• Admin

Perjalanan Hijrah Nol Sampah Efi Femiliyah

Updated: May 20, 2019

Dari Berkebun sampai Hidup Minim Sampah


Adalah Efi Femiliyah, member sekaligus pengurus Ibu Profesional Jakarta. Kondisi keterpurukan ekonomi yang dialami keluarganya di tahun 2014 membuatnya kreatif dan bijak dalam menyulap halaman rumahnya menjadi kebun gizi keluarga. Kegiatan positifnya ini membuat beberapa tetangga di lingkungannya tertarik untuk ikut berkebun di halaman rumah masing-masing. Berkumpul bersama ibu-ibu pembelajar di Rumah Belajar Berkebun IP Jakarta menjadikan jam terbangnya semakin bertambah.




Kepeduliannya terhadap lingkungan membuatnya terjun langsung dalam kegiatan bank sampah. Yayasan RKI Srengseng Sawah adalah mitra pertamanya dalam mengelola sampah ini. Bersamanya Efi mengelola beberapa bank sampah di beberapa RT dan RW. Namun karena kesibukannya, kini Efi memutuskan untuk berhenti dan fokus kepada kegiatan yang lain.



Tahun 2018, bersama suami, memberanikan diri mengolah lahan milik orang tua di Desa Kebulusan, Pejagoan, Kebumen. Perkebunan pepaya California organik dan jambu Kristal organik yang dikelolanya secara jarak jauh kini membuahkan hasil. Selain memberikan lapangan pekerjaan untuk saudaranya, kini Efi Femiliyah, menjadi pemasok buah organik di Jakarta, dengan harga yang jauh dari harga pasar.


Kini amanah barunya menjadi narasumber di Rumah Belajar Hijrah Nol Sampah (RB HNS) yang digagas leader IP Jakarta. Kelas Hijrah Nol Sampah, merupakan awal keluarganya mengenal lebih dalam tentang hidup minim sampah dan konsep zerowaste.


Setelah sukses dengan RB HNS, Efi dan beberapa teman mendirikan kelas belajar minim sampah online Garbi Green Action. Efi juga menginisasi lahirnya Ksuper Green Academy, yaitu sebuah kelas belajar hidup lebih hijau untuk anak-anak komunitas sekolah rumah KSuper. Ksuper green academy didirikan sebagai usaha membumikan pemahaman mencintai bumi pada anak-anak.


Dan kesediaan Efi untuk hadir pada Konferensi Ibu Profesional 2019 nanti adalah kepeduliannya untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar kita semua dapat semakin bijak dalam mengelola sampah.





Tak salah jika Anda ingin hadir pada Konferensi Ibu Profesional dan bersiap "mengosongkan gelas" dan memenuhinya dengan cahaya ilmu, karena selain Efi akan hadir narasumber lain yang tak kalah menginspirasi.


Sumber: portofolio dan Chat WA dengan Efi Femiliyah.


#jogja

#roadtoKIP

#eventjogja

#ibuprofesional

#ibuagenperubahan

#everyoneischangemaker

#konferensiibuprofesional2019

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved