top of page

ChangeMakerFamily

MainCater#1

Alhamdulillah, hari Sabtu, 23 Desember 2017 kemarin , terlaksana project MainCaTer dengan lancar. 

Mulai dari persiapan, semua berpartisipasi mengangkat barang-barang yang diperlukan ke dalam mobil. Cuaca cerah , sampai di tempat dengan selamat , acarapun berjalan lancar barokah. Alhamdulillah. 

MainCaTer ini sudah kami laksanakan beberapa bulan ini. Berawal dari bertemunya kami dengan teman kecil Caca (13) ketika masih di Sorong dulu. Tidak disangka kami dipertemukan lagi di Prabumulih ini. Di awal-awal kepindahan kami ke Prabumulih, kami main ke rumahnya . Ternyata rumahnya dekat dengan masjid dan kebun karet yang luas. 

Kamipun antusias untuk belajar di kebun karet. Beberapa kali kesana kami berinteraksi dengan anak-anak di sekitar sana dan melihat keseharian mereka , termasuk anak-anak gadis usia 8-13th mencuci pakaiannya sendiri dengan mendorong sorong dan berjalan melewati kebun karet sejauh kurang lebih 700m untuk ke sumur. Sungguh pembelajaran yang luar biasa bagi kami dan anak-anak. 

Dari sanalah muncul ide MainCaTer( Main Baca Puter-puter)  ini, mereka tidak pernah membaca & tidak punya buku selain buku pelajaran sekolah , maka kami akan meminjamkan mainan & buku-buku di waktu tertentu, seperti perpusling hanya ditambah dengan mainan. 

Alhamdulillah yang awalnya mereka memilih mainan semua, lama kelamaan sudah mulai banyak yang membaca , dan sekarang bukunya sudah mulai kami pinjamkan untuk dibawa pulang. 

Kami  mengadakan MainCaTer satu minggu sekali di dua tempat, sehingga satu tempat periodenya dua minggu sekali. Buku yang dipinjam akan dikembalikan & boleh pinjam lagi 2 minggu kemudian . Mba Caca & mba Asya yang bergantian bertugas untuk menulis buku-buku yang dipinjam maupun dikembalikan. Mas Ubay, mas Anaf, dek Saif bertugas menyiapkan dan membereskan segala perlengkapan yang dibawa, Bapak driver & Umi konsumsi hihihi.

Semakin banyak anak-anak yang semangat meminjam buku & membaca, alhamdulillah. Semoga kami bisa konsisten dan terus meningkat , aamiin. 



25 views0 comments
bottom of page