‘Copywriting For Blogger’ Bersama Mba Deka Amalia

Kegelisahan para ODOPers yang sebagian besar masih berstatus blogger pemula begitu tercerahkan dengan adanya diskusi hangat dalam #JumatKulwap ‘Copywriting For Blogger’ (17/08) bersama Mba Deka Amalia, seorang pendiri Women Script Community dan mentor handal dibidang kepenulisan. Jam terbang Mba Deka sudah mencapai 22 tahun di dunia tulis-menulis. Saat diskusi berlangsung terjadi hujan ilmu dan hujan inspirasi, semua berjalan dengan lancar, bahkan saking serunya sampai meminta persetujuan pertambahan waktu 30 menit kepada narasumber. Kulwap kali ini dimoderatori oleh Teh Shanty Dewi Arifin . Berikut 10 pertanyaan hasil diskusi ‘Copy Writing For Blogger’ bersama Mba Deka :

#1 Pertanyaan Rahmah, Surabaya

1. Unsur copywriting yang soft selling menurut mba Deka apa saja? Bsia diberikan contoh

2. Tips Dasar sebelum membuat copy writing!

3. Apakah ada batasan jumlah kata untuk copy writing?

#Jawaban

Apa itu Copywriting?

copywriting adalah sebuah teknik menulis yang membuat pembaca merespon sesuai yang kita inginkan. Karena itu siapkan ide, pikirkan pesan yang mau kita sampaikan dan tuliskan.

Copy dibuat agar kita mendapat respon dari pembaca yaitu membeli, mendaftar, mengingat atau melakukan tujuan lain sesuai yang kita harapkan.

Copywriting sangat penting dalam bisnis online yang menggunakan media tulisan untuk mengharapkan calon pelanggan.

Dalam bisnis online, secara sederhana adalah cara mendapat calon pembeli dan pelanggan. Hanya yang kita gunakan adalan media tulisan.

Melewatkan copywriting sama saja melewatkan kesempatan memperoleh pelanggan dan membuang waktu. Karena waktu yang kita gunakan untuk sosial media tidak tertarget.

Yang diharapkan tentu hasil yang memuaskan dari berpromosi di sosial.media.

Copywriting juga membantu kita membranding produk kita.

Secara berkala brand kita akan makin kuat dan orang mengenal kita sesuai dengan apa yang kita harapkan.

1. Soft selling intinya bercerita, bisa tentang informasi dan manfaat. Contoh nanti saya kirim.

2. Produk knowledge dan menyiapkan ide tulisan

3. tidak ada. asal jangan kepanjangan yang bikin orang cape bacanya. Cek dan follow ig saya @deka66, banyak contoh copy writing. Juga fan page saya : https://www.facebook.com/Deka-Amalia-Writing-Center-118940281608370/

#2 Pertanyaan Rella, Malang

1. Bisa dijelaskan basic copywriting ini buat marketing kah atau bisa digunakan untuk tujuan lain?

2. Bagaimana mencari job untuk seorang copywriter?

#Jawaban

Jawaban no 1 ada di definisi yang saya share yaJob sebagai copywriter terbuka sekali. Tapi harus punya ilmunya dan jam terbang. Berikut contoh copy writing yang saya tulis :


Contoh Copywriring Mba Deka

Contoh (2) Copywriting Mba Deka

#3 Pertanyaan Gitaria Eka, Tangsel

1. Bagaimana menjaga konsistensi dalam menulis?

salut banget sama mbak Deka, 22 tahun sudah berkarya, saya aja yang baru 6 bulan kadang suka kendor semangatnya.

2. Saat ini saya sedang fokus kepingin nulis buku, jadi banyak genre yang diambil, karena sekalian belajar. Menurut mb Deka, bagi pemula seperti saya baiknya seperti apa ya? (Pertanyaannya agak menyimpang dikit boleh ya)

3. Bagaimana teknik copywriting yang tepat saat menjual buku sendiri? Makasih banyak Mba.

#Jawaban

1. Cinta he he he

jika kita mencintai dunia yang kita geluti maka konsistensi akan terjaga dengan sendirinya. Do what you love and love what you do. pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

2. Penulis pemula memang harus banyak belajar dan mencoba apa saja. Sebelum menemukan satu genre yang mau dikuasai.

3. Lebih menekankan pada isi bukunya.

#4 Pertanyaan Ratih Arawinda (Winda), Bandung

1. Adakah rekomendasi buku atau situs referensi untuk belajar copywriting bagi blogger/penulis pemula?

2. Bagaimana menyatukan copywriting dengan personal branding di media sosial supaya tetap terlihat natural, namun tetap menarik?

#Jawaban

1. Brosing saja. Banyak. Kalau di toko buku masih jarang. Atau tunggu buku saya terbit he he he. intinya sama kok. Bisa pakai yg mana saja.

2. kenali dulu nilai diri. self brandingnya sebagai apa. Saya kirim ke sini ya artikel tentang self branding yg saya tulis: http://www.dekamalia.com/2016/02/kiat-sukses-self-branding.html?m=1/

#5 Pertanyaan Ika Pratidina, Bogor

1. Kalau membaca profil mba deka, luar biasa prestasinya. bikin saya kagum. Menurut mba deka, Prestasi terbesar mba deka, apa ya? Pengalaman di dunia menulis yang paling membahagiakan.

2. Bagaimana membagi waktu antara menulis dan waktu untuk keluarga ya. Bolehkah saya tahu waktu dalam keseharian mba deka ya

#Jawaban

1. Bisa punya writing training center yang sudah diikuti ribuan peserta. Copywriting class saja sudah diikuti hampir 1000 peserta. sejak tahun 2013-kini, yang bikin bahagia kalau ada buku terbit.

2. Sama saja kayak emak emak lainnya he he he, kebetulan saja anak saya sudah besar. 2 sudah kuliah dan kos di Bandung. Di rumah tinggal si bungsu kelas 1 SMA. Kuncinya saya punya agenda kerja walau gak terlalu ketat karena kadang mundur mundur juga dari target xi xi xi tapi minimal saya punya timetable dan selesai meskipun tidak selalu tepat waktu. kecuali kl sudah ada pesanan yang dibayar dimuka.

#6 Pertanyaan Julia, Probolinggo

1. Seberapa penting copywriting untuk seorang blogger dan penulis?

2. Indikasi seseorang sudah menjadi copywriter yang bagus itu apa?

3. Boleh cerita bagaimana awalnya kok Mba' Deka mau terjun ke dunia tulis menulis buku dan terus konsisten hingga sekarang?

4. Punya tips dan trik agar buku laris di pasaran? Terima kasih banyak.

#Jawaban

1. penting sekali. apalagi sekarang kompetisi makin ketat

2. Ada hasilnya...

3. ini ada di profil saya. sila dibaca ya. panjang…

4. tulis buku yang bermamfaat. mendidik dan menghibur.

#7 Pertanyaan Shanty Dewi Arifin, Bandung

Saya tertarik dengan informasi writing therapy yang diadakan Mbak Deka. Mau tahu dong writing therapy yang diadakan mbak Deka ini seperti apa? Apa yang membedakan dengan writing therapy yang lain?

#Jawaban

singkat aja ya. Menulis itu memang self healing, bedanya karena mengawinkan dua ilmu. menulis dan psikolog.

#8 Pertanyaan Miranti Banyuning Bumi, Serang

Mbak Deka, tadi sya melihat di fb Deka Amalia Writing Center, mbak juga mengadakan travel writing ya. Wah menarik sekali. Boleh tolong dijelaskan detail programnya seperti apa mbak? Daerah2 yang sudah dijelajahi kemana saja?, dan rencana selanjutnya akan mengadakan kemana lagi?

#Jawaban

Iya. Travel writing edisi terbit. Dalam negeri sudah ke Belitung, luar negeri sudah ke Jepang. Yang akan datang mau ke Bali dan Jepang. Alhamdulillah. Travel Writing dan wisata edukasi klotter bulan Feb 2018 berjalan lancar. Semua sehat dan puas. Ikuti klotter berikutnya Desember 2018. Musim Dingin. Paket hemat super lengkap: Belajar, jalan-jalan, wiskul dan belanja. Termasuk belajar menulis hingga terbit. Termasuk wisata edukasi. Belajar banyak hal.

Jangan lewatkan bersama Deka Amalia dan Saleha Juliandi. Biaya bisa dicicil.

https://youtu.be/Xvrcl6Luzc0. Sila japri untuk info lengkap. Sudah terisi 6 seat.


Coming Soon Segera Terbit

Lets Join!

#9 Pertanyaan Rizki, Pasuruan

Mba Deka, sbg penulis apakah memang dituntut untuk bisa menulis semua genre? Ya artikel, makalah, cerpen, dll? Soalnya saya sendiri saat ini msh suka berburu proyek antologi dan baru akan belajar tentang menulis artikel. Terima kasih.

#Jawaban

Nggak ada tuntutan siih. kembali ke masing masing pribadi. mau belajar apa dan mau menguasai yang mana, kalau belajar semua hal tentu bagus biar makin kaya ilmunya. Antologi juga bisa jadi media belajar dan batu loncatan juga menambah portfolio.

#10 Pertanyaan Dian Kusumawardani, Surabaya

Bagaimana buat blogger pemula untuk bisa mencari klien (job).

wew mbak Dian ya. kemarin ketemu di Jakarta. Buku solonya sukses lho. sold out 2200 eks dalam beberapa bulan. Namanya rezeki ada campur tangan Allah. Jadi konsisten saja terus beproses. Insya Allah pintu rezeki akan terbuka. Tingkatkan skill dan terus menulis. Insya Allah klien akan dating, tapi tetap upayakan iklan diri, PD itu kuncinya, bikin iklan diri yang menarik dan posting secara berkala. untuk memancing klien. contohnya ini :



Pesan dari Mba Deka:

Untuk mahir menulis ada beberapa langkah:

konsisten berproses, mau terus belajar, rajin latihan, jika ingin makin menguasai satu jenis tulisan maka banyak banyak tulisan sejenis. Kalau kita sulit mengembangkan naskah, itu artinya pengalaman membacanya kurang dan perlu ditambah. Karena apa yang kita baca membuat kita kaya dan mampu mengembangkan tulisan lebih baik lagi, banyak baca tulisan sejenis, salam semangat.


Up Coming Event With Mba Deka (talkshow/ jumat 24 agustus 2018 jam 13.00-14.00)


PROFIL DEKA AMALIA

Bernama lengkap Dewi Kurniawati, nama Fb dan Nama pena Deka Amalia. Lahir di Bandung. Pernah menjadi Dosen Sastra dan bahasa Inggris di beberapa perguruan tinggi selama lebih dari 20 tahun, memiliki minat menulis, beberapa cerpen karyanya pernah dimuat di harian The Jakarta Post, satu cerpen dibacakan mahasiswa asing yang belajar di Indonesia dalam program Darmasiswa antar negara, beberapa tulisan ilmiah dalam bidang sastra pernah ikut tampil di berbagai seminar nasional dan internasional. Dua antologi indie telah dibukukan dan satu antologi beredar secara nasional, For The Love Of Mom, yang terbit di bulan Oktober 2011. Menerbitkan novel berantai LOVE ASSET bersama 16 penulis perempuan lainnya, terbit 10rb eks dan beredar secara nasional Nov 2011. Menerbitkan antologi romantis Endless Love tahun 2012. Menerbitkan buku 101 Perempuan Berkisah sebagai buku yang didedikasikan untuk perempuan NOV 2013. Menerbitkan buku Bersandarlah pada Allah Semata Nov 2014.

Karya yang terbit tahun 2015 : Novel solo romantis berjudul “Biarkan cinta Datang. Let it go...Let it be... dan 2016 : Novel solo thriller berjudul “Dua Detik” (coming soon)

Juni 2016 terbit buku motivasi berjudul GOING 50. April 2017 terbit dua buku parenting berjudul Lima Tahun Pertama dan Engkau Pasti Bisa. Buku parenting untuk anak ABK. Dua buku antologi berjudul Impian Perempuan dan Kumcer Romantis. Terbit pula satu kumpulan puisi duet berjudul LIRIH. 2018 terbit beberapa buku antologi karya peserta pelatihan regular bersama Deka Amalia, pelatihan menulis edisi terbit: 1. Kisah Inspiratif Perjuangan Wanita yang ditulis oleh 56 Penulis 2. Kisah Inspiratif dan Cerpen Islami Pada Suatu Ramadhan yang ditulis oleh 21 penulis 3. Buku Kumpulan Artikel Wanita Punya Cerita, jilid 1 dan 2. Hasil dari 140 penulis yang mengikuti kelas belajar menulis artikel. 5. Kumpulan Cerpen Romantis, Romansa Cinta, yang ditulis oleh 32 penulis. 6. Kisah Inspiratif, Memoar dan Artikel, Spirit Kartini, yang ditulis oleh 39 Penulis. 7. Kumpulan Cerpen Romantis, Hitam Putih Cinta, yang ditulis oleh 40 Penulis 8. Kisah Perjalanan Inspiratif, Balada Mompreneur, yang ditulis oleh 18 penulis Aktif di komunitas penulis perempuan: Women Script Community sebagai ketua Umum. Mendirikan Writing Training center yang kemudian berubah menjadi Deka Amalia Writing Center. Aktif mengisi pelatihan menulis untuk berbagai kalangan di dalam dan luar negeri. Aktif sebagai mentor menulis secara online dan offline dan telah mengantarkan banyak penulis pemula menghasilkan karya. Telah diikuti ribuan peserta secara online dan offline hingga 2018 ini. Founder dan mentor Writerpreneur Club (penerbit indie) Telah terbit 100 buku di Writerpreneur Club. Beredar online atau di Toko Buku Gramedia. Dan mendirikan Pelatihan menulis untuk terapi diri bersama Nuzulia Rahma, sebuah program yang mengkhususkan menulis sebagai terapi(Writing Therapy) Ghost Writer, telah menulis banyak buku. Freelancer Content Writer, memiliki banyak klien untuk menulis artikel berbayar. Memiliki Program Travel Writing ke dalam dan luar negeri.

Email dewi_suci2001@yahoo.com.

Blog :www.dekamalia.com

Fb :Deka Amalia Ridwan

Ig :deka66

Twitter:@dekamr Telegram:@DAWT_6

Selengkapnya di http://www.dekamalia.com/p/tentang-saya.html?m=1

Sekian resume #JumatKulwapODOP kali ini. Sampai jumpa di Kulwap-kulwap berikutnya. Salam literasi!


Bandung, 21 Agustus 2018

Khairunnisa Mawar Biduri



101 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved