Ceritadalang: sebuah jembatan edukasi imajinasi


Di hari pertama tantangan level 12 ini, saya ingin berbagi informasi mengenai situs yg dapat memudahkan para ibu dalam proses mendidik anak dalam hal membangun daya imajinasi dan kreatifitas: ceritadalang.com




Situs ini memberikan jembatan antara orang tua, anak, dan daya imajinasi. Bagi para orangtua yang ingin menumbuhkan kreatifitas anak, situs ceritadalang.com bisa menjadi sarana mendidik anak agar tumbuh menjadi jiwa yg kreatif, sekaligus membangun kesadaran tentang daur ulang. Hal ini dimungkinkan, karena situs ini mengajak anak bercerita dengan menggunakan sampah sebagai bahan baku dari cerita. Itulah mengapa Nesia Anindita, sang pembuat situs, menamakannya sebagai cerita dalang, yang merupakan singkatan dari cerita daur ulang





Pada situs ini, pengunjung dapat menonton video maupun melihat foto- foto hasil karya anak-anak yang telah mengikuti lokakarya ceritadalang, juga dapat mengunduh panduan membuat cerita. Di masa mendatang, Nesia berencana agar ceritadalang.com bisa menampung hasil karya anak-anak berupa cerita dan foto, lalu merubahnya menjadi animasi, dan menyiarkannya di televisi nasional.



Saya mendapat info tentang situs ini saat Nesia sedang menggarap pryek ceritadalang untuk thesisnya. Saat menonton beragam video yg disuguhkan pada situs, Alkiva dan saya sama-sama bersemangat, dan tanpa disangka, setelah mengunjungi situs ceritadalang, Alkiva bergegas ke dapur untuk mengambil beberapa sampah kemasan, meminta saya membersihkan beberapa botol plastik yang ingin digunakannya untuk membuat cerita. Hanya saja kala itu saya sedang mengerjakan hal lain, maka saya tidak bisa memenuhi permintaannya, namun mengarahkan Al untuk mengambil sampah karton yg bersih. Tak berapa lama saya pun tertidur, lalu terbangun mendapati karton tersebut sudah ia bentuk menjadi roket dan beberapa bulatan menyerupai planet. Dan ketika saya bertanya tentang apa yg dibuatnya, ia pun bersemangat menceritakan kisah si roket dan planet planetnya.





Situs ini secara langsung mendorong anak saya untuk berkreasi dan membuat cerita, karena contoh yg ditampilkan adalah cerita karya anak-anak, maka anak dengan mudah terinspirasi atau mendapat dorongan untuk berimajinasi, karena contohnya sangat dekat dan sangat khas tentang dunia mereka.



#Hari1

#Tantangan10hari

#Level12

#KuliahBunsayIIP

#KeluargaMultimedia

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2018 by Ibu Profesional. www.ibuprofesional.com All right reserved