Insight Learning Studi Banding ke Nurul Hayat

Pada tanggal 20 Desember 2017, IIP Surabaya mendapatkan kesempatan untuk studi banding ke Nurul Hayat Surabaya. Pada saat pertama kali memasuki area NH, terasa hawa-hawa pesantren. Saya sampai mikir,”Ini lembaga amil zakat atau pesantren?”. Ternyata memang NH tidak hanya sekedar badan amil zakat namun juga memiliki pesantren, masjid dan juga memiliki beberapa usaha. Wow, mengagumkan!


Memasuki area lobby NH juga sangat luar biasa karena terdapat front office seperti berada di perusahaan jasa travel. Bahkan ternyata disana memiliki beberapa ruangan yang digunaka sebagai ruang pertemuan. Dan juga kami di layani dengan sangat baik seperti kami disediakan kue dan minum. Luar biasa!


Ketika acara sudah di mulai, sesi pertama yang dilakukan adalah sesi perkenalan baik oleh pihak NH maupun pihak IIP Surabaya. Selanjutnya Bapak Molik memaparkan tentang sejarah NH kemudian apa saja yang telah dilakukan NH untuk masyarakat. Ketika mendengarkan pemaparan Pak Molik tentang NH, rasanya dikepala saya seperti ada kembang apinya. Terkagum-kagum euy dengan apa yang telah diimplementasikan oleh NH baik kepada masyarakat maupun internal NH sendiri.


Hal yang paling saya jadikan pelajaran adalah niatan NH dalam mendirikan dan juga menjalankan lembaga tersebut, yaitu untuk beribadah. Jika dalam bekerja ataupun berkomunitas di lakukan semata-mata karena Allah, insyaa Allah tidak ada hal lain lagi yang akan di harapkan selain keridhoanNya. Maksudnya adalah kita tidak akan terlalu pusing perkara gaji atau imbalan yang akan kita dapatkan dari apa yang kita kerjakan. Karena semua itu nantinya akan di balas langsung oleh Allah dengan cara yang tidak pernah kita duga.

Di internal NH sendiri, ada kebiasaan-kebiasaan baik yang selalu diistiqomahkan seperti menjalankan mengaji, menjalankan solat sunnah dhuha, solat malam, solat berjamaah di masjid bagi pria, dan kebiasaan lainnya. Untuk memastikan setiap karyawan melaksanakan ubudiyyahnya, NH memiliki aplikasi untuk checklist ubudiyyah tersebut. Hal ini dilakukan bukan karena reward yang akan diberikan, melainkan menjadi cara untuk menjaga hubungan baik dengan Allah dan sebagai bentuk syukur kepada Allah.


Hal lain yang tidak kalah luar biasanya yang saya dapatkan dari NH adalah pentingnya sikap open-minded dan juga kekinian. Kekinian dalam arti adanya inovasi-inovasi yang dilakukan agar lembaga tersebut tetap berjalan dan berkembang. Yup, inovasi dalam sebuah lembaga, perusahaan atau komunitas memang sangat penting agar apa yang dicita-citakan tidak terhenti di tengah jalan. Selain itu juga dapat terus berkembang untuk berbagi kebermanfaatan dengan sesama.

26 views
Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved