Ide Permainan Sederhana Penuh Keceriaan Bersama Ananda


Diposting Oleh : Alienda Sophia


Siapa bilang keceriaan itu mahal harganya?

Banyak Ibu yang merasa bahwa keceriaan bersama ananda, terutama di masa pandemi ini mahal harganya.


Mau ke tempat wisata ataupun ruang bermain, rasanya tidak siap dengan risikonya. Sementara sebagai orang tua kita kerap kali merasa dilema disaat ananda merengek, merasa bosan.



Rasanya baru pekan lalu kita membelikannya mainan baru, tapi saat ini ia tengah rajin merajuk untuk minta dibelikan permainan yang dilihatnya melalui tayangan iklan. Saat melirik isi dompet, rasanya bujet bulan ini belum bisa digunakan untuk membeli mainan baru. Lalu tinggalah Bunda sendiri dengan dilema, diiringi ananda yang berakhir tantrum.


Pernah ada di posisi ini? Lalu apakah suami jadi sasaran empuk untuk menumpahkan keresahan hati terkait masalah ini?


Simak yuk ide permainan sederhana berikut ini. Dijamin hemat dan penuh keceriaan bersama ananda, deh!


Mandi Hujan

Sudah masuk musim hujan. Bila dalam bayangan Bunda musim hujan identik dengan cucian tidak kering ataupun khawatir kemungkinan banjir. Yuk, mulai sekarang digeser pikirannya, jadi banyaknya permainan seru di musim penghujan. Salah satunya adalah mandi hujan.


Saat hujan tiba, ajaklah ananda mandi hujan, bersama mensyukuri nikmat Illahi. Hujan ini keseruan yang tidak bisa dibuat. Bila kita ingin membuatnya pakai selang pancur, pasti jadinya banyak air bersih yang terbuang. Dengan hujan alami, kita tidak perlu mengkhawatirkan tagihan air akan membengkak.


Nikmatilah keseruan ini dengan penuh keceriaan. Pastikan setelahnya ananda mandi dengan bersih dan mengeringkan tubuh dengan baik, ya!


Memasak Bersama

Bagi Bunda yang memiliki anak perempuan, tentu ia akan penasaran sekali ketika melihat Bundanya yang asyik di dapur. Pasti sering kali ia menawarkan bantuannya, atau sekadar berkata ingin mencoba apa yang Bundanya lakukan.


Ternyata kegiatan memasak ini bisa jadi permainan penuh keceriaan. Kegiatan memasak sendiri memiliki begitu banyak manfaat bagi ananda. Selain meningkatkan ikatan kehangatan dengan ananda, memasak mampu membuat ananda melatih konsentrasi dan daya ingatnya.


Memasak juga dapat mengembangkan sensitivitas ananda terhadap aroma ataupun rasa masakan. Yuk kita mulai rencanakan mau memasak apa bersama ananda.


Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan sembunyi dan mencari. Permainan tradisional ini sebetulnya memiliki banyak istilah baik di dalam dan luar negeri.


Petak umpet memiliki banyak kebaikan, salah satunya dapat mengasah ketelitian dan kepekaan anak. Petak umpet juga mengajarkan kesabaran dan keuletan. Ajak ananda bermain petak umpet dan buat keseruan dan keceriaan bersama.


Menggambar

Walau terkesan 'biasa banget', menggambar adalah kegiatan yang sangat disukai anak-anak, terutama saat ananda berada di usia dini. Mencoret-coret, mewarnai dan kegiatan sejenis lainnya memiliki manfaat untuk melatih koordinasi antara mata dan tangan. Sama hal nya dengan petak umpet, menggambar memiliki manfaat untuk melatih kesabaran.


Berkejaran

Anak-anak sangat senang dengan kegiatan yang seru, salah satunya mengejar dan dikejar. Walau hanya sebatas di dalam rumah, kegiatan ini akan menuai gelak tawa penuh keceriaan.


Kegiatan berkejar-kejaran ini dapat menjadi olah raga yang mengasyikan bagi ananda.


Membaca Buku

Sederhana dan penuh edukasi, membaca adalah kegiatan seru penuh keceriaan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Buatlah kegiatan ini jadi mengasyikan dengan menggunakan metode membacakan nyaring.


Buatlah ekspresi yang lucu dan seru saat membacakan buku, agar ananda turut serta larut dalam imajinasinya. Membacakan buku mampu meningkatkan kehangatan antara orang tua dan ananda.


Berkemah di Rumah

Buatlah keseruan tak terlupakan walau dari dalam rumah. Gelar tenda di dalam rumah ataupun halaman, buatlah pengalaman berkemah yang sesuai dengan aslinya.


Tidak memiliki peralatan berkemah? Tidak perlu bersedih. Buatlah kemahmu di dalam kamar menggunakan sprei yang diikat atau benda lain yang mendukung imajinasimu serasa berada di camping ground.


Nah, barusan tadi adalah ide bermain bersama ananda versi kami. Bunda punya versi keseruan dan keceriaan lainnya? Ceritakan pada kami melalui tantangan kali ini ya! Periode berakhir pada 30 September 2020 ya! Cek ketentuannya di link ini, terima kasih !



52 views

Recent Posts

See All

Hari Dokter Nasional

Susan susan susan Besok gede mau jadi apa Aku kepingin pinter Biar jadi dokter Kalau kalau benar Jadi dokter kamu mau apa Mau suntik orang lewat Jus jus jus Ria : Lho kalau nggak sakit kenapa disuntik

Contact us

Email : info@ibuprofesional.com

​​

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram
  • YouTube Social  Icon
  • Google+ Social Icon

© 2020 by Team IP 9 Cloud. www.ibuprofesional.com All right reserved