top of page

Ibu Inklusif yang Bijak dan Memiliki Sudut Pandang Berbeda Menuju Inklusifitas, Dimulai dari Sini

Hai, IPers!

Sudah tahu, kan, Bootcamp Duta Ibu Inklusif 2023 yang diprakarsai oleh program inovasi Ibu Inklusif ini sudah dimulai dan masih berjalan? Selama perjalanan program ini ilmu yang diberikan sangat luar biasa. Bootcamp ini sangat membuka wawasan dan sudut pandang para peserta. Peserta yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, kondisi diri, dan sudut pandang yang berbeda dibekali wawasan agar memiliki sudut pandang yang sama. Sudut pandang itu diberi nama inklusifitas.


Inklusifitas bermakna mengakui sebuah keberagaman atau keberbedaan. Semua peserta di Bootcamp Duta Ibu Inklusif 2023 diberikan wawasan agar menjadi pribadi inklusif bukan ekslusif. Pribadi yang inklusif artinya terbuka dan menerima segala keberagaman. Sedangkan eksklusif maknanya memisahkan diri dan hanya menerima sekelompok orang yang sama dengannya.


Sasaran Bootcamp Duta Ibu Inklusif 2023 ini ingin menjadikan para perempuan sebagai garda terdepan pasukan penyuara ibu inklusif tentang penyandang difabel kepada orang di luar sana. Inilah poin agar menjadi ibu inklusif yang bijak untuk mewujudkan inklusifitas di tengah masyarakat.



Sudut Pandang Ibu Inklusif

Sumber: Ibu Inklusif



Ibu Inklusif Berusaha Memahami Sudut Pandang yang Berbeda

Setiap hal tentu ada perbedaan begitu pula sudut pandang setiap orang tentang penyandang difabel. Di Ibu Inklusif, perbedaan ini diubah menjadi ke arah positif dengan memberikan wawasan tentang budaya difabel. Penyandang difabel ini meskipun sedikit berbeda, tetapi sebenarnya tak perlu dibedakan. Hanya sudut pandang kita yang perlu diubah untuk melihat dan memperlakukan mereka dengan lebih positif.


Ibu Inklusif Selalu Mencoba Memahami Latar Belakang Setiap Orang

IPers, berbeda tidak selamanya tidak baik, lo! Terkadang perbedaan malah membuat segalanya lebih berwarna. Kita tidak perlu mengubah perbedaan, tetapi cukup tumbuhkan rasa toleransi. Latar belakang setiap orang yang berbeda itu adalah pemberian dari Maha Kuasa yang tak perlu dibandingkan apalagi bersikap ekslusif. Cukup bersikap toleransi dan memberikan ruang untuk mereka mengapresiasikan diri.


Ibu Inklusif Percaya Bahwa Semua Orang Sempurna pada Dirinya

Masih hangat diberitakan tentang sosok Putri Ariana sebagai teman netra yang ternyata namanya tenar dikancah dunia setelah mengikuti ajang pencarian bakat si Amerika. Siapa sangka sosok Putri yang bagi sebagian orang dipandang sebelah mata karena kekurangannya, ternyata ada kelebihan luar biasa yang Tuhan siapkan untuknya. Tuhan tidak pernah salah mendesain makhluk ciptanNya. Semua manusia yang diciptakan Tuhan pasti memiliki peran dan maksud untuk sesamanya. Di poin inilah ibu inklusif percaya bahwa semua orang itu sejatinya sempurna pada dirinya. Bagaimana menurut IPers?


Ibu Inklusif Percaya Bahwa Semua Orang Terlahir dengan Derajat yang Sama

Hal ini berarti semua orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama termasuk penyandang difabel. Namun, bukan berarti hal ini tidak ada tantangannya. Banyak dari teman difabel masih kesulitan mendapatkan pendidikan dan akses informasi sehingga realisasinya mereka agak tertinggal. Di Ibu Inklusif selalu percaya bahwa semua orang dengan kondisi apapun terlahir dengan derajat yang sama. Bootcamp Duta Ibu Inklusif 2023 memberikan kemudahan akses menerima informasi dengan menyediakan juru bahasa isyarat dan juru ketik. Program ini juga memberikan informasi bagaimana sebaiknya memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan teman difabel dan menjadi ibu yang bisa menjadi teman asyik saat mendidik mereka.


Perbedaan sudut pandang adalah hal yang pasti, tetapi menjadi bagian dari ibu inklusif yang bijak dan memiliki sudut pandang berbeda menuju inklusifitas adalah pilihan. Apakah kita memilih terkungkung menjadi pribadi ekslusif atau menjadi manusia yang inklusif dan memiliki toleransi, semua pilihan ada di tangan IPers sendiri. Are You Ready, IPers? (Lilik Herawati/Internship)








bottom of page