top of page

5 Ide Bermain Bunsay Level 6 Untuk 0 Tahun

Ketika mengikuti perkuliahan bunsay ( Bunda Sayang ), saya melihat materi-materi yang dijabarkan di google classroom sepertinya untuk anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah, sebut saja anak usia balita. Tetapi seiring berjalannya waktu, dipandu oleh fasilitator, pemikiran saya berubah. Setiap ada sesi tanya jawab sebelum game dimulai, saya berpikir, apa bisa ya anak usia 0 tahun diajak bermain matematika. Untuk anak usia 12 bulan apa bisa dilakukan terkait dengan matematika? Sedang belum bisa berhitung. Jawabnya BISA dan sangatlah sederhana. Karena Matematika bukan melulu soal menghitung


Berikut ini 5 Ide Bermain Bunsay Level 6 Untuk 0 Tahun :

  1. Bermain warna,

  2. Bermain bentuk,

  3. Mengelompokkan benda sesuai besar atau kecilnya,

  4. Bahkan dengan camilan atau makanan yang kita sajikan buat anak, bisa jadi media belajar Matematika 😊

  5. Menjelaskan tentang jumlah anggota badan si anak itu sudah Matematika dan masih banyak lagi lainnya.

Kelima ide ini tentunya masih dalam taraf bermain yang sangaat sangaat sederhana ya, karena bayi pun sangat berusaha memahami bahasa kita. Bagi kita permainan sederhana mungkin terlihat mudah, tapi sebaliknya bagi bayi itu sudah bisa disebut kerja keras.


Nah, pada hari kedua saya mengajak anak bermain bentuk melalui buku, jadi ini gabungan game level 5 dan 6. Di Buku Bermain bentuk, ada berbagai benda yang disebutkan bentuknya mirip, seperti di pantai ada telur penyu - bentuk oval, bintang di langit - bentuk bintang, hotel di pinggir pantai- bentuk kotak dan persegi panjang. Nah, secara tidak langsung kita sudah mengajari matematika pada anak kita kan?

Mengutip dari kalimat Elok Nur Isro'ul Hasanah (Ketua Kelas Bunsay#5 Surabaya#1).

Karena di setiap nafas kehidupan kita, ada Matematika disana. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi-pun, ada Matematika disana. Karena Matematika ada tersebar disekitar kita.


Matematika itu logika Matematika itu angka Matematika itu hidup kita

Matematika bisa dipelajari oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun Bahkan oleh anak-anak balita kita sekalipun.

Matematika bukan tentang suka atau tidak suka Tapi bagaimana cara memperkenalkannya, Dan mengajarkannya kepada anak kita agar lebih mencintainya.





@institut.ibu.profesional

103 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page