4 Tips Mudah Membuat Resolusi Tahun Baru




Bangun di pagi hari di tanggal 1 Januari tahun 2020, apakah Bunda merasakan hal yang sama dengan hari sebelumnya? Datar, begitu-begitu saja menghadapi rutinitas harian. Ups...Bunda tidak sendirian. Banyak bunda-bunda lainnya yang merasakan hal ini apabila di tahun baru tidak mempunyai resolusi baru. Atau masih terbawa hawa penyesalan resolusi tahun sebelumnya gagal dan banyak tidak tercapai.


Menurut sebuah analisa, resolusi yang gagal diwujudkan disebabkan karena harapan yang salah sasaran dan terlalu berlebihan. Sebelum menciptakan resolusi, Bunda dianjurkan menerapkan beberapa tips agar harapan yang dituliskan tidak meleset. Coba bunda baca ini ya :


1. Self Awareness

Kesadaran diri (self awareness) dalam definisi yang lebih luas adalah kemampuan seorang manusia untuk mampu mengenal dirinya sendiri dari segala kemampuan dan kekurangannya secara menyeluruh. Bila Bunda mampu mengenal dan sadar dengan diri ini akan selalu mendasari resolusi berdasarkan batas kemampuan yang umumnya bisa dipenuhi dan hal-hal yang tidak bisa dipenuhi. Bunda tidak bisa memaksakan dirinya untuk membuat resolusi yang tidak sesuai dengan kemampuan dirinya.


Singkatnya, apabila Bunda membuat resolusi tahun baru berdasarkan self awareness, berarti Bunda telah sadar diri dan akan membuat poin-poin resolusi yang mencerminkan kemampuan Bunda. Bunda tidak akan memaksakan diri untuk menuliskan poin resolusi yang tidak sesuai dengan kemampuan. Maka resolusi Bunda berpeluang untuk bisa diwujudkan selama satu tahun tersebut.


2. Self Recognition

Self recognition adalah kemampuan seseorang untuk menghargai dan mensyukuri apa yang ada pada diri kita dan apa yang kita miliki.


Kemampuan ini membuat Bunda akan mampu menempatkan diri pada resolusi yang dibuatnya dan juga lebih mudah diwujudkan. Namun sebaliknya jika BUnda tidak bisa menerapkan self recognition, umumnya BUnda akan gagal dalam memperjuangkan segala resolusi yang telah dibuat.


3. Self Motivations

Self Motivations adalah kemampuan seseorang untuk menyemangati diri sendiri, tidak menunggu disemangati oleh orang lain. Yakin bahwa Yang Kuasa adalah sumber pertama yang bisa menyemangati kita, lewat ayat-ayat suci Al-Quran.


Menurut beberapa pakar menyatakan bahwa Self Motivations tidak hanya #motivasi diri, bahkan Bunda mampu memotivasi keluarga, rekan atau sahabat di sekitar Bunda. Dengan sebuah self motivations yang kuat maka hal ini akan sangat otomatis membuat Bunda untuk terus maju.


Menurut sebuah studi, motivasi ini memang sebuah faktor yang penting bagi terwujudnya resolusi tahun baru sebab dalam motivasi tersebut mengandung faktor pengali sebuah kesuksesan. Sehingga kerja keras yang kita lakukan akan selalu mendapatkan bernilai dua hingga tiga kali lipat jika Bunda mampu menambahkannya dengan motivasi yang kuat.


4. Self Regulations

Self Regulations atau Self Control merupakan kemampuan mengendalikan diri. Pengendalian disini termasuk mengelola amarah atau emosi pada berbagai kondisi. Memang tidak mudah untuk bisa menjalankan kontrol diri (self regulations) ini. Apalagi bagi Bunda yang memiliki ambisi dan emosi besar cenderung ke perfeksionis, maka membuat resolusi yang tepat akan sulit untuk dilakukan. Biasanya bagi Bunda yang memiliki emosi yang besar akan cenderung menuliskan resolusi yang tinggi dan berlebihan.

Saat membuat resolusi, umumnya Bunda yang tidak bisa mengendalikan dirinya ini akan mengebiri fungsi logika berpikir jernih. Oleh karena itu jika muncul resolusi yang berlebihan tersebut, bunda jarang ada yang bisa merealiasasikan seluruh resolusi yang dibuat.


Tentunya 4 Tips diatas sangat bisa diterapkan ketika mengerjakan tantangan di kelas Ibu Profesional. Misal tahun ini resolusi mendaftar masuk kelas Bunda Cekatan, maka bunda sudah termasuk membuat resolusi tahun 2020. Semoga semakin sukses Bunda :) (mbakrizq)

584 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved