top of page

CHANGEMAKER FAMILY

Updated: May 21, 2019

Enam tahun sudah Komunitas Ibu Profesional membuat jejak sejarah dengan mengayunkan langkahnya menjadi sebuah komunitas pembelajaran bagi Ibu dan Calon Ibu. Mereka adalah orang-orang yang ingin meningkatkan kualitas dirinya dalam menjalankan peran sebagai ibu, sebagai istri dan sebagai perempuan.

Seiring semakin besar dan berkembangnya Komunitas Ibu Profesional di 45 kota di Indonesia dan 4 negara. Maka kita akan selalu meningkatkan kualitas kontribusi di masyarakat sekitar.

Tahun lalu kita sudah banyak menebar benih kebaikan dengan mengusung tema Berbagi dan Melayani.

Maka tahun ini kita akan mengusung tema


" CHANGEMAKER FAMILY"

Apa itu Changemaker Family?

Changemaker family adalah keluarga yang senantiasa berpikir dan bertindak untuk membuat perubahan-perubahan ke arah lebih baik secara berkesinambungan.

Darimana mulainya?

Dimulai dari melihat tantangan di sekitar lingkar inti keluarga, selanjutnya bergerak bersama keluarga melihat issue sosial di sekitar kita, membawa perubahan melingkar keluar menuju perubahan lingkungan sekitarnya kita.

Apa prinsip Changemaker Family? Mengubah Masalah menjadi Berkah. Melihat tantangan sebagai peluang.

Karena sejatinya,

Yang punya tantangan hidup itu bukan hanya kita, maka apabila kita bisa menyelesaikan tantangan hidup kita, kemungkinan besar kita akan bisa berkontribusi membantu orang lain, keluarga lain dan masyarakat sekitar menyelesaikan tantangan hidup mereka

Kapan mulainya?

Tema Changemaker Family ini akan resmi kita mulai pada tanggal 22 Desember 2017, dan akan mewarnai perjalanan aktivitas dan karya komunitas kita selama 1 tahun ke depan.

Bagaimana Caranya?

DREAM It

Lihat diri kita, memiliki tantangan hidup apa? Bagaimana menyelesaikannya?

Atau

Lihat keluarga kita, adakah tantangan yang harus diselesaikan?

Atau

Lihat lingkungan masyarakat sekitar kita, apa isu sosial yang muncul?

Tambahkan empati pada setiap tantangan yang anda lihat, dan bangun mimpi anda menjadi kenyataan dengan merencanakan sebuah perubahan.

SHARE It

Bagikan mimpi perubahan tersebut di web Ibu Profesional  ini.

dengan cara : ☘Klik sign up, tunggu approval dari admin. ☘Klik blog ☘Klik create post ☘Tulis mimpi perubahan anda dan berikan hastag  #changemakerfamily #IbuProfesional6th ☘Share tulisan mimpi anda di web Ibu Profesional ini ke sosial media yang anda miliki dan berikan hastag #changemakerfamily #ibuProfesional6th

DO It

Individu/Keluarga Bangun dan kerjakan mimpi perubahan yang pernah anda tulis tersebut agar menjadi kenyataan.

Setiap proses yang terjadi tuliskan di blog web Ibu Profesional.

Komunitas Realisasikan mimpi perubahan/event perubahan/changemakerfamily camp yang anda impikan bersama beberapa keluarga atau komunitas kota.

Tulis setiap proses persiapan sampai dengan foto kegiatan ke blog web Ibu Profesional.

Bagikan kembali setiap tulisan blog anda di web Ibu Profesional tersebut ke sosmed yang anda miliki.

GROW It Pada akhir proses gerakan perubahan di akhir tahun 2018 kami akan mengapresiasi aktivitas perubahan yang anda kerjakan dalam event

Changemaker Award

Untuk kategori individu, keluarga dan komunitas/kelompok. Selanjutnya kami akan menghubungkan para peraih penghargaan changemaker award Ibu Profesional ke para Changemaker nasional maupun Global.

Sudah siap mengguncang dunia? Kami tunggu mimpi-mimpi untuk perubahan para Ibu Profesional Dunia berubah dan akan terus berubah

Mereka yang berani membuat perubahan, adalah mereka yang siap menjemput jaman

Sumber Inspirasi: Founder Ibu Profesional, Septi Peni Wulandani,  dinobatkan sebagai changemaker oleh Ashoka Indonesia pada tahun 2007, berkat gerakannya memberdayakan perekonomian para ibu rumah tangga se Indonesia lewat tools Jarimatika. 

Pola pendidikannya di dalam keluarga bersama sang suami Dodik Mariyanto pun diakui dunia dengan dinobatkannya Enes Kusuma (putri pertama) sebagai Young Changemaker pada tahun 2009 dengan project SEMI (Save the Earth More Intensive). Sedangkan putri keduanya Ara Kusuma menjadi Young Changemaker pada tahun 2008, dengan Moo's Project. Saat ini Ara berperan sebagai Young Change Leader Global Kiprah keluarga Septi Peni sebagai Changemaker Family bisa dilihat video di bawah ini.

Pada tahun 2012, Septi bersama sang suami Dodik Mariyanto, menggulirkan gerakan "Changemaker Family" dengan menyelenggarakan camp untuk keluarga-keluarga para Changemaker. Hal ini mendapatkan respon dari Boehringer Ingelheim, sehingga keluarga Septi Peni dinobatkan sebagai delegasi  Making More Health Movement .


Sumber Foto : www.changemaker.com

Sumber video : www.youtube.com



5,058 views13 comments
bottom of page