Menjadi Perempuan Berdaya


Oleh : Alienda Sophia


Hai Bunda Pembelajar!

Bulan maret bertabur hari peringatan keren, salah satunya Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8. Berbicara tentang perempuan, perannya dalam keluarga dan lingkungan selalu terasa berarti.

Awal pekan lalu kita telah berangkat membahas perempuan dari kutipan puisi Bunda Septi yang sangat menyentuh. Puisi ini ditulis Bunda saat Mba Enes -putri sulung Bunda Septi- melangsungkan pernikahan.

Perempuan yang mulia, diempukan, dihormati, dan ditinggikan. Tapi tidak sedikit dalam keseharian, ditemukan perempuan yang dilanda kebimbangan dan tantangan. Banyak juga para perempuan yang belum menyadari betapa besar potensi yang dimilikinya. Bergandengan, mari kita bersama menjadi berdaya dengan keunikan masing-masing.


Perempuan Berdaya

Istilah pemberdayaan perempuan saat ini begitu akrab ditelinga kita. Berdaya berdasarkan KBBI memiliki arti berkekuatan, berkemampuan, bertenaga, mempunyai akal (cara dan sebagainya) untuk mengatasi sesuatu dan sebagainya. Menjadi berdaya adalah sebuah pilihan.


Memilih Menjadi Perempuan Berdaya

Pilihan untuk berdaya adalah pilihan yang dibuat dari dalam diri untuk menjadi kuat dan menyadari potensi diri. Perempuan yang berdaya mampu menyelesaikan masalah dan tidak mengeluhkan tantangan yang ada. Perempuan berdaya mampu menciptakan solusi terbaik dan bersemangat menjalaninya.

Berdaya tidak melulu tentang perempuan bekerja di ranah publik. Perempuan berdaya bisa dengan banyak hal, salah satunya perempuan yang semangat belajar dan tidak ragu memperbaiki diri. Hal ini tentu bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun kita berniat untuk melakukannya.


Berdaya Bersama

If you want to go fast go alone, if you want to go far go together - African proverb

Saat kita melakukan sesuatu bersama, dampak akan terasa lebih besar. Selain itu, dengan bersama kita mampu berdaya dengan lebih lama. Hal ini dikarenakan adanya sahabat perjalanan yang senantiasa menghangatkan dikala kita kehilangan arah. Juga kala kita mulai melenceng dari tujuan, ada mereka yang mengingatkan ke jalan yang benar.

Berdaya bersama dapat dilakukan dengan menemukan mereka yang satu tujuan. Di Ibu Profesional, kita juga dapat menemukan tujuan yang sama dan saling menguatkan.

Berani mengambil tantangan untuk berbahagia dan berdaya?


Yuk tuliskan di komentar, perempuan berdaya adalah perempuan yang... (isi tulisan ini dan jadikan semangat Bunda hari ini)


198 views0 comments

Recent Posts

See All

Tetap Sehat di Hari Lebaran

Tak terasa, sepenggal ramadhan sudah berlalu tanpa dapat kita hadang ya Mom’s. Syawal sudah melambai dengan senyum yang mengembang. Hari lebaran yang dinantikan umat sebentar lagi kembali bertandang d

Bersama Menjawab Tantangan

Era digital ditandai dengan konversi dari sistem kerja serba manual menjadi berteknologi digital. Dalam hal ini tidak hanya elektronisasi, tetapi juga dukungan jaringan komunikasi antar komputer yang