Berita Baik Ibu Profesional Karawang

Kenali Potensi, Melejitkan Mimpi

Oleh : Windy Nispiani (PJ Rumlit) dan Tim Medkom



Pernahkah berpikir tentang potensi kekuatan yang dimiliki oleh diri sendiri? Mungkin sebagian orang tak menyadari apa potensi kekuatannya. Sehingga tak jarang yang memiliki profesi tetapi tidak merasakan bahagia. Hal tersebut bisa terjadi karena tak mengenal potensi kekuatan yang dimiliki. Rasanya pekerjaan yang dilakukan seperti tak bernyawa. Lain halnya jika kita mengetahui potensi kekuatan diri, maka berkegiatan pun akan dialakukan dengan perasaan bahagia.


Demi melejitkan mimpi para ibu hebat, Ibu Profesional Karawang mengadakan Workshop Talents Mapping yang bertajuk “Kenali Potensi, Melejitkan Mimpi”. Workshop ini berlangsung pada tanggal 21 September 2020 hingga 9 Oktober 2020 dengan narasumber para praktisi Talents Mapping yang merupakan pengurus inti Ibu Profesional Karawang, di antaranya: Rini Novianti Yusuf (Sekretaris Regional), Dede Karyati (Manager Media Komunikasi), Ria Estiana (Ketua RCIP Karawang), dan Ummi Haajiroh M (Head of Training RCIP). Workshop kenali potensi diri merupakan salah satu program kerja tim sekretariat yang bertujuan untuk membantu member mengenali potensi dirinya


Kegiatan workshop ini di antaranya yaitu pertemuan online melalui Zoom, diskusi di WhatsApp group, dan ditutup dengan praktek aktivitas sesuai potensi kekuatan. Pelaksanaan workshop ini berjalan sangat baik dan menyenangkan bagi para peserta. Apalagi saat sesi pertemuan online melalui Zoom, semua peserta terlihat antusias. Materi yang diberikan pun membuat peserta penasaran ingin menyimak materi selanjutnya. Materi yang diberikan antara lain yaitu mengenal Strength Typology (ST30), potensi kekuatan, dan aktivitas sesuai dengan potensi kekuatan.


Konsep Bakat (Talents Mapping) ditemukan oleh Abah Rama Royani. Talents Mapping merupakan assessment kepribadian yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi kekuatan individu, dengan didasari pada pemetaan 34 bakat. Dan dengan itu kita dapat memperkirakan potensi kinerja dalam berbagai aktivitas dan peran.


Melalui tes Strength Typology (ST30), kita bisa mengetahui potensi diri. Baik itu potensi kekuatan maupun potensi kelemahan. Tes ST30 ini dilakukan pada website https://temubakat.com/id/. Setelah mengisi deretan pertanyaan yang berkaitan dengan diri, maka kita akan mendapatkan hasil tes ST30.

Pada lembaran hasil tes ST30 ini ada penjelasan mengenai semua potensi yang ada. Tetapi, walau sudah ada penjelasan mengenai 30 potensi kekuatan yang tertera pada lembaran ST30, ada sesi bedah ST30 melalui Zoom. Inilah sesi yang paling seru. Semua peserta terasa seperti diramal oleh para praktisi Talents Mapping. Dari sesi bedah ST30 inilah membuat peserta workshop semakin menyadari apa potensi kekuatannya dan sebaiknya apa aktivitas yang dilakukan sesuai potensi kekuatan agar melakukan aktivitas dengan bahagia.


Saat workshop berlangsung, ada pula pemaparan mengenai ciri bakat 4E. Ciri bakat tersebut di antaranya:

1.Enjoy: menikmati pekerjaan atau aktivitasnya

2.Easy: melakukannya dengan mudah

3.Excellent: Memberi hasil yang sangat baik

4.Earn: Imbalan akan datang dengan sendirinya kepada mereka yang sudah melewati E1-E3.

Dari ciri bakat 4E tersebut, peserta workshop ditugaskan melaporkan aktivitas sesuai potensi kekuatan yang bisa dikatakan enjoy, easy, excellent, dan earn. Laporan aktivitas sesuai potensi kekuatan ini berlangsung selama lima hari yang di-post pada media sosial peserta.


Workshop berakhir dengan meninggalkan kesan mendalam bagi semua peserta. Karena dengan mengikuti workshop ini, para peserta bisa melejitkan mimpinya dengan diiringi potensi kekuatan diri. Lalu apa kata mereka setelah mengikuti workshop ini ? Berikut testimoni nya..




66 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved