Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

New Year, New Me

Updated: Jan 25, 2018


Saya peluk erat mimpi-mimpi. Meski usia hampir memasuki kepala empat, saya tetap semangat untuk terus belajar banyak hal. Terus semangat menemukan jati diri diantara peran saya sebagai istri dan sebagai seorang ibu bagi anak-anak saya yang masih kecil.


Perlahan namun pasti, selangkah demi selangkah saya tapaki jalan yang saya buat sendiri. Mungkin saat ini banyak yang belum mengerti dengan apa yang saya impikan. Sesuatu yang berbeda dan mungkin terkesan terlalu berlebihan. Namun bagi saya, ada sinar harapan terang. Jika perubahan itu terjadi, bukan hanya saya yang merasakan. Keluarga saya, orang-orang di sekitar saya dan atas izin Allah, mungkin akan merubah nasib orang-orang yang ingin melakukam perubahan seperti saya.


Sebagai bentuk rasa syukur akan waktu yang telah Allah berikan, saya harus selalu berubah. Berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Bukan untuk sempurna, namun untuk mengoptimalkan potensi yang telah Allah berikan untuk saya.


Saya tidak akan melakukan hal sama seperti tahun lalu, untuk menjadi lebih baik. Membuat rencana baru, kegiatan baru, penampilan baru, pola berfikir yang baru, ilmu yang terus ditambah, semangat baru dan segala hal positif lainnya. Semua akan berubah, namun ke arah yang lebih baik. Saya yakin, hasilnya akan berbeda dan jauh lebih baik.

Tahun ini akan menjadi berbeda dari tahun sebelumnya. "New year, new me". Setelah semua rencana saya tuliskan, sebagai langkah kongkrit rencana perubahan saya, kini saatnya saya harus memulai. Dimulai dari mana perubahannya? Dimulai dari diri saya sendiri. For things to change, I must change first. Karena jika ingin merubah sesuatu, saya harus berubah terlebih dahulu.


Tentu banyak hal dalam diri saya yang harus terus dibenahi. Dan kini saat yang tepat untuk memulainya. Dua tahun lalu, saya mampu merubah diri saya untuk komitmen dengan keputusan yang telah dibuat. Yaitu berhenti bekerja dan fokus menjadi ibu rumah tangga. Namun dengan berjalannya waktu, ternyata saya mulai merasakan bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak mudah. Setidaknya dibandingkan dengan waktu saya bekerja dahulu.


Saat ini, saya ingin mempraktekkan ilmu yang pernah saya peroleh dari berbagai sumber secara intens. Untuk meningkatkan kualitas diri saya sebagai perempuan, istri dan ibu dari anak-anak.


Pertama dengan merubah mind set. Bahwa tugas seorang ibu adalah sangat penting. Kehadiran saya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Saya harus ikhlas dan fokus menjaga amanah yang telah diberikan untuk saya. Namun saya juga perempuan, yang ingin punya peran yang bermanfaat dalam masyarakat. Saya percaya, jika saya mampu menyelesaikan tantangan dalam diri saya, semua peran bisa saya jalankan beriringan. Tidak ada yang perlu dikorbankan.


Mengapa saya ingin menjadi changemaker? Bukan untuk saya, namun untuk contoh anak-anak. Merekalah yang harus menjadi penggerak perubahan pada jamannya.


Menjadi changemaker family akan saya mulai dari "tantangan" yang saya alami sendiri. Dan saya yakin bahwa yang memiliki tantangan, bukan saya saja. Sehingga andaikata saya mampu menyelesaikan tantangan diri saya, insyaa Allah saya bisa membantu banyak orang menyelesaikan tantangan hidupnya.


Dimulai dari melihat kesehariam di rumah. Saya akan melihat segala sesuatu dari sisi positif. Sehingga semakin menumbuhkan rasa syukur dalam diri saya. Dan itu menjadi sumber energi positif untuk saya terus memperbaiki kualitas diri.


Salah satu contohnya, belajar berfikir positif. Seperti hal-hal sederhana pada kutipan pada gambar di atas, sumber dari https://www.instagram.com/p/BdZEZp-lax7/ . Jika konsisten diterapkan untuk berfikir positif, hasilnya akan berdampak positif pada jiwa saya.


Saya harus bisa menjadi teladan bagi anak-anak saya. Mereka tidak butuh ibu yang sempurna. Meraka butuh ibu yang berbahagia. Yang punya jiwa tenang, selalu tersenyum, penuh kelembutan, tegas, penuh kasih sayang, punya waktu berkualitas menemani mereka belajar dan bermain bersama, selalu bersemangat, disiplin, tidak suka mengeluh dan sifat positif lainya.


Tidak mudah, namun bisa jika punya kemauan berubah yang kuat. Semoga diberi kemudahan oleh Allah. Aamiin.


Berikutnya, saya ingin membuat perubahan positif dengan penampilan saya. Seperti apakah perubahan penampilan yang akan saya lakukan?

Saya akan share di postingan selanjutnya 🙏😊


#changmakerfamily

#ibuprofesional6th

59 views