top of page

Sinopsis Talk Show #2 Melekat Erat Bersinergi Menuju Konferensi Ibu Pembaharu

Satu Dekade Ibu Profesional adalah merupakan hajat bersama bagi seluruh member Ibu Profesional di 57 Regional. Dengan bersinergi dalam program-program Regional maka semua member bisa turut berpartisipasi. Tidak ada lagi istilah program pusat atau program regional.




Perayaan ini pertama kali digaungkanpada akhir Juli dengan tujuan agar bisa melibatkan semua member yang berdomisili dimanapun. Program-program akan disampaikan sesuai dengan tahapan yang disiapkan oleh penyelenggara, yaitu PraRilis, Rilis, PraKonferensi dan Konferensi. Talkshow kedua diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2021 di Ipedia TV pada pukul 15.30 WIB. Untuk menonton Talk show kedua yang disiarkan di ipedia TV klik di sini




Konferensi Ibu Pembaharu merupakan program lanjutan dari Konferensi Ibu Profesional pada tahun 2019 di Yogyakarta memiliki tujuan sebagai berikut:

Mempertemukan Ibu Pembaharu dari berbagai penjuru nusantara maupun mancanegara untuk melakukan refleksi, kolaborasi, berbagi solusi dalam menjalankan perannya sebagai perempuan, ibu dan istri.


  1. Sebagai media publikasi untuk meningkatkan jumlah perempuan berpendidikan dan berkualitas yang akan tumbuh dan berkembang, berdasarkan potensi yang dimilikinya sebagai Ibu Pembaharu, baik yang bekerja di ranah domestik maupun publik.

  2. Mendorong dilaksanakannya pertemuan para Ibu Pembaharu tingkat internasional secara berkala.

  3. Menginisiasi terwujudnya Universitas yang fokus pada bidan pendidikan ibu dan keluarga yang pertama di Indonesia dalam bentuk luring maupun daring.


Lahirnya istilah Ibu Pembaharu sangat erat kaitannya dengan tema-tema yang diusung oleh komunitas Ibu Profesional sejak tahun 2016 yaitu:

2016 - 2017: Changemaker Mother

2017 - 2018: Changemaker Family

2018 - 2019: Sinergi Dalam Kemanfaatan

2019 - 2020: Semesta Karya

2020 - 2021: Semesta Karya Untuk Indonesia


Definisi Ibu Pembaharu itu sendiri adalah sosok ibu yang mampu menemukan masalahnya dan mengubahnya menjadi sebuah tantangan hidup, sehingga bisa menciptakan solusi untuk masalah tersebut.


Saat ini, persiapan sudah memasuki tahap PraKonferensi. Sebelumnya penyelenggara sudah mengadakan Sayembara Ilustrasi dan Jingle terbuka untuk member dan umum. Dalam beberapa hari ke depan akan ada kembali sayembara menarik. Semua informasi terkini tentang perayaan 1 Dekade Ibu Profesional akan diposting setiap hari Selasa di Instagram Ibu Profesional.


Guna memaksimalkan perayaan 1 Dekade Ibu Profesional dan melibatkan banyak member semua regional, penyelenggara mengadakan program KIPAmbassador dan KIPBooster.


KIP Ambassador adalah orang yang membicarakan, menyampaikan semangat, value, isu dan program Konferensi Ibu Pembaharu di akun medsos pribadi dan atau di akun medsos regional. Untuk menjadi Ambassador ini dibutuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan yang baik dan aktif menggunakan media sosial. Melalui program SinergiKIP, pengurus boleh mengirimkan beberapa Ambassador, minimal satu orang.


Ambassador ini boleh dari pengurus maupun member. Selain itu, akan dibuka juga pendaftaran KIPAmbassador secara mandiri. Artinya semua member bisa mendaftarkan dirinya untuk ikut terlibat melekat dan menjadi KIPAmbassador.


Sementara KIPBooster adalah orang yang menaikkan engagement media sosial Ibu Profesional, dengan cara memberikan feedback positif di akun medsos IP dan website.


Untuk pendafataran KIPAmbassador dan KIPBooster secara mandiri masih terbuka hingga 4 September 2021, dengan mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/KIPAmbassador dan bit.ly/KIPBooster.




148 views8 comments

Recent Posts

See All
bottom of page