Makin Terlibat, Makin Berdampak


[Sabtu, 23 November 2019]


Sharing is caring adalah salah satu karakter Ibu Profesional. Kali ini, Ibu Profesional, diwakili oleh Sekretaris Jenderal, Bunda Utami Sadikin berkesempatan membumikan karakter tersebut pada acara Meet Up Community Leadership Circles di Ruang Komunal Indonesia. Tak kurang limapuluh orang dari berbagai komunitas terdaftar sebagai peserta pada acara meet up kali ini.


Meet Up kesembilan ini mengangkat tema Community Engagement. Sebagaimana yang disampaikan oleh Mas Rauf saat membuka acara, saat pertama kali menginisiasi suatu komunitas, seringkali para founder tidak mengira bahwa komunitasnya akan diikuti oleh banyak orang. Setelah orang-orang tersebut berkumpul, barulah bingung kemudian, "Mau diapain orang sebanyak ini?"


Hadir juga bersama Bunda Utami Sadikin, Mbak Lasya, founder The Hatch, komunitas beranggotakan anak-anak muda. The Hatch banyak bekerjasama dengan pihak akademisi untuk menjembatani gap yang lebar antara apa yang diterima di kampus dengan kebutuhan dunia industri sebagai pengguna tenaga kerja. Selain itu, juga hadir Pak Annas dari Ketogenic. Beliau berbagi mengenai praktik baik yang telah dilakukan selama mengelola komunitas Ketogenic.


Memberi kebebasan kepada para anggota untuk berbagi sesuai kemampuan merupakan salah satu cara membangun keterlibatan dalam komunitas. Ada lima komponen dalam Ibu Profesional yang dapat dijadikan tempat belajar para ibu maupun calon ibu untuk bersungguh-sungguh menjalankan perannya. Selain itu, setiap anggota yang baru bergabung juga dikenalkan pada value Ibu Profesional yang selalu dipegang dalam setiap aktivitas. Dengan demikian, setiap anggota sudah dapat memahami perannya hingga kemudian dapat berbagai dan melayani sesuai peran yang dipilih masing-masing.


Membangun keterlibatan memang membutuhkan proses panjang. Namun, sebagaimana kata pepatah, burung yang berbulu sama akan terbang bersama. Mari bergerak bersama, menyebarkan benih kebaikan.


Salam Ibu Profesional

588 views0 comments

Recent Posts

See All

Tetap Sehat di Hari Lebaran

Tak terasa, sepenggal ramadhan sudah berlalu tanpa dapat kita hadang ya Mom’s. Syawal sudah melambai dengan senyum yang mengembang. Hari lebaran yang dinantikan umat sebentar lagi kembali bertandang d

Bersama Menjawab Tantangan

Era digital ditandai dengan konversi dari sistem kerja serba manual menjadi berteknologi digital. Dalam hal ini tidak hanya elektronisasi, tetapi juga dukungan jaringan komunikasi antar komputer yang