top of page

5 Ide Berbagi Anti Mainstream Ala Sejuta Cinta Ibu Profesional

Bulan Ramadan adalah bulan berlimpah keberkahan, juga merupakan bulan yang identik dengan berbagi kebahagiaan. Ingin berbagi dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya? Yuk, simak beberapa ide berbagi dari Sejuta Cinta Ibu Profesional berikut ini!


1. Warung Berbagi Berkah - Sejuta Cinta IP Cirebon Raya

Warung Berbagi Berkah - Sejuta Cinta IP Cirebon Raya
Sumber: https://www.instagram.com/p/CpjGHevBLZ2/

Warung Berbagi Berkah (WBB) mengusung konsep makan secukupnya dan bayar seikhlasnya. Hasil penjualannya kemudian didonasikan pada mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini diadakan oleh Sejuta Cinta IP Cirebon pada 12 Maret 2023 lalu. Ide berbagi seperti ini tentu dapat mewadahi partisipasi orang lebih banyak, ada yang bisa memberikan bantuan bahan makanan, menyumbangkan tenaga untuk memasak, dan pembeli makanan juga bisa membayar lebih banyak jika ingin berdonasi lebih besar. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Warung Berbagi Berkah - Sejuta Cinta IP Cirebon Raya
Sumber: https://www.instagram.com/p/Cpq9wNOBk3D/

2. Memborong dagangan kaki lima & membagikannya kepada warga sekitar - Sejuta Cinta IP Bandung

Memborong dagangan kaki lima & membagikannya kepada warga sekitar - Sejuta Cinta IP Bandung
Sumber: https://www.instagram.com/p/CkxX6PLrRcI/

Berbagi sambil mendukung perekonomian lokal? Tentu saja bisa, salah satunya dengan kegiatan berbagi yang dilaksanakan oleh Sejuta Cinta IP Bandung pada November 2022 ini. Hasrat jajan bisa tersalurkan tapi kegiatan berbagi tetap terus jalan.


3. Sedekah Pohon - Sejuta Cinta IP Banten dan IP Tasikmalaya

“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu memakannya baik manusia atau keledai atau burung kecuali akan menjadi sedekah baginya hingga hari kiamat.” (HR. Muslim)

Sedekah Pohon - Sejuta Cinta IP Banten
Sumber: https://www.inhttps://www.instagram.com/p/CkxX6PLrRcI/stagram.com/p/CZNtDJ5hwio/

Sedekah Pohon - Sejuta Cinta IP Tasikmalaya
Sumber: https://www.instagram.com/p/CiMTb1dLCq1/

Selain bisa membagikan manfaat kelak kepada sesama manusia, sedekah tanaman sejatinya juga memberikan kebaikan bagi bumi. Oleh karenanya, tak heran kegiatan sedekah tanaman ini dilakukan oleh teman-teman dari Sejuta Cinta IP Banten pada Januari 2022 dan IP Tasikmalaya pada Juli 2022 lalu. Siapa yang ingin ikut berbagi kesegaran serupa?


4. Sedekah Centel - Sejuta Cinta IP Sidoarjo - Mojokerto

Sedekah Centel - Sejuta Cinta IP Sidomojo
Sumber: https://www.instagram.com/p/CTyzg61pKsF/?img_index=1

Ingin berbagi namun sumber daya untuk membagikan langsung ke penerimanya terbatas? Sedekah centel bisa dicoba. Kegiatan ini dilakukan dengan mencentelkan/menggantung barang yang ingin dibagikan atau dapat juga ditaruh di rak/meja. Teman-teman dari Sejuta Cinta IP Sidoarjo - Mojokerto sudah pernah melaksanakan sedekah centel ini, dari mulai membagikan sayur mayur, tahu, tempe, telur hingga mi pada September 2021 lalu. Menarik bukan?

5. Bumi Sauyunan - Sejuta Cinta Ibu Profesional

Bumi Sauyunan Pelatihan Menjahit
Sumber: https://www.instagram.com/p/CnnlCMeB0XQ/

Bumi Sauyunan Pelatihan Membuat Sirup dan Selai
Sumber: https://www.instagram.com/p/CpBz7Bkh3_7/

Berbagi tidak selalu harus dalam bentuk barang. Untuk pendampingan jangka panjang korban bencana alam misalnya, diperlukan pula pemulihan dari sisi sosial psikologis. Bumi Sauyunan adalah proyek mandiri dan produktif berkarya yang ditujukan bagi perempuan penyintas gempa Cianjur. Pada proyek ini, teman-teman dari Sejuta Cinta Ibu Profesional mengadakan pelatihan menjahit hingga membuat sirup dan selai dari hasil alam yang tumbuh di daerah hunian sementara (Huntara) Gasol. Tak hanya itu, proyek yang berlangsung dari Januari - Juni 2023 ini juga memberikan bantuan modal usaha agar perempuan disana tetap berdaya, berkarya dan produktif meski dalam keterbatasan.


Rezeki itu pasti, kemuliaan yang harus dicari. Yuk, berbagi bersama Sejuta Cinta Ibu Profesional! (Affina/Intrnshp)


28 views0 comments

Comments


bottom of page