Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

Berita Baik IP Padang : Berbagi Ide Permainan Anak Selama #diamdirumah

Oleh : Tim Media Komunikasi IP Padang


Himbauan dari pemerintah untuk melakukan isolasi mandiri selama siaga Covid-19 membuat semua orang diharuskan untuk tetap tinggal di dalam rumah. Begitu juga dengan anak-anak yang memang sudah diliburkan sekolahnya. Nah, kali ini IPers dari komponen Komunitas IP Padang berbagi tentang ide permainan bersama anak yang bisa dilakukan saat diam di rumah. Jadinya anak tidak merasa bosan saat hanya di rumah saja dan bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Bunda Puti berbagi sumber inspirasi ide permainan anak yang telah didapatnya. Salah satunya inspirasi Ide permainan dari akun Instagram @chaisplay. Disini banyak ide permainan sederhana bersama anak yang bisa dibuat sendiri oleh orang tua bersama anak. Selain meningkatkan bonding, ide permainan sederhana disini hanya membutuhkan peralatan yang bisa didapat di sekitar kita. Misalnya memanfaatkan tabung bekas tisu gulung untuk dijadikan mainan seperti berikut

Sumber Foto : @Chaisplay
Sumber Foto : lonewolf.mvagustacheshire.com

Ide lainnya adalah mendengarkan cerita anak untuk berbagai usia di audible.com yang bisa diunduh gratis selama masa Physical Distancing ini. Untuk permainan gadget juga bisa membersamai anak lewat situs ramah anak yang ada di daftar gambar berikut.

Sumber Foto : Facebook Huron Academy

Bunda Tami pun memberikan masukan untuk mencari ide permainan anak yang didapatnya dari berbagai akun Instagram yang ditemukannya. Salah satunya adalah memanfaatkan kardus bekas untuk membuat berbagai macam permainan seperti membuat puzzle dan labirin kelereng.

Sumber Foto : Instagram Evokulu
Sumber Foto : Instagram Thedadlab

Ada juga kegiatan yang melibatkan fisik anak sehingga anak tetap bisa bergerak aktif walaupun hanya sebatas rumah dan pekarangan saja.

Sumber Foto : Instagram Raisingdragons4

mengutip dari dari Bunda Tami " Beberapa kegiatan yang aku share itu kegiatan yang harus siap menyisihkan waktu leyeh-leyeh kita dan domestikan mungkin ya. Niatin aja bun main dan mengulang masa kecil dulu. Mungkin bisa diskusi dulu dengan suami kalo nanti rumah agak berantakan gapapa gitu ya asalkan anak istri bahagia". Ada juga sharing ide permainan anak dari Bunda Miftah yang bisa juga dilihat dari Modul Kreatifa Vol.01 dan printable untuk mewarnai yang bisa diunduh dan disebarluaskan gratis. Ini dia permainan anak yang sudah dilakukan Bunda Miftah dengan buah hatinya. ⦁ Membuat gelang kupu-kupu


Sumber Foto : Bunda Miftah

⦁ Stimulasi motorik

Sumber Foto : Bunda Miftah

⦁ Meronce di garis

Sumber Foto : Bunda Miftah

Masih banyak ide permainan lainnya yang juga bisa dilihat di akun Instagram Bunda Miftah. Bi


sa disesuaikan dengan kebutuhan dan perlengkapan yang ada di rumah. Satu lagi ide permainan yang melibatkan kegiatan fisik anak adalah bermain engklek yang dilakukan oleh Bunda Ami. Dengan bermodalkan selotip warna atau kapur sudah bisa bermain di dalam rumah, teras atau di garasi. Cukup menyenangkan bukan?

Sumber Foto : Bunda Ami

Nah bagaimana dengan IPers lainnya, punya ide main apa selama #diamdirumah?

109 views