Mengenal KLUB BUKU KLIP Lebih Dekat

Updated: Nov 24, 2020

Berita Baik Kampung Komunitas


Ibu-ibu cuma bisa baca buku resep doang? Eits, tunggu dulu. Di Klub Buku KLIP, ibu-ibunya baca beragam buku, loh. Ada yang baca buku filosofi masyarakat Swedia, ada yang baca buku “Berani tidak disukai”, buku tentang “Seni hidup minimalis”, dan ada juga yang baca buku bahasa Inggris “Randomness Inside My Head”. Gimana? Seru, kan?


Klub Buku KLIP


Wah, Seru! Jadi penasaran nih, apa sih Klub Buku KLIP itu?

Nah, buat yang belum tahu, Klub Buku KLIP adalah kegiatan me-review buku yang sudah kita baca. Kegiatan ini diadakan setiap seminggu sekali di FBG KLIP. Dan setiap sebulan sekali, Klub Buku KLIP juga ada meeting online-nya, loh. Jadi setiap anggota bisa menceritakan langsung buku yang mereka baca di acara itu. Kegiatan ini terbuka untuk semua anggota FBG KLIP, baik yang member maupun non-member IP. Jadi bakalan seru banget karena bisa bercerita bareng orang-orang dari negara-negara yang berbeda.

Klub Buku KLIP

Sedangkan KLIP itu sendiri adalah bagian dari Komunitas Ibu Profesional yang mewadahi para anggota dan non-anggota IP untuk melatih konsistensi menulisnya. Yang mau tahu lebih banyak tentang KLIP, silahkan baca di sini ya.


Kenapa perlu ada kegiatan baca buku di komunitas menulis?

Hm, awalnya saya juga heran kenapa begitu. Padahal nulis ya nulis aja. Kenapa juga harus baca buku? Tapi eh tapi, ternyata baca buku itu banyak manfaatnya untuk menulis. Dari baca buku, kita bisa dapat ide tentang menulis. Misalnya setelah membaca novel, kita jadi tahu bagaimana cara menulis karakter, bagaimana cara menulis setting yang terasa nyata, bagaimana cara membuat cerita yang sulit dilupakan oleh pembaca, dan masih banyak lagi.

Selain itu, membaca juga bisa bikin imajinasi kita berkembang dan meningkatkan kreativitas menulis. Seperti yang dibilang Jerry Jenkins, penulis Best Seller New York Times, manusia itu punya ‘theater’ di pikirannya. Dan theater itu akan bermain ketika kita membaca buku, dengan membayangkan setiap kata atau informasi yang kita dapat dari buku tersebut. Itu alasannya kenapa membaca buku bisa meningkatkan kreativitas dan tetap akan disukai meski sudah banyak tontonan dalam bentuk video. Wah, makin seru kan!


Klub Buku KLIP

Bagaimana caranya kalau mau gabung?

Buat yang mau ikutan, caranya gampang banget. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

  1. Gabung di FBG KLIP

  2. Buat tulisan tentang review buku yang kamu baca

  3. Setorkan link tulisan ke postingan yang sudah disediakan

  4. Nantikan undangan meeting online di FBG dan kamu akan diberikan link untuk ikutan acaranya.

Gampang banget kan?

Nah, yang sudah baca buku dan siap menulis reviewnya, yuk langsung gabung di FBG KLIP dan nikmati keseruan mengobrol seru tentang buku-buku yang kita baca. Ditunggu ya! :)



Penulis : Tim Media Komunikasi Komunitas Nasional

137 views0 comments

Recent Posts

See All