top of page

Bioporiku Berbagiku

Bioporiku Berbagiku

Semangat untuk belajar & menjadi agen perubahan masih menggelora dalam hati kami di IP Prabumulih. Menjadi agen perubahan dimulai dari diri kita masing-masing kemudian dalam keluarga kemudian lingkungan sekitar.

Bulan Februari ini dalam agenda playdate , kami pun memasukkan semangat agen perubahan kepada anak-anak. Kami mengundang mba Desty, narsum keren dari Bank Sampah Prabumulih yang telah menginspirasi banyak orang khususnya di Prabumulih tentang kepedulian terhadap lingkungan. Bagaimana dampak buang sampah sembarangan, cara pengolahan sampah , dst. Sehingga di Prabumulih ini 27 cabang bank sampah.

Playdate kali ini , anak-anak belajar tentang lubang biopori. Apa itu lubang biopori, apa manfaatnya, bagaimana cara membuatnya , dsb. Diawali dengan sesi ice breaking & pemaparan dari mba Desty tentang pentingnya lubang biopori ini kemudian kami praktek bersama membuat lubang biopori & memasukkan sampah organik di dalamnya.

Anak-anak sangat tertanam bahwa lubang biopori itu digunakan untuk membuang sampah-sampah sisa makanan atau daun, dan itu menjadi hadiah bagi para cacing-cacing yang ada di dalam tanah. Cacing-cacing akan sangat senang banyak makanan untuknya. Cacing-cacing akan mendatangi lubang - lubang biopori yang telah diisi sampah sisa makanan tersebut sehingga tanah-tanah yang dilewati cacing-cacing tersebut menjadi lebih subur. Banyak sekali manfaat lubang biopori ini , yaitu berbagi dengan para cacing , sampah rumah tangga sangat teratasi, tanah subur & lingkungan lestari.

Dengan biopori ini anak-anak & orang tuanya bergerak menjadi agen perubahan untuk semakin peduli terhadap lingkungan. Di akhir sesi kami bersama mengucapkan salam agen perubahan “Aku Agen Perubahan”, aamiin




36 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page