Empat Hal yang Perlu Disiapkan agar Melahirkan Menjadi Momen yang Menyenangkan

Updated: Mar 9



Melahirkan adalah momen yang sakral. Konon, sakitnya Ibu melahirkan seperti sakitnya 50 tulang yang patah bersamaan. Semenyakitkan itu ya, Bunda? Sampai-sampai tidak sedikit Bunda yang mengalami trauma melahirkan. Baik itu melahirkan pervaginam maupun melahirkan caesar, keduanya memiliki daftar hal yang ditakuti oleh Ibu.


Mungkinkah melahirkan menjadi momen yang menyenangkan? Mungkin saja. Alih-alih berandai-andai seandainya tidak ada sakitnya kontraksi atau suntik anastesi sebelum caesar, lebih baik kita menyiapkan beberapa hal yang bisa kita lakukan agar melahirkan menjadi momen yang menyenangkan.


Putuskan Persalinan Impian Seperti Apa dan Dimana Sejak Dini

Cukup banyak metode persalinan impian yang bisa Bunda pilih. Persalinan Gentle Birth, persalinan Amani, persalinan Maryam, persalinan Water Birth. Bunda bisa mencari informasi dimanapun. Baik dengan Googling, bertanya kepada dokter SPOG atau bidan kepercayaan, bertanya kepada sesama Bunda yang sudah pernah melahirkan.


Putuskan metode persalinan mana yang sekiranya nyaman untuk Bunda. Diskusikan dengan suami Bunda dan jangan lupa untuk meminta dukungan penuh dalam menghadapi persalinan kelak. Apapun metode persalinan yang Bunda pilih, pastikan sudah tersedia provider terdekat dari tempat tinggal Bunda yang sudah terpercaya. Bunda bisa kontrol kehamilan di provider yang Bunda pilih terlebih dahulu untuk memutuskan apakah Bunda klik dengan provider yang Bunda pilih atau belum.


Ingat, secanggih apapun metode persalinan yang Bunda pilih, chemistry yang terbangun antara Bunda dan calon provider persalinan yang Bunda pilih sangat berpengaruh pada kondisi psikologis Bunda kelak saat menghadapi persalinan.


Kerjakan To Do List Agar Persalinan Impian Terwujud


Persalinan impian bukan proses instan yang terjadi begitu saja. Ia membutuhkan persiapan-persiapan yang harus Bunda lakukan sejak Bunda menyadari jika Bunda sedang hamil. Bahkan, pada beberapa metode persalinan impian, to do list agar persalinan impian berhasil harus dilakukan sejak Bunda melakukan program kehamilan.


Tanyakan kepada provider, apa saja yang perlu dilakukan agar persalinan impian yang Bunda pilih bisa terwujud. Secara umum hal-hal yang perlu dilakukan agar persalinan impian terwujud antaralain;

  • Olahraga ringan, kegiatan rumah tangga dengan gerakan aktif juga bisa dijadikan sarana untuk olahraga. Bunda juga bisa mengikuti Yoga prenatal sesuai usia kehamilan Bunda.

  • Ajak ngobrol janin, utarakan persalinan impian Bunda dan minta janin untuk bekerja sama. "Nak, lagi apa di dalam? Bunda pengen lahiran gentle birth, nih. Nanti kita kerjasama, ya."

  • Tanamkan afirmasi positif tentang persalinan menyenangkan dan minim trauma.

Siapkan Kemungkinan-kemungkinan Paska Persalinan


Paska persalinan atau biasa disebut sebagai trimester keempat adalah waktu-waktu krusial dimana Bunda masih berada dalam masa pemulihan sekaligus harus beradaptasi dengan ritme bayi yang masih membutuhkan Bunda 24 jam dalam sehari.


Rencanakan kemungkinan-kemungkinan bagaimana Bunda menjalani trimester keempat paska persalinan ini agar Bunda tidak mengalami burn out, stress dan kelelahan yang bisa membuat Bunda mengalami baby blues.


Perencanaan bagaimana Bunda menjalani paska persalinan bisa membantu Bunda untuk tetap menjalani pemulihan dengan menyenangkan. Beberapa perencanaan dalam menghadapi paska persalinan antaralain;

  • Bagaimana memenuhi gizi keluarga paska persalinan? Apakah memungkinkan mendelegasikan kepada orang lain atau katering?

  • Siapa yang akan mencuci popok dan pakaian keluarga selama Bunda berada dalam pemulihan paska persalinan? Diskusikan dengan suami, apakah Bunda akan mendelegasikan kepada orang lain atau suami yang mengambil alih sementara?

  • Jika ini bukan persalinan pertama, bagaimana Bunda mengkondisikan kakak selama Bunda menjalani proses persalinan dan paska persalinan? Apa yang Bunda persiapkan untuk kakak?

  • Sejauh mana persiapan Bunda untuk memberikan ASI kepada bayi? Apakah Bunda sudah mempunyai referensi bagaimana meng-ASI-hi bayi dengan tepat? Apakah Bunda sudah menyiapkan hal-hal yang terkait dengan laktasi?

Do the Best, Let God Do the Rest


Kerjakan ikhtiar sekuat yang kita mampu, lalu biarkan Tuhan Menjalankan sisanya. Lakukan hal-hal yang terbaik dengan tetap Berserah Diri kepada Tuhan. Berserah diri kepada Tuhan sangat mempengaruhi kondisi psikis seorang ibu yang sedang hamil.


Momentum kehamilan adalah waktu yang tepat untuk melatih diri dalam menjalani kehidupan dengan tenang dan berpasrah kepada Tuhan. Berdoa sesuai dengan keyakinan yang Bunda anut akan membantu Bunda untuk tetap tenang dan menjalani hari-hari kehamilan dengan menyenangkan.


Selamat menanti persalinan yang menyenangkan, Bunda. Semoga persalinan impian Bunda terwujud, sehat Ibu dan Bayinya. Semoga Bunda yang sedang menunggu kehadiran buah hati segera Diberi kabar gembira di waktu yang paling tepat.


Luv!

Emak K, Widi Utami





46 views0 comments

Recent Posts

See All