Yoga, Olahraga dengan Beragam Manfaat



Yoga bagi saya adalah sebuah perjalanan dan proses. Perjalanan menuju hal baik dan proses menjadi lebih baik - Ratih Kusuma.

Pada bulan November 2020, IP Soloraya mengadakan kegiatan dengan nama Yoga bareng IP Soloraya. Kegiatan ini dibuka untuk member Ibu Profesional (IP) seluruh regional dan free. Serangkaian kegiatan ini diawali dengan Kulwap Yoga (dilaksanakan tanggal 14 November 2020) dan Yoga bareng secara live Zoom (dilaksanakan tanggal 21 November 2020).


Ada sekitar 180 orang peserta terdaftar di kegiatan ini. Trainer yoga kali ini adalah salah satu member kampung komunitas IP Soloraya sekaligus Certifed Yoga Trainer yaitu bunda Ratih Kusuma. Beliau ingin berbagi dengan mengajak member IP untuk ber-Yoga bareng.


Peserta yang akan mengikuti kelas Yoga ini diwajibkan untuk mengikuti kulwapnya terlebih dahulu agar lebih paham dan tahu cara melakukan Yoga yang baik dan benar, terlebih untuk pemula. Yoga, ketika dilakukan dengan cara yang benar, manfaat yang didapat akan lebih banyak, tidak hanya sekedar berkeringat tetapi juga mendapat unsur terapi.


Lalu, apa bedanya Yoga dengan olahraga lain? Olahraga lain biasanya hanya fokus pada olah fisik tanpa diselaraskan dengan nafas. Di dalam Yoga, setiap gerakan fisik selalu diselaraskan dengan nafas. Ada beberapa manfaat Yoga secara umum yaitu memperbaiki postur tubuh, memberikan ketenangan pikiran, mengurangi stress,, dan masih banyak lainnya. Banyak orang takut berlatih Yoga sendiri di rumah tanpa pendampingan trainer Yoga karena tidak paham gerakan yang benar. Di sini akan di sharing bagaimana dapat melakukan basic pose yang benar, walaupun di rumah dan tanpa trainer Yoga.



Dalam Yoga, ada beberapa aliran yang bisa disesuaikan dengan tujuan masing-masing. Misalnya, ada yang ingin langsing (Bikram Yoga atau Ashtanga Yoga), ada yang suka challenge for fun (Acro Yoga atau Swing Yoga) dan ada yang ingin terapi untuk masalah di tubuhnya (Iyengar Yoga atau Yin Yoga). Yoga yang dipelajari di kegiatan ini adalah Hatha Yoga, salah satu cabang dari 7 Tangga Yoga yang menjadi dasar dari aliran Yoga yang saat ini ada.


Semua gerakan selalu diikuti olah napas, bisa hanya menggunakan satu napas atau beberapa kali napas dalam melakukan gerakan Yoga. Ada beberapa istilah yang biasa muncul di dalam kelas Yoga, seperti Asana (gerakan / pose Yoga), Pranayama (olah napas), Alignment (postur dan gerakan Yoga yang benar dan sesuai), Breath (bernapas), Inhale / Exhale (tari napas, buang napas) dan Anggota Tubuh (tangan, lengan, punggung, perut, dada, bokong, kaki, lutut, paha, dsb).


Sebelum berYoga ada alur yang wajib dilakukan yaitu meditasi awal (olah napas), warming up (pemanasan), Asana inti, Colling down dan Savasana. Di dalam Yoga selalu diakhiri dengan sesi Savasana, asana restorative yang fungsinya mengembalikan energi kembali pada kondisi normal setelah beryoga. Ada 9 Asana dasar yang diajarkan di kulwap Yoga dalam kegiatan ini yaitu Urdva Namaskar, Uttanasana, Ardha Uttasana, Ashwa Sancalasana, Phalakasana, Asthanga Namaskar, Bhujangasana atau cobra pose, Adho Mukha Svanasana dan Virabhadrasana 1.


Bunda Ratih kusuma menjelaskan dengan sangat detail setiap gerakannya berikut kesalahan yang sering dilakukan. Ada beberapa pertanyaan dari peserta yang kami rangkum, di antaranya mengenai apakah Yoga bisa dilakukan oleh orang dengan kondisi jantung yang telah mengalami operasi, jawabannya bisa tapi dengan gerakan modifikasi yang aman untuk jantung, wajib dengan pendampingan trainer Yoga jika mempunyai indikasi penyakit tertentu.



Dalam sesi Yoga bareng secara Live Zoom, acara dimulai dengan opening dari panitia sekaligus soft launching batik IP soloraya. Batik ini merupakan karya IP Soloraya yang mempunyai design dengan filosofi penuh arti. Antusias peserta dalam mengikuti Yoga bareng sangat tinggi. Bunda Ratih Kusuma memimpin setiap gerakan Yoga dan diikuti oleh semua peserta zoom dengan semangat. Ketika setiap gerakan dilakukan dengan benar, Yoga dapat membakar kalori lebih tinggi daripada olahraga lain seperti aerobic. Keseluruhan acara live zoom Yoga selesai dalam waktu kurang lebih 1.5 jam dengan diakhiri tanya jawab. Di akhir kegiatan, panitia mengumumkan adanya Give Away yang berupa 1 matras yoga dan 1 pc kain batik IP Soloraya untuk peserta dengan syarat memberikan testimoni dalam kegiatan ini. Siapa yang paling cepat dan caption terbaik yang akan menjadi pemenangnya.

Salam Yoga.


Testimoni Peserta

tT



---


Penulis : Endah Dewi Damayanti (Manager aktivitas IP Soloraya)


Disusun dan diterbitkan oleh Tim Medkom Seknas Ibu Profesional



30 views0 comments

Recent Posts

See All
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved