top of page

Gaung Jelajah Cita-cita (JCC) di 32 Kota

Memperingati 11 tahun Ibu Profesional, gaung Jelajah Cita-Cita menggema di seluruh pelosok Nusantara. Hiruk-pikuk flyer JCC tampak menghiasi media sosial sejak 6 bulan terakhir, terutama di kalangan anggota Ibu Profesional. Mengusung semangat untuk mengenalkan anak kepada beragam profesi membuat tingginya antusiasme masyarakat sekitar. Kepesertaan JCC sendiri terbuka untuk umum di 32 kota di Indonesia. Selama pendaftaran, terjaring lebih dari 6.000 peserta anak yang akan mengikuti Jelajah Cita-cita ini.

JCC dan Semangat Bhineka Tunggal Ika


Jelajah Cita-cita berangkat dari semangat Ibu Profesional untuk mengenalkan anak dan orang tua tentang ragam profesi yang ada di dunia. Meskipun dilaksanakan serentak di 32 kota dengan tema yang sama; Jelajah Cita-Cita atau JCC yang dilaksanakan di berbagai tempat tetap mengusung keunikan masing-masing daerah.

JCC mengingatkan kita bahwa jarak yang terbentang, pulau yang tersebar, tidak menghalangi untuk bergerak bersama mengenalkan aneka jenis profesi kepada anak-anak dan orang tua. Tim panitia yang terdiri dari hampir 600 anggota Ibu Profesional, yang tersebar di 32 titik telah membuktikan hal tersebut.


Dua Skala Kegiatan JCC di 32 Kota


Skala pelaksanaan JCC di 32 kota terbagi menjadi dua, yakni skala besar dan skala kecil. JCC berskala besar dilaksanakan di 17 kota, sedangkan JCC berskala kecil dilaksanakan di 15 kota lainnya.


Pada JCC skala besar, panitia menyediakan stand-stand berbagai profesi. Di sini, anak-anak dan pendamping dapat berjalan-jalan mengamati, bahkan mencoba setiap jenis profesi yang disediakan panitia. Tidak main-main, stand profesi yang disediakan pun menghadirkan pakar yang merupakan para ahli di bidangnya, yang bukan hanya dari kostum, alat peraga, atau perlengkapan penunjang profesinya belaka.


Salah satu regional yang menyelenggarakan JCC skala besar adalah Ibu Profesional Jakarta, panitia menghadirkan beragam profesi,antara lain : Bidan, Crafter, Scientist, Pecinta Alam, Pemadam Kebakaran, Astronom, Dokter Gigi, News Anchor, Arsitek, Koki dan Content Creator, yang serentak tampil pada tanggal 18 Desember 2022 di Hotel Dafam, Jakarta. Bisa dibayangkan bagaimana anak-anak merasa puas karena dapat menjelajah ke-11 profesi tersebut dalam sehari.

Sementara JCC skala kecil dilaksanakan secara bergiliran, setiap profesi akan bergiliran mempresentasikan profesinya di depan anak-anak dengan membawa seluruh perlengkapan. Meskipun dilaksanakan secara bergiliran, JCC skala kecil tetap menghadirkan pakar yang ahli di bidangnya. Anak-anak pun dapat merasakan langsung bagaimana jika menjadi profesi tersebut. JCC Garut adalah salah satu contoh regional yang menyelenggarakan JCC skala kecil yang dimulai sejak September-November dan pada puncak JCC pada tanggal 18 Desember 2022 menyelenggarakan presentasi beberapa profesi dari pakarnya.



32 Titik JCC


JCC dilaksanakan di 32 titik yang tersebar di seluruh Nusantara. Kota-kota yang menyelenggarakan JCC, baik skala kecil maupun skala besar tersebut antara lain; Aceh, Medan, Jambi, Padang, Palembang, Jakarta, Tangerang, Banten, Bekasi, Tangerang Selatan, Bogor, Cianjur, Bandung, Tasikmalaya, Karawang, Garut, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bojonegoro, Gresik, Magetan, Pasuruan, Kediri, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Manado, Gorontalo, dan Palu.


Ragam Kegiatan di JCC 2022


Meskipun tagline-nya Jelajah Cita-cita yang lekat dengan pengenalan profesi masa depan

kepada anak-anak, JCC tidak hanya menyediakan stand profesi atau mengenalkan beragam profesi kepada anak saja. Namun di beberapa daerah juga menyediakan stand bazar, workshop dengan berbagai tema yang berhubungan dengan tema JCC itu sendiri, wisuda akbar Institut

Ibu Profesional, dongeng, pantonim, menyanyi, games serta aneka doorprize.


Ragam profesi yang dikenalkan relatif sangat banyak, mulai dari profesi yang sudah populer di kalangan anak-anak hingga profesi-profesi kekinian yang mungkin jarang mereka dengar. Setidaknya, terdapat lebih dari 30 profesi yang ditampilkan dalam JCC. Profesi-profesi tersebut antara lain; crafter, bidan, dokter, youtuber, content creator, programmer, animator, pemadamkebakaran, koki, arsitek, news anchor, dokter gigi, astronom, scientist, pecinta alam, perancang busana, pendongeng, desainer grafis, perawat, fotografer, apoteker, dan banyak lagi.


Selain itu pembukaan acara JCC dilakukan secara nasional dan terpusat, live streaming yang disiarkan langsung ke 3 kanal media sosial dan akun youtube dirancang sebagai simbol kebersamaan. Acara dibuka langsung oleh Ibu Septi Peni Wulandani selaku founder Ibu Profesional dan Mbak Elistiowaty selaku Ketua pelaksana JCC Nasional. Tidak hanya itu, usai pembukaan JCC secara nasional, Ipedia yang menjadi salah satu media partner utama kami juga meliput dan melaporkan langsung dari lokasi acara berlangsung. Laporan langsung ini akan dilakukan di 11 kota penyelenggara JCC, angka 11 diambil sebagai simbol perjalanan Ibu Profesional memasuki tahun ke-11, kota-kota tersebut antara lain : Tasikmalaya, Malang, Makassar, Yogyakarta, Samarinda, Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Banten dan Semarang).


Sponsor Nasional JCC 2022


JCC didukung oleh banyak sponsor dari beragam bidang. Sesuai keunikan daerah

masing-masing, sponsor untuk tiap-tiap kota pun berbeda-beda. Terhitung lebih dari 100 mitra yang mensponsori JCC di 32 kota. Beberapa perusahaan merupakan sponsor nasional yang mendukung terselenggaranya JCC dengan mengambil bagian sebagai Sponsor Platinum Nasional JCC 2022 antara lain: Saham Rakyat, Biodef, dan Wardah. Sementara, Sponsor Gold JCC 2022 antara lain; Confetti, Allo Fresh, Cerebrofort, Pertamina, Batique, KIPMA, Studio Kode, Sunarisa, Alamii, DIB dan Frisian Flag. Selain itu JCC juga didukung oleh lebih dari 30 media partner serta lebih dari 30 community partner.


Teriring doa, semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi acara ini, mewujudkan mimpi Ibu

Profesional untuk dapat memberi kontribusi nyata kepada negeri dengan membangun masa depan peradaban bangsa melalui Jelajah Cita-Cita di 32 kota.


Widi Utami,

Tim Media Komunikasi

Sekertariat Nasional Ibu Profesional

125 views0 comments

Comments


bottom of page