Mengenal Lebih Dalam Bahasa Cinta Pasangan


Oleh : Widi Utami


Mengatakan cinta, rindu, terimakasih tidak harus dengan kata-kata. Sebagaimana personality yang berbeda-beda, bahasa ekspresi untuk mengungkapkan rasa juga berbeda pada setiap orang. Bunda musti mengenali bahasa ekspresi pasangan agar tidak merasa cinta Bunda bertepuk sebelah tangan. Bagaimana jika bahasa ekspresi pasangan sulit dikenali? Disinilah pentingnya membuat kesepakatan bahasa cinta dengan pasangan. Bunda/ Ayah yang bahasa cintanya jenis words of afirmation adalah jenis orang yang paling gampang dikenali bahasa cintanya. Lalu, bagaimana dengan yang bahasa cintanya quality time, receiving gift, act of service atau physical touch? Agak susah tetapi bukan berarti tidak mungkin, kan? Ada baiknya Ayah dan Bunda ngobrol tentang kesepakatan bahasa, menjembatani bahasa ekspresi untuk mengungkapkan isi hati yang berbeda.


Tidak perlu malu untuk mengungkapkan atau bertanya terlebuh dahulu tentang bahasa ekspresi seperti apa yang ingin kita beri atau kita dapatkan dari pasangan.


"Ayah, Bunda itu enggak butuh kata-kata, Bunda itu butuh pelukan setiap ada kesempatan, biar Bunda kuat menghadapi anak yang aktif luar biasa."

Lho, masa harus diungkapkan gamblang begini sih? Harusnya kan suami ngerti, tanpa perlu dikasih tahu.

Dear, Bunda, bagaimanapun suami bukan malaikat yang tahu apa yang ada di hati Bunda.



Peluk Erat dan Tepuk Lembut Punggungnya, Kuat, ya!

Peluk erat dan tepuk lembut punggung pasangan. Pelukan erat dan tepukan lembut akan membuat pasangan merasa dihargai dan dikuatkan. Merasa ada yang mengerti bahwa ada banyak hal di luar sana yang harus dihadapi.

Pelukan erat dan tepukan lembut ini cocok untuk pasangan yang bahasa cintanya jenis physical touch, sentuhan fisik. Bagi mereka yang bahasa cintanya dominan physical touch, sepuluh pelukan dengan penuh perasaan jauh lebih berharga dari seribu kumpulan puisi cinta.


Belajar Masak Makanan/ Minuman Favoritnya

Enggak bisa masak enggak apa-apa kok, Bunda. Apalagi jika Ayah tipikal suami yang lebih menyukai istrinya produktif mengerjakan hal yang disukai daripada memaksa untuk masak. Tetapi belajar masak makanan/ minuman favorit Ayah bisa membuat cinta semakin berkobar jika Ayah adalah tipe pasangan yang bahasa cintanya act of service, pelayanan.

Ayah akan merasa Bunda totalitas untuk menyesuaikan bahasa cintanya dan merasa sangat dihargai.


Kirim Puisi Sederhana, Bunga Cinta akan Bermekaran Sepanjang Hayat

Jika Ayah mempunyai bahasa cinta jenis words of afirmation, dimana Ayah sangat menyukai segala macam bentuk ungkapan rasa dengan kata-kata, ada baiknya Bunda belajar untuk membuat puisi meski Bunda enggak yakin puisinya bagus.

Sesekali saja, mungkin di hari spesial Ayah dan Bunda. Bisa juga saat Ayah dan Bunda sedang berjarak karena masalah, puisi bagi tipikal orang dengan bahasa cinta words of affection akan membantu mencairkan suasana dan memperbaiki hubungan antara Ayah dan Bunda.


Sesekali Relakan Uang Tabungan untuk Beli Perlengkapan Hobi

Mereka yang mempunyai tipe bahasa cinta receiving gift sangat menyukai segala macam bentuk hadiah. Sekecil apapun hadiah itu, akan sangat berharga. Bagi Bunda yang suaminya tipe receiving gift, sesekali relakan uang tabungan untuk beli perlengkapan hobi sebagai hadiah untuk Ayah.

Mengalahlah sesekali untuk beli benda yang membuat Bunda gondok, benda yang menurut Bunda tidak bermanfaat, benda yang sering membuat Bunda uring-uringan karena Ayah terlalu mementingkan hobi.

Hadiah jenis ini akan membuat Ayah merasa dihargai, merasa hobinya bisa dimengerti. Dalam tingkat lanjut, ia akan berjanji untuk menikmati hobinya tanpa mengurangi waktu dan perannya sebagai suami dan kepala keluarga. Dan... membuat rasa sayangnya ke Bunda semakin melambung tinggi.


Delegasikan Pekerjaan Bunda dan Nikmati Waktu Bersama Ayah

Beberapa orang merasa waktu yang ia nikmati bersama pasangan mengalahkan segala-galanya. Enggak perlu hadiah, enggak perlu hotel bintang lima, enggak perlu makanan mewah, selama menikmati waktu dengan yang dicinta, dunia terasa sangat indah.

Pasangan yang bahasa cintanya tipe quality time kadang tidak bisa menalar pengorbanan seorang istri yang sudah susah payah masak hanya karena tidak ditemani makan malam. Jika suami Bunda tipikal seperti ini, sesekali delegasikan pekerjaan Bunda atau biarkan rumah berantakan dan nikmati waktu bersama Ayah tanpa terdistraksi apapun.

Mungkinkah pasangan punya bahasa cinta gabungan? Sangat mungkin. Bisa juga kita menggunakan kelima bahasa cinta diatas karena kebetulan bahasa cinta dengan pasangan berbeda dan saling melengkapi. Yang penting sekarang adalah saling mengenali bahasa cinta, saling mengenali bahasa ekspresi pasangan untuk mengungkapkan rasa. Jika belum ketemu, yuk, luangkan waktu untuk membicarakan bahasa cinta dengan mendalam.



Selamat saling mengenal kembali, Ayah dan Bunda. Semoga rumah tangga Ayah dan Bunda semakin sakinnah, mawaddah dan penuh cinta.
0 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved