Pencegahan Stunting Dan Perlindungan Imunisasi Untuk Si Kecil

Apa sih stunting itu apakah sepenting itu ya ?? Stunting itu merupakan masalah dari kurangnya gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Atau dalam pengertian lain yakni kondisi saat seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya. Pengasuhan anak yang kurang baik serta minimnya layanan informasi bagi ayah dan ibu merupakan faktor penting penyebab stunting ini.


Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes, hipertensi, obesitas dan kematian akibat infeksi. Naah sangat penting dan memang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting ini ya.


Perlindungan Imunisasi Untuk Si Kecil


Tidak kalah pentingnya dari pencegahan stunting ini, untuk perlindungan imunisasi untuk si kecil harus bunda perhatikan juga, karena dilingkungan kita sendiri atau mungkin juga di kalangan masyarakat berpendidikan tinggi ternyata masih ada juga rasa keengganan untuk melakukan imunisasi. Takut demam tinggi dan tidak mendapatkan izin dari keluarga menjadi alasan paling dominan. Semakin tinggi pendidikan orang tua, persentase keengganan berdasarkan dua alasan ini semakin tinggi.


Imunisasi merupakan hal yang terpenting dalam usaha melindungi kesehatan anak anda. Imunisasi bekerja dengan cara merangsang timbulmya kekebalan tubuh yang akan melindungi anak anda dari penyakit-penyakit sebagai berikut: polio, campak, gondongan, campak Jerman, influenza, tetanus, difteri dan pertusis (batuk rejan).


Tanpa pemberian vaksin, jumlah kematian anak-anak yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut meningkat dan banyak orang yang mengalami komplikasi kronik setelah menderita penyakit tersebut.


Salah satu imunisasi yang dapat diberikan pada anak adalah imunisasi campak untuk mencegah penyakit campak. Biasanya imunisasi ini diberikan dua kali yaitu saat anak berusia sembilan bulan dan enam tahun. Yuuk kita menuju indonesia sehat melalui pencegahan stunting dan perlindungan imunisasi untuk keluarga yang teramat kita sayangi supaya generasi kedepan menjadi lebih sehat dan pintar

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved