top of page

Euforia Bunda Produktif 2023 di Institut Ibu Profesional

Updated: Apr 13, 2023

Bunda Produktif, dua kata yang menjadi magnet tersendiri di Institut Ibu Profesional. Arti Bunda menurut KBBI adalah kependekan ibunda; orang tua perempuan. Sedangkan produktif menurut KBBI adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar), mendatangkan, menguntungkan, menghasilkan secara teratur dan digunakan terus menerus. Jadi jika digabungkan Bunda Produktif adalah perempuan yang mampu mendayagunakan seluruh potensi untuk menghasilkan sesuatu secara terus menerus. Senantiasa aktif menjalankan misi hidupnya tanpa kenal lelah. Misi hidup untuk berkontribusi bagi masyarakat.


Institut Ibu Profesional memberi makna Bunda Produktif sebagai Bunda yang senantiasa menjalankan proses untuk menemukan dirinya, menemukan MISI PENCIPTAAN dirinya di muka bumi ini, dengan menjalankan aktivitas yang membuat matanya BERBINAR-BINAR. Sehingga muncul semangat yang luar biasa dalam menjalani hidup ini bersama keluarga dan buah hati.


Bunda Produktif merupakan jenjang perkuliahan ke-empat di Institut Ibu Profesional setelah matrikulasi, Bunda Sayang, dan Bunda Cekatan. Setelah itu, mahasiswi Bunda Produktif yang telah lulus dapat melanjutkan ke Bunda Salihah. Member Ibu Profesional yang memilih untuk masuk ke komponen institut, wajib lulus kelas matrikulasi terlebih dahulu. Kelas matrikulasi harus ditempuh untuk mempersiapkan diri mengikuti kelas Bunda Sayang. Sedangkan, jika jenjang perkuliahan tertentu belum dibuka, maka mahasiswi dapat menunggu terlebih dahulu ke ruang transit yang sudah disediakan.


Kuliah Bunda Produktif dimulai sejak tahun 2020. Tahun 2023 ini, Bunda Produktif memasuki tahun ketiga, sehingga disebut sebagai Bunda Produktif Batch 3. Sejak awal pembukaan kuliah ini, Bunda Produktif telah diikuti oleh 1.101 mahasiswi dan telah meluluskan 957 mahasiswi. Kuliah Bunda Produktif sering disingkat dengan Bunpro.


Kota Virtual Hexagon City


Bentuk perkuliahan di Bunda Produktif dirancang lebih menarik dan berbeda dari jenjang-jenjang perkuliahan sebelumnya. Bunda Produktif meliputi gamifikasi dan zona perkuliahan. Perkuliahan bentuk gamifikasi dikemas sebagai sebuah kota bernama Hexagon City yang sudah memiliki fasilitas lengkap. Hexagon City adalah kota virtual dipimpin oleh seorang Walikota dan bersama-sama dengan Sekretaris Jenderal dan Community Development berkator di Hexa Headquarters.





Fasilitas dalam Hexagon City di antaranya Hexagon Health, Hexagon Finance yang dipimpin oleh Finance Manager, Hexagon Plaza dengan Hexagon City Owned Entreprise sebagai pimpinan, Resource Development, Hexa Media, Hexa Bank, Hexa Learning Centre dan kompleks para Hexagonia--sebutan bagi warga Hexagon City- bertempat tinggal di Hexagon Land. Hexagon City adalah kota virtual yang terus bertumbuh dengan slogan "Kota Produktif - Warga Kreatif -Penuh Solusi". Hexagonia warga Hexagon City dibekali oleh ilmu-ilmu perkuliahan yang sangat mendukung dalam menjalani peran di Hexagon City serta projek passion yang dibuat. Projek passion yang dibuat meliputi projek passion profit dan non profit.


Untuk zona perkuliahan, setiap mahasiswa akan mengikuti beberapa zona perkuliahan yang dimulai dari Zona Hexagon, Zona Adaptasi, Zona Passion, Zona Karakter, Zona Habit, Zona 4E, Zona Xtramiles, Zona Agility, Zona Growth, Zona Open Space dan Zona Newstime.

3.


Model perkuliahan yang sebagaimana yang dijelaskan di atas, menjadikan kuliah Bunda Produktif menjadi hal yang dinantikan oleh para lulusan Bunda Cekatan yang menanti di Desa Pelajar. Teman-teman yang telah berinteraksi dengan Institut Ibu Profesional pastinya sudah familiar dengan istilah menarik yang ada pada perkuliahan Institut ibu Profesional. Seperti halnya kuliah Bunda Produktif batch 3 yang sementara ini sedang berlangsung menjadi sebuah Euforia tersendiri bagi calon mahasiswa yang sudah menunggu sekian lama. Penantian di Desa Pelajar selama beberapa waktu sambil menunggu gerbang Bunda Produktif 3 terbuka memang menjadi sebuah nuansa tersendiri. Bahkan ada calon mahasiswa yang sampai berurai airmata saat tidak bisa terdaftar hanya karena telat sehari dari jadwal pendaftaran.


Syarat Menjadi Mahasiswi BunPro

Syarat utama untuk menjadi mahasiswi bunda produktif adalah lulusan Bunda Cekatan (jenjang perkuliahan seebelumnya) dan mengisi form yang disediakan via HIMA Regional dan Desa Pelajar. Calon mahasiswa juga diminta melakukan pembayaran untuk registrasi sebesar Rp 100.000. Sebuah nilai yang sangat murah jika dibandingkan dengan kebahagiaan dan manfaat yang akan diperoleh selama masa perkuliahan yang akan berlangsung selama 6 bulan.


Harus mendaftar menjadi mahasiswa Bunda Produktif ? Tentu saja. Bunda Produktif adalah jenjang perkuliahan yang dapat dikatakan mengundang antusiasme tinggi. Menurut keterangan dari lulusan Bunda Produktif batch sebelumnya, saat ditanya semuanya akan kompak menyatakan bahwa setiap lulusan Bunda Cekatan baiknya tidak punya pilihan lain kecuali melanjutkan ke jenjang Bunda Produktif. Tempat dimana setiap mahasiswa diminta untuk berkolaborasi dengan banyak orang dalam sebuah tim (teamwork) untuk menghasilkan sebuah projek baik projek profit maupun non profit. Kerja tim inilah yang membuat setiap mahasiswa Bunda Produktif akan merasakan efek sinergi satu sama lain yang sangat membagiakan.


Ingin ikut merasakan Euforia Kuliah Bunda Produktif, daftarlah untuk tahun depan ! Dan bahagia akan menjelang tentunya (Raudha/Intrnshp).



47 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page