Berita Baik Mengenal IP Sidoarjo Mojokerto

Updated: Apr 18

Oleh Tim Media Komunikasi IP Sidoarjo Mojokerto

Ibu Profesional Regional Sidoarjo Mojokerto merupakan salah satu regional hasil pemekaran dari IP Surabaya Raya. IP Sidoarjo Mojokerto mulai resmi berdiri sendiri sejak tanggal 25 Januari 2020. Di artikel ini, Anda diajak bereksplorasi lebih jauh tentang daerah Sidoarjo dan juga Mojokerto yang ternyata menyajikan banyak spot wisata terbaik serta ragam kuliner khas daerah yang sayang jika Anda lewatkan.

Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila. Kabupaten Sidoarjo terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kota Sidoarjo terkenal sebagai Kota Udang.

Adapun lokasi pariwisata di Sidoarjo yang telah mendunia, salah satunya ialah Lumpur Lapindo Tanggulangin. Selain itu, terdapat pula beberapa tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara antara lain Wisata Bahari Tlocor, Pulau Sarinah, Monumen Jayandaru, Kampung Batik Jetis, Museum Mpu Tantular, Candi Pari dan masih banyak lagi.

Gambar udang dan ikan bandeng yang tersemat dalam lambang Sidoarjo memiliki arti bahwa Sidoarjo merupakan hasil tambak perikanan terbanyak yang bisa dijumpai di Sidoarjo. Kuliner khas Sidoarjo pun tak jauh dari olahan udang serta bandeng diantaranya ada kupang lontong, sate kerang, otak-otak bandeng, bandeng presto, bandeng asap, lontong balap dan petis.

Mojokerto

Kota Mojokerto adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 50 km barat daya Surabaya. Kota ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dilihat dari penerimaan asli daerah setiap tahun mengalami peningkatan. Kota Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila. Selain itu, Mojokerto juga merupakan kota dengan luas wilayah terkecil di Indonesia. Wilayah Kota Mojokerto berbatasan langsung dengan kabupaten Mojokerto.

Trowulan adalah situs purbakala yang menjadi daya tarik utama wisata sejarah di daerah Mojokerto. Di dalamnya terdapat puluhan candi peninggalan Kerajaan Majapahit, makam raja-raja Majapahit, serta Pendopo Agung yang diperkirakan berada tepat di pusat istana kerajaan Majapahit. Candi-candi yang terdapat di kecamatan ini antara lain Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, Candi Brahu, Candi Gentong, Candi Wringin Lawang, dan masih banyak candi lainnya.

Selain kawasan Trowulan, Mojokerto juga memiliki kawasan pegunungan yang menyajikan pemandangan sangat indah yang terletak di Pacet dan Trawas yakni diantaranya ada Air Terjun Coban Canggu, Air Terjun Grenjengan, Air Terjun Watu Ulo, Pemandian Air Panas Padusan, Wisata Arung Jeram Wilderness Experience dan masih banyak spot wisata lainnya.

Kuliner khas daerah Mojokerto pun cukup beragam. Beberapa diantaranya ada Krupuk Rambak Bangsal, Onde-Onde, Sate Keong, Sambel Wader, Nasi Jagung dan Pentol Bakar. Pastikan Anda jangan sampai lupa menikmati ragam kuliner khas saat berkunjung di daerah Mojokerto.

Tiap daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal khas masing-masing, tak terkecuali daerah Sidoarjo dan Mojokerto. Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga dan bersyukur dengan kearifan lokal yakni hasil dari ragam budaya dan tradisi yang dipadu dengan keindahan alam nan elok dan mampu menghasilkan khas yang sungguh unik dan menarik untuk dinikmati.

Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sidoarjo

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kota_Mojokerto

Ilustrasi :

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20190625172403-92-406332/menilik-kronologis-tragedi-13-tahun-lumpur-lapindo

https://m.liputan6.com/surabaya/read/4053045/trowulan-situs-sejarah-mojokerto-yang-edukatif-dan-menghibur

https://travelingyuk.com/lontong-kupang-surabaya/72505/

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3763092/resep-onde-onde-wijen-isi-kacang-hijau-enaknya-kebangetan

22 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved