Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

Berita Baik Ibu Profesional Bali : RANGKAIAN KEGIATAN LITERASI IP BALI 2019

Selama tahun 2019, beberapa kegiatan Ibu Profesional Bali alhamdulillah berjalan dengan lancar. Bukanlah event besar, namun yang terpenting semua peserta baik member dan non member bisa berbaur bersama dan merasakan manfaat yang besar setelah berkegiatan bersama IP Bali.


Rumah belajar yang ada di IP Bali untuk waktu yang berjalan ini adalah Rumbel Playdate dan Rumbel Literasi. Dan kegiatan yang berkaitan dengan literasi ini yang akan disampaikan melalui berita baik di Ibu Profesional. Rumbel literasi IP Bali memiliki inventaris berupa buku bacaan genre anak-anak, pengasuhan orang tua (parenting), dan pengetahuan. Buku-buku tersebut akan digunakan untuk kegiatan perpustakaan keliling (Perpuskel) IP Bali. Buku-buku tersebut adalah donasi dari para member dan non member baik dari Bali maupun luar pulau Bali.


Kegiatan literasi di IP Bali diawali pada bulan Februari 2019 yaitu kegiatan Sunday Funday. Kegiatan ini awalnya adalah untuk saling mengenal kembali sesama member IP Bali karena IP Bali kedatangan keluarga dari matrikans batch 6. Kegiatan SF ini diadakan di playground lapangan Renon, Denpasar. Sambil ngobrol santai, kami menggelar sudut baca untuk anak-anak member maupun anak-anak yang mampir ke playground untuk bermain. Beberapa anak-anak sangat antusias membaca buku.

Sunday Funday Lapangan Renon, 10 Februari 2019

Kegiatan yang berhubungan dengan literasi juga dilakukan saat acara Garage Sale vol. 2 pada tanggal 28 Mei 2019. Inventaris buku perpuskel IP Bali digelar di samping stand garage sale. Ayah dan anak bisa membaca buku sambil menunggu ibu berbelanja =).

Perpuskel di acara Garage Sale CFD Renon, 28 Mei 2019

Kegiatan selanjutnya adalah Gernas Baku pada tanggal 9 September 2019. Bertepatan dengan pekan Gerakan Nasional Baca Buku. Di kegiatan ini, Ibu Profesional Bali mendapatkan kesempatan untuk menjadi tamu undangan di RA Al Istiqomah, Denpasar yaitu membawakan buku-buku bacaan untuk anak-anak RA Istiqomah. Sebanyak 80 buku anak digelar untuk mensukseskan acara Gernas Baku. Anak-anak bergantian membaca buku didampingi oleh orang tua masing-masing dan bunda guru. Alhamdulillah anak-anak sangat antusias melihat buku, mereka juga terlihat sangat senang dan mendengarkan dengan fokus ketika dibacakan buku.

Gernas Baku RA Al Istiqomah Denpasar, 09 September 2019

Penutup rangkaian kegiatan literasi IP Bali di tahun 2019 adalah kunjungan ke Perpustakaan Daerah di Denpasar dengan tema READVENTURE. Ternyata minat masyarakat akan pentingnya membaca atau mengunjungi perpustakaan masih sangat sedikit. Saat kunjungan ke perpusda, di bagian ruangan baca anak, masih banyak buku yang tertata rapi dan terlihat baru seperti belum pernah dibaca. Rangkaian kegiatan di Perpusda adalah membaca buku dan mendongeng dari Bali Mendongeng. Acara tersbut dihadiri oleh 15 bunda (pendamping) dan 35 anak. Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan anak-anak senang bisa membaca berbagai buku anak di perpusda dan senang bisa mendengarkan cerita dari Kak Riris.

READVENTURE ke Perpusda Denpasar Perpusda,19 November 2019

Kegiatan literasi tidak hanya secara offline tetapi juga secara online. Kegiatan rutinan online di rumbel Literasi diadakan setiap hari Rabu yaitu dengan tema Book Review. Setiap member secara bergantian sesuai jadwal melakukan sharing berkaitan dengan buku yang sudah dibaca. Beberapa buku yang disharing kan dalam book review sangat bermanfaat dan menjadi pengetahuan tambahan bagi member IP Bali.


Rangkaian kegiatan literasi ini diharapkan semakin menguatkan pondasi literasi bagi anak-anak dan orangtua, selain itu literasi juga dapat meningkatkan bonding antara orangtua dan anak-anak. Orang tua yang sering membacakan buku atau mengajak anak-anak untuk membaca buku, maka seiring waktu anak-anak akan menyukai buku dan jika anak belum bisa membaca, dengan sendirinya anak-anak akan melakukan proses mengenal abjad dari tulisan yang mereka baca. Tentunya, bisa membaca belum tentu menyukai buku, tetapi anak-anak yang suka buku, sudah pasti akan bisa membaca dengan sendirinya, seiring waktu dan stimulasi yang diberikan oleh orang tua.




88 views