Checklist Orangtua & 5 Bahasa Kasih

Ini adalah langkah awal mengkomunikasikan kasih sayang dian

tara kami; orangtua & anak. Checklist orangtua menurut kami penting untuk membentuk kebiasaan mengungkapkan kasih sayang secara rutin; mengisi tangki kasih anak-anak.

Demikian halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga memiliki 5 tipe bahasa kasih. Yakni cara-cara mereka memahami auungkapan kasih sayang dari orang lain dengan jelas. Setiap anak boleh jadi memiliki satu atau lebih bahasa kasih dominan, cara yang paling jitu untuk mengungkapkan kasih sayang pada mereka.

Poin-poin dalam ceklist berikut mewakili masing-masing bahasa kasih tersebut. Untuk hal-hal sederhana yang mudah dilakukan kapan saja, kami setting waktunya adalah harian, sedangkan hal-hal yang perlu meluangkan waktu khusus, kami setting waktunya seminggu sekali, meskipun tak masalah jika lebih. Dengan ekspresi kasih yang teratur kami berharap anak-anak tetap merasa dicintai meskipun memiliki kakak atau adik maupun orangtua yang sibuk. Ceklist ini adalah sebuah tools. Orangtua bisa mengamati reaksi setiap anak ketika menerima ekspresi kasih ini, mana yang terlihat paling berkesan atau mereka nikmati. Untuk anak yang sudah lebih besar, bisa diajak dialog secara langsung.

Ketika anak-anak merasa dicintai, ia merasa berharga di mata orangtuanya

, ini menimbulkan emosi positif, menumbuhkan rasa bahagia sehingga amigdala bagian atasnya yang berpendar, dimana saat inilah saat yang tepat untuk menanamkan value-value baik maupun petuah-petuah berharga.


Saya terkesan ketika membaca sirah nabi, ternyata sesungguhnya Rasulullah SAW, sudah dengan sangat jelas mencontohkan mengenai ekspresi kasih sayang ini dalam berbagai riwayat. Beliau kerap mencium anak-anak & menganjurkan para ayah melakukan itu terhadap anak-anaknya. Beliau bermain mengobrol & bercanda dengan anak-anak, bahkan melayani & memberikah hadiah bagi mereka. Rasulullah juga memberikan julukan-julukan yang bagus untuk anak-anak sebagai panggilan sayang bagi mereka. Rasulullah adalah manusia yang penuh empati & kasih sayang. Tutur beliau:

"Barangsiapa tidak menyayangi, tidak akan disayangi"

Sebelum mempraktekan 5 bahasa kasih pada anak-anak, mungkin ayah & ibu bisa bereksperimen diantara mereka, memberikan ungkapan-ungkapan kasih sayang dengan bahasa kasih dominan pasangan & saya yakin anda juga mampu menciptakan emosi positif dalam diri pasangan anda. Selamat mencoba!


Referensi: Buku "5 Bahasa Kasih" karya Garry Chapman.




Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved