Cloud 9, Semesta Karya Sebentar Lagi! Intip Keseruan Behind The Scene-nya

Updated: Mar 9



Halo Bunda, Gimana kabarnya? Tak terasa kita sudah ada di penghujung tahun 2020 saja nih. Ternyata kita mampu dan hebat ya, Bunda, bisa melalui segala badai yang terjadi pada tahun ini. Senang sekali rasanya Ibu Profesional bisa terus mengiringi langkah Bunda dikala suka maupun duka.


Untuk itu setelah 9 tahun menemani setiap langkah para Bunda di seluruh dunia. Saatnya kita mengapresiasi Bunda yang sudah bergabung bersama kami dengan membuat selebrasi, merefleksikan diri atas apa yang sudah kami lalui selama 9 tahun terakhir, yang akan diadakan 9 hari lagi. Yeay! Pasti sudah pada tahu dong selebrasi apa itu. Yak Cloud 9, Melangitkan Karya.


Kata Cloud 9 dipilih memiliki filosofinya tersendiri. Cloud yang berarti awan sementara 9 merupakan angka satuan tertinggi dalam suatu bilangan. Ini menandakan Ibu Profesional sudah mulai menggapai puncak, mengepakkan sayapnya terbang tinggi melintasi awan-awan menuju ruang tanpa batas kesempurnaan.


Berawal dari Kompetisi Cipta Karya Mars Ibu Profesional. Menyusul beberapa kompetisi lainnya seperti Festival Lokal Mengglobal, Parade Karya Regional dan Parade Karya Komponen. Lantas bagaimana keseruan dibalik layar Cloud 9 Semesta Karya? Mari kita kulik Mba Fauziah yuk, orang dibalik tercetusnya ide perhelatan akbar 9 tahun Ibu Profesional.


Sosok Dibalik Tercetusnya Cloud 9 Semesta Karya

Fauziah atau yang biasa disapa Mba Zy ini merupakan anggota Resource Center Ibu Profesional (RCIP) divisi mentorship. Di awal keterlibatannya di RCIP Nasional ia merasa tertantang untuk membuat sesuatu yang seru, setelah sebelumnya di stimulasi oleh Ibu Septi Peni.


Ibu 3 anak ini juga merupakan member IP regional Depok dan berperan sebagai Leader Cluster Hexaducate di Bunpro (Bunda Produktif) IIP (Institut Ibu Profesional). Disela-sela aktivitasnya mengasuh ketiga orang anaknya dan mengajar ngaji secara private, mba Zy tetap mampu mengambil peran di Cloud 9 sebagai fundraising dan publikasi.


Ragam Kegiatan di Perhelatan Cloud 9 Ibu Profesional

Karena tantangan dari Ibu Septi inilah, tim RCIP melalui Mba Zy mengusulkan lomba nasional yang disambut baik dan antusias oleh semua tim. Selanjutnya Cloud 9 yang digagas oleh tim RCIP menunjuk Mba Nesri (Ketua RCIP Nasional) sebagai ketua Cloud 9, melangitkan karya.


Kemudian disusul perekrutan beberapa anggota pusat oleh tim RCIP yang berkompeten di bidangnya untuk membantu kesuksesan acara. Total keseluruhan panitia inti Cloud 9 saat ini adalah 10 orang, belum termasuk panitia tambahan dari seluruh regional.


Sebelum diumumkan adanya lomba Cipta Karya Mars IP, Mba Zy yang gemar baca buku, menggambar dan berenang ini mengusulkan kembali kegiatan yang akan diperlombakan. Mulanya ia mengusulkan lomba mengolah bahan makanan pokok sesuai dengan daerahnya masing-masing.


Ide ini kemudian dibedah lagi oleh panitia. Karena satu dan lain hal ide tersebut disimpan dan keluarlah gagasan baru, yaitu lomba Cipta Karya Mars IP. Lomba Mars (Menotasikan Aliran Rasa lewat Suara) ini muncul atas kegelisahan panitia yang merasa Ibu Profesional belum memiliki Mars yang bisa dilagukan pada saat acara-acara tertentu khususnya acara offline IP.


Semangat untuk memiliki Mars tidak hanya dimiliki oleh panitia. Terbukti sebanyak 40 peserta dengan antusias yang sama mendaftar kategori lomba ini. Peserta yang mendaftar terdiri dari individu, kelompok bahkan keluarga. Selain lomba ini ada juga lomba lainnya yaitu Festival Lokal Mengglobal, Parade Karya Regional dan Parade Karya Komponen.


Festival Lokal Mengglobal terbuka untuk seluruh member IP. Siapapun yang memiliki karya berhak mendaftar dalam lomba ini. Dalam kegiatan lomba ini para peserta disaring kembali oleh panitia ke dalam 5 kategori, yakni kategori Buku, Craft & Menjahit, Pengabdian Masyarakat dan Boga.

Para peserta yang telah tersaring tadi kemudian ditampilkan dalam web Ibu Profesional untuk mendapatkan vote dari semua member. Vote dari member IP inilah yang menentukan pemenang favorit (people choice) Festival Lokal Mengglobal. Total voter yang berpartisipasi dalam Festival Lokal Mengglobal ini adalah 2101 orang. Luar biasa antusiasnya ya, Bunda.


Lanjut lagi kita ke Parade Karya Regional dimana masing-masing regional akan unjuk kebolehan menampilkan karya terbaiknya. Saat ini tim acara sedang menyeleksi karya yang masuk, diiringi dengan pemilihan pemenang favorit berdasarkan people choice yang tidak hanya dilihat dari like saja, melainkan jumlah viewers.


Fun Fact! Failed Celebration

Ada hal lucu dibalik terbentuknya Cloud 9, Bunda. Namanya juga manusia pasti tempatnya khilaf ya Bun. Lupa akan sesuatu wajar adanya. Hal ini juga dialami tim Cloud 9 di awal-awal mereka mengumumkan kegiatan ini.


Mulanya acara besar akhir tahun ini akan mengusung tema Infinity karena angka 8 memiliki dua lingkaran yang tidak terputus. Namun hal tersebut cepat dikoreksi oleh Ibu Septi selaku Founder dan Inspirator Ibu Profesional. Kemudian dengan sigap tim acara dan publikasi menggantinya dengan Cloud 9, Melangitkan Karya.


Ingat tidak setelah acara Foundation Batch 9 selesai, tim Ibu Profesional membuat postingan angka 8 dan meminta anggota IP untuk menebaknya? Ternyata itu bukanlah countdown, Bunda. Melainkan kelalaian teman-teman RCIP dalam mengingat berdirinya Ibu Profesional. Hehe


Tantangan Berhasil Terlewati

Mustahil rasanya jika dalam suatu acara berjalan mulus dan lancar saja, pasti ada saja tantangannya. Sebagaimana yang dialami tim panitia Cloud 9 yang mengaku merasa tertantang lantaran jumlah peserta Mars yang awalnya hanya satu dua orang saja.


Namun akhirnya meroket tajam menjadi 40 orang peserta. Lalu, jumlah sponsorship yang belum muncul, hingga akhirnya pada pertengahan bulan Oktober para sponsor acara berdatangan satu persatu dan meningkat pada awal November.


Sampai saat ini peluang untuk menjadi sponsor perhelatan akbar memperingati 9 tahun Ibu Profesional masih dibuka. Jika Bunda tertarik menjadi sponsor acara Cloud 9, Melangitkan Karya. Silahkan hubungi Mba Zy ya.


Narasumber: Fauziah (IP Regional Depok. Tim RCIP Nasional Divisi Mentorship)

Pewawancara: Shima Perwira




51 views0 comments

Recent Posts

See All
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved