Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

Go Green,Go Healthy and Save The Earth

Go Green, Go Healthy and Save the Earth


Why I choose this


Saya sangat suka berkebun. Apa saja saya tanam;bunga, buah, sayur, cabe, dan segala sesuatu yang di sebut dapur hidup, bahkan toga alias tanaman obat keluarga. Mengapa saya menanam semua itu? Berawal dari kebutuhan saya, saya alergi dan memiliki beberapa penyakit, dan saya juga alergy terhadap beberapa obat kimia. Sehingga kalau saya sakit saya tidak bisa makan sembarang obat. Dan saya memilih menjaga kesehatan dengan mengkomsumsi makanan yang sehat, dan tidak mengandung pestisida kimia. Setelah bertanam saya juga membutuhkan pupuk tanaman yang organik juga, munculah ide membuat pupuk organik sendiri dengan memanfaatkan sisa bahan masakan di dapur. Dan dengan sendirinya saya harus memilah sampah dengan baik dan mengelolanya, sehingga munculah ide go green dengan mengurangi sampah plastik dan sampah organik yang ada di kembalikan ke bumi....sehingga bumi menjadi baik.


When to Start and why?

Hal ini sudah lama saya lakukan tetapi Saya memilih untuk launching di bulan February tanggal 7 2018 ini karena sudah 42 tahun saya menikmati hasil dari Bumi ini....apa yang sudah saya lakukan untuk membaikkan bumi sebagai bentuk rasa syukur saya kepada yang menciptakan Bumi ini? Masihkah ada waktu saya untuk melakukan hal kecil? Dan sekarang saatnya saya menularkan apa yang saya lakukan ini kepada orang2 di sekitar saya secara konsisten. Mengajak mereka untuk melakukan perubahan


How to do this?

Saya akan mengajak ibu-ibu yang dekat dengan saya untuk mulai menanam makanan sendiri secara organik, membuat pupuk organik sendiri dengan membuat biodigester,membuat lubang biopori, memilah sampah dan mengelolanya dengan bijak. Saya akan adakan kelas2 dan pelatihan untuk membuat kompos, pembuatan dan pemanfaatan biopori, pembuatan mol dari air cucian beras. Mengurangi pemakaian pupuk kimia untuk membaikan bumi yang sudah tercemar. Saat inu saya juga sedang bekerja sama dengan pemilik lahan untuk membuat kebun organik skala besar dan beterak kambing untuk membantu pangadaan pupuk organik. Dan nantinya saya bermimpi kami akan punya peternakan sapi yang mampu menghasilkan biogas untuk memasak.


Who will get involve?

Semua anggota keluarga terlibat, karena mereka selalu ada saat saya membutuhkan bantuan entah menyiapkan tempat, membantu beberes kebun, menyiram tanaman, mengaduk tanah dan banyak lagi. Ibu-ibu di sekitar komplek dan teman-teman dekat dengan hobby yang sama.


Where will I do these ?

Di rumah saya, ada fasilitas gazebo sebagai lab mini saya tempat meramu tanah dengan pupuk organik, tempat pembuatan mol dan menyemai benih, dan sebentar lagi merangkap jadi kelas.


What are the acitivities?

1. Menyemai benih

2. Membagikan bibit

3. Belajar membuat mol dari air beras

4. Belajar membuat pesnab

5. Belajar mengenal manfaat tanaman tertentu

6. Membuat tas belanja untuk mengurangi pemakaian kantong plastik dan dibagikan kepda teman2 yang ikut belajar.

Saya berharap akan banyak ibu2 yang terinspirasi dan mengikuti program ini. Saat ini sejak desember di komplek kami sedang di adakan lomba pengelolaan lingkungan yang programnya sejalan dengan ini.


#ChangeMakerFamily

#IbuProfesonal6th


52 views