top of page
  • Writer's pictureliza

Yes! Terpetakan juga!


Bismillahirrahmanirrahim...

Alhamdulillah senang sekali rasanya sudah bisa memetakan apa yang menjadi impianku selama ini. Sebelum mengurai panjang mau ngucapin jazakumullah khair dulu kepada Bu Septi dan seluruh team Changemaker Family ini karena dengan adanya program ini jadi memacu Liza untuk bisa merenungi dan memetakan menjadi sebuah mind mapping yang berefek semakin jelasnya arah tujuan hidup Liza. Ehm! Ya..karena sebelumnya cuma di angan-angan aja. Kalaupun ada yang tertulis itu terpisah-pisah tidak menyatu, padahal setelah dituliskan secara mind mapping terlihat satu sama lain saling berhubungan dan mendukung.


Sekarang Liza mau menjabarkan mind mapping mimpi-mimpi Liza dan tantangan-tantangan yang ada dihadapan Liza.


CHANGEMAKER FAMILY ALA LIZA


Liza seorang ibu pembelajar sangat menyukai tantangan dan memiliki mimpi untuk dirinya sendiri, mimpi untuk keluarganya, dan mimpi untuk komunitas yang ada di sekitarnya.


Mimpi untuk diri sendiri Liza uraikan lagi sesuai perannya sebagai diri sendiri yang membutuhkan aktualisasi diri, sebagai anak yang ingin berbakti kepada orang tua, sebagai istri yang ingin membahagiakan diri sendiri, dan sebagai seorang ibu yg ingin kompeten menjadi ibu profesional yang selau dicintai dan dirindukan anak-anaknya.


Sebagai diri sendiri yang membutuhkan aktualisasi diri, Liza bermimpi suatu saat Liza akan menjadi ahli kesehatan wanita sesuai basic pendidikannya yaitu seorang bidan, menjadi ahli parenting sesuai jurusan kehidupan yang Liza pilih. Masing-masing dari mimpi tersebut di bentuk wadahnya yaitu membuat Rumah Bermain dan Belajar untuk mengasah pembelajaran menjadi ahli parenting dan Rumah Perempuan atau Rumah Bersalin Gratis bagi yang tidak mampu untuk mengasah pembelajaran menjadi ahli kesehatan wanita.


Sebagai seorang anak, Liza ingin berbakti kepada orang tua dengan cara mencukupi segala kebutuhan orang tua sebagaimana orang tua Liza dulu mencukupi kebutuhan Liza sedari dalam kandungan. Kemudian Liza selalu berdo'a agar Liza bisa mengumrahkan dan menghajikan orang tua di semasa hidupnya lalu setelah itu memberikan tiket-tiket liburan beserta akomodasi dan lain sebagainya sehingga orang tua tinggal menikmati.


Sebagai seorang istri, Liza ingin bisa jadi istri sholehah yang dapat membahagiakan suami. Mudah-mudahan dengan ketaatan Liza bisa menjadi suatu amal yang diterima Allah SWT untuk bekal di kehidupan akhirat kelak.


Sebagai seorang ibu, Liza ingin menjadi ibu profesional yang kompeten. Kompeten mengaplikasikan setiap ilmu yang didapat di perkuliahan Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, dan Bunda Sholeha. Dan sebenarnya mimpi Liza dalam pengaktualisasian diri sudah tercakup di dalam Bunda Soleha. Sebagai seorang ibu ini banyak hal yang ingin Liza capai yaitu:

  • menjadi praktisi Homeschooling dan Home Educator sesuai visi, misi, value yang telah ditentukan bersama suami

  • ‎menjadi praktisi Fitrah Based Education sebagai dasar pendidikan rumah yang akan Liza lakukan

  • menjadi pendidik utama dan pertama yang diwujudkan dengan menjadi praktisi homeschooling dan homeeducator

  • ‎menjadi fasilitator tumbuh kembang anak-anak

  • bisa konsisten dan optimal membersamai anak-anak secara fisik dan jiwa

  • ‎ingin bebas financial agar bisa ikut seminar/workshop/pelatihan, membeli buku, dan berbagi dengan bebas tanpa memikirkan akan mengganggu pengeluaran yang lain


Dan tantangan untuk diri sendiri yang terbesar adalah menjaga komitmen dan konsisten untuk selalu bisa meluruskan niat, membersihkan hati, sabar, ikhlas, dan mengamalkan ilmu yang telah di dapat. Changemaker yang bisa Liza lakukan adalah mendobrak dan melewati setiap tantangan yang ada sehingga mimpi-mimpi untuk diri sendiri dapat terealisasi.


Mimpi Liza untuk keluarga adalah berangkat dari visi, misi, dan value yang sudah dibuat. Berharap banget bisa mengarahkan anak-anak menemukan minat dan bakatnya serta mampu mengenali dirinya sendiri dan bersemangat untuk meraih cita-citanya. Mimpi terhadap suami bisa tetap kompak dan solid, sama-sama belajar komunikasi produktif agar terwujud keluarga sakinah, mawadah dan warohmah.


Tantangan dalam keluarga adalah FoE dan FoR yang berbeda dengan suami.


Mimpi selanjutnya adalah mimpi dapat berperan dan berkarya untuk masyarakat, bentuk lebih luas dari aktualisasi diri. Disini Liza ingin peran dan karyanya sesuai dengan passion yang Liza miliki yaitu passion belajar dan berbagi. Untuk passion belajar nya Liza berharap dapat mengikuti berbagai pelatihan, seminar atau workshop yang berkaitan dengan parenting dan juga berharap sekali bisa melanjutkan S2 kebidanan. Untuk passion berbagi nya, Liza berharap bisa jadi penulis agar ada warisan untuk anak cucu dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, berharap juga bisa jadi narasumber untuk berbagai acara yang berkaitan dengan parenting dan kesehatan wanita baik cakupan terkecil seperti kulwap yang berskala nasional maupun internasional, dan terakhir adalah menjadi konselor parenting dan kesehatan wanita agar bisa membantu orang lain.


Tantangan di komunitas yang menjadi concern Liza yang pertama adalah tingginya kejadian kehamilan yang tidak diinginkan. Efek dari itu Liza menyaksikan sendiri akibatnya terhadap perempuan itu sendiri dan orang tua yang sangat merugikan mereka. Tantangan yang kedua adalah banyaknya kejadian kehamilan dan persalinan yang traumatis. Dan tantangan yang ketiga adalah anak-anak yang lebih senang bermain gadget.


Changemaker untuk komunitas ini akan Liza ceritakan di postingan yang akan datang, biat postingan ini tidak terlalu panjang hehehe.


Demikian yang dapat Liza sampaikan untuk pembukaan changemaker family ala Liza. Semoga untuk seterusnya Allah SWT senantiasa memberi kemudahan dan memberi petunjuk kepada Liza dalam meraih mimpi-mimpi Liza. Rasanya plong sudah menuliskan ini semua, selanjutnya biarlah Allah SWT yang menghapus dan menambahkan yang terbaik untuk Liza.


Terimakasih Ibu Profesional


89 views0 comments
bottom of page