERDEKA semakin bahagia. Karena apa? Karena gerakan #changemaker nya mulai tertata dengan baik. Perlahan namun pasti. Terkadang malah seperti ada magnet atau sesuatu yang invisible yang membuat gerakan ini menjadi tarik menarik dan saling berkaitan.


Dalam mindmap sebelumnya ( bagian 1), saya menuliskan fokus gerakan #changemaker Keluarga MERDEKA menjadi 2 (dua) termin.


Termin Satu; dilaksanakan pada 6 bulan pertama tahun 2018 (Januari-Juni), dengan fokus perubahan pada individu dan keluarga inti. Aksi yang direncanakan ada tiga;

  1. Pojok CANDA (baCA anaNDA); 1 pekan 1 cerita baru. PIC : Syifaa (8y) anak kedua saya.

  2. Math-Asyik; 1 pekan 1 permainan matematika sederhana. PIC : Ibu

  3. Ibu Cendekia; sharing online dan offline. PIC : Ibu

Nah, saatnya cerita progress,

Poin 1 dan 3 alhamdulillah terlaksana dan berjalan lancar.


Pojok CANDA, mbak Syifaa mulai terampil bertutur cerita baik dari hasil baca buku, nonton sebuah film maupun bercerita kembali dari kegiatan menyimaknya. Bahkan mbak Syifaa mulai pandai berkisah dari imajinasinya sendiri. Tentu hal ini membuat saya sebagai ibu dan adik-adiknya pun turut senang. Saya senang karena Syifaa menunjukkan 1 aktivitas yang dia enjoy dan easy. Tinggal bagaimana nanti kami kemudian akan menambah jam terbangnya dan mengasah kemampuan berkisah ini menjadi lebih tajam.


Ibu Cendekia, alhamdulillah projek berbagi kepada sesama ibu pun berjalan lancar. Projek ini sebenarnya merupakan kebutuhan saya, kebutuhan untuk memurajaah pemahaman dan meng-kaya-kannya dalam kesempatan diskusi bersama para ibu. Sehingga kemudian saya membuat 2 kelas berbagi online, yaitu;

Kemudian untuk poin 2 alhamdulillah berjalan namun tidak lancar, he he he. Tapi tetep optimis, insyaAllah masih tersedia kurang lebih 8 bulan lagi hingga masa akhir timeline event #changemakerfamily ini. Semangat !!!


Termin Dua, pada babak kedua ini pelaksanaan projek direncanakan pada 6 bulan kedua tahun 2018 ( Juli - Desember). Fokus perubahan pada masyarakat atau komunitas. Mindmap perencanaan untuk termin dua ini bisa dilihat dalam gambar berikut,



Bismillah, inilah proposal kebermanfaatan kami ya Allah

Nah... ada cerita seru mengawali projek ini, dimana sungguh diluar dugaan saya, prosesnya diberi kemudahan dan kelancaran oleh Allah (tentu tantangan tetap ada, namun mesti dihadapi). Kejutannya adalah, rencana eksekusi yang seyogyanya di plot pada bulan Juli, oleh Allah dipercepat menjadi 2 bulan lebih awal. Alhamdulillah.


Akhirnya pada tanggal 28 April 2018 tercatat menjadi hari tanda syukur dan resminya projek Amanah Farm berdiri. Amanah Farm ini menjadi projek usaha perdana kami di tahun 2018 dengan semangat Berdaya dan Mulia Bersama. Dimana motivasinya sangat sederhana yaitu bagaimana Keluarga MERDEKA ingin menjadi pribadi dan keluarga yang bermanfaat bagi sesama. Hal ini juga merupakan family dream kami.


Cerita bagaimana semangat ini kemudian menjadi gagasan untuk membangun sebuah usaha khususnya dalam bidang industri peternakan dan pertanian yang pada gilirannya nanti diharapkan memberikan solusi permasalahan kemasyarakatan, insyaAllah akan saya ceritakan pada bagian 3. Semoga teman-teman pembaca masih setia untuk menyimak perjalanan #changemakerfamily kami.


2 Mei 2018 @Yogyakarta

/Lina Ibune Azzam/

127 views