Sinopsis Talkshow #3 Saya Ibu Rumah Tangga dan Saya Bangga


Talkshow #3 Saya Ibu Rumah Tangga dan Saya Bangga diselenggarakan secara live streaming di Youtube IPEDIA TV pada 21 September 2021 pukul 15.30. Sesi Live Streaming masih bisa disaksikan melalui youtube di bawah ini:





Selayang Pandang Tentang Ibu Profesional


Ibu Profesional sejak tahun 2011 telah secara konsisten membangun lingkungan di mana semua perempuan mampu membawa perubahan pada diri, keluarga, dan lingkungannya. Sehingga Ibu Profesional mampu melahirkan ribuan Ibu Pembaharu yang siap berbagi solusi. Menginspirasi perempuan di seluruh dunia untuk turut menjadi Ibu Pembaharu dalam mengubah masalah menjadi tantangan, dan memulainya dengan aksi dari rumah.


Pada tanggal 16 s.d 18 Agustus 2019 telah diadakan Konferensi Ibu Profesional di Jogja, yang menghadirkan para Changemaker dari dalam dan luar negeri. Konferensi ini mengambil tema Synergy for Change, dan berhasil melahirkan komponen baru dalam komunitas dan ratusan changemaker mom.


Di Konferensi Ibu Pembaharu (KIP) ini, Ibu Profesional membawa slogan it takes an ecosystem to raise a changemaker. Oleh karena itu, KIP ini bertujuan untuk:

  1. Mempertemukan Ibu Pembaharu dari berbagai penjuru nusantara maupun mancanegara untuk melakukan refleksi, kolaborasi, berbagi solusi dalam menjalankan perannya sebagai perempuan, ibu dan istri.

  2. Sebagai media publikasi untuk meningkatkan jumlah perempuan berpendidikan dan berkualitas yang akan tumbuh dan berkembang, berdasarkan potensi yang dimilikinya sebagai ibu pembaharu, baik yang bekerja di ranah domestik maupun publik.

  3. Mendorong dilaksanakannya pertemuan para Ibu Pembaharu tingkat internasional secara berkala.

  4. Menginisiasi terwujudnya Universitas yang fokus pada bidang Pendidikan Ibu dan Keluarga yang pertama di Indonesia dalam bentuk luring maupun daring.


Topik bahasan yang diangkat dalam KIP merujuk ke masalah global terkait perempuan (SGD), lalu diturunkan menjadi lima bidang (pendidikan, teknologi, sosial, ekonomi, dan lingkungan). Kelima bidang ini kemudian ditranslasikan menjadi enam tema konferensi:

  1. Saya ibu rumah tangga dan saya bangga

  2. Perempuan di era digital

  3. Disabilitas unggul

  4. Ibu dan anak bahagia

  5. Aku berdaya, aku berkarya

  6. Lingkungan dan kehidupan yang berkelanjutan




Peran Komunitas Terhadap Tema Pertama di Konferensi Ibu Pembaharu


Pada tema pertama ini, Ibu Profesional mendukungnya dengan keberadaan komponen komunitas. Kampung komunitas digambarkan sebagai kampung yang guyub, nyaman dan kondusif untuk warganya terus berkembang. Di kampung komunitas, warga akan menemukan kegembiraan dalam mengenali diri, mengembangkan potensi seraya aktif berbagi dan melayani. Untuk mencapai tujuan tersebut, warga kampung komunitas bisa memilih aktivitas di regionalnya masing-masing yang beragam.


RUMBEL, RUMIN, RUMBA

Rumbel atau rumah belajar merupakan tempat warga mendalami potensinya dan menjadi produktif. Rumba adalah rumah berbagi, dimana teman-teman komunitas bisa latihan proses berbagi dan melayani. Rumin merupakan rumah bermain, tempat warga menguatkan bonding. Dari bonding yang kuat diharapkan komunitas menjadi rumah kedua yang memberikan dukungan semangat bagi para ibu dan juga bisa kelak apabila sudah dekat, bisa saling bersinergi dan menguatkan satu sama lain. Ketiga rumah ini diharapkan bisa menguatkan potensi dari regionalnya masing-masing. Mengantarkan para member mampu berdaya dan berkarya baik di ranah domestik maupun publik tanpa melupakan peran ibu yang mendidik anak-anak. Sehingga tercipta suasana ibu dan anak bahagia.

Kampung Main, Kampung Bakat dan SuperKamp

Kegiatan ini merupakan kegiatan lintas regional yang bisa mempertemukan anggota Ibu Profesional secara lebih luas. Kampung Main adalah kelas pengenalan atau orientasi, dimana calon warga bisa mengenal aktivitas yang ada di komunitas, belajar lebih dalam mengenai value yang ada di komunitas kemudian langsung belajar berbagi dan melayani. Kampung Bakat merupakan pilihan bagi warga untuk mendalami potensi serta mendukung Rumbel dengan cara menguatkan bakat warga agar lebih produktif. Sedangkan SuperKamp adalah program yang ditujukan untuk warga yang ingin latihan menjadi pengurus komunitas. Peserta akan dibekali ilmu berkomunitas dan memahami tantangan di komunitas dengan cara problem-solving.


Sinopsis Talkshow #3
.pdf
Download PDF • 377KB

#1dekadeibuprofesional

#darirumahuntukdunia

#konferensiibupembaharu

#ibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia


48 views0 comments

Recent Posts

See All