GARATIF 2018

Garatif ini adalah nama family project kami yang sudah saya gantungkan mimpinya pada kelas matrikulasi batch#1. Berawal dari sulung saya yang memilih Homeschoolling, lalu saya melihat tantangan sekitar yang memandang aneh pilihan keluarga kami, maka mimpi garatif diawal adalah mengenalkan bahwa proses pendidikan rumah bukan hal jelek.

Dalam perjalanannya, kami membuka rumah kami untuk siapapun, acara dongeng, berbagi sembako, nobar dan workshop anak menghiasi agenda tahun lalu. Mengajak para keluarga yang mulai sadar bahwa pengasuhan anak bukan hal main-main.


Garatif semakin bervariatif, dari tahun baru hijriah ini kami mencanangkan 2 project besar sebagai landasan kami berkegiatan yaitu SPR (Seri Pendidik Rumahan) dan TRA (Tehnologi Ramah Anak). Kami mengangkat 2 tema besar ini karena melihat tantangan masyarakat sekitar, antara lain :

1. Orangtua yang acuh terhadap proses pengasuhan anak-anaknya, bagi para tetangga kami kalo sudah sekolah berarti urusan pengasuhan sepenuhnya tanggungjawab sekolah.

2. Banyaknya jumlah anak-anak menjelang baligh hanya nongkrong di pos dengan hp ditangan mereka

3. Sepinya musholla walau jaraknya sangat dekat

4. Usaha Game Online yang menjamur dan laris diminati remajanya

5. Masih melihat material sebagai alat mengukur kesuksesan

Selain itu, ketertarikan kami sekeluarga terhadap tehnologi yang tinggi. Saya sendiri senang belajar hal baru tentang komputer dan perangkatnya, suami saya kebetulan berkecimpung di dunia IT, dan sulung saya ketertarikan terhadap komputer sangat tinggi, hingga akhirnya kami berikan tantangan untuk belajar membuat games dari aplikasi kodu dan scratch.


Dari kesempatan, sedikit kemampuan dan adanya keinginan untuk mengubah tantangan yang ada di sekitar kami, maka 2 tema besar ini akan kami breakdown menjadi kegiatan bulanan dan mingguan garatif. WE DREAM IT, WE SHARE IT & WE DO IT

Bismillahirrahmannirrahim.. La haula wala quwwats illa billah.


#garatif2018

#changemakerfamily

#ibuprofesional6th



187 views0 comments

Recent Posts

See All

Tetap Sehat di Hari Lebaran

Tak terasa, sepenggal ramadhan sudah berlalu tanpa dapat kita hadang ya Mom’s. Syawal sudah melambai dengan senyum yang mengembang. Hari lebaran yang dinantikan umat sebentar lagi kembali bertandang d

Bersama Menjawab Tantangan

Era digital ditandai dengan konversi dari sistem kerja serba manual menjadi berteknologi digital. Dalam hal ini tidak hanya elektronisasi, tetapi juga dukungan jaringan komunikasi antar komputer yang