Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved

RuhKesuma Part 2

Project RuhKesuma (Rumah Hijau Keluarga Kusuma) Part 2


Sebenarnya hari ini kami sekeluarga sedang galau, menanti kabar dari adik yang sedang dalam proses melahirkan. Semoga dilancarkan dan dimudahkan, sehat ibu dan bayinya. Aamiin..


Lanjut pembahasan mengenai Project RuhKesuma ini. Jangan membayang kan kalau lahan yang dipergunakan seluas kebun sawit ya, hehe. Kami hanya memiliki pekarangan rumah dengan kondisi tanah rawa. Jadi tidak mungkin menanam langsung bibit di tanah pekarangan kami.


Kami membuat media tanam dari kotoran hewan (kohe) yang kami beli dari pembudidaya ayam petelur, sekam padi, dan serbuk gergajian. Dari ketiga bahan tersebut dibuat media tanam yang kemudian diwadahi polybag sesuai ukuran yang dikehendaki. Pada awalnya project kami terdiri dari;

1. Tukar menukar bibit dan benih tanaman buah dengan tetangga atau teman

2. Budidaya tanaman sayur dan buah

3. Membagikan bibit tanaman


Dan sekarang bertambah, yaitu memberikan inspirasi sekaligus mengajak siapapun untuk bercocok tanam. Kami sharing cerita inipun termasuk mengajak khalayak agar mau menanam.


Beberapa teman mengatakan, dengan berkunjung ke rumah kami, mendengar cerita kami mengenai bertanam membuat merekapun ingin ikut memulainya. "Setelah melihat tanaman pappo, jadi pengen ikutan nanam", kata salah satu teman pappo.


Semua orang bisa bercocok tanam, belajarnya sepanjang hayat, yang penting ada niat dan action. Semangat berkebun. Salam Ruhkesuma

7 views